PENGENALAN DAN PENDAMPINGAN UKS DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN 09 DUKUH GAMPINGAN, PAGAK, KABUPATEN MALANG
Downloads
Pendahuluan: Taman kanak-kanak adalah ujung tombak pendidikan paling dasar bagi anak-anak, dengan pengenalan kesehatan sedini mungkin dengan program UKS. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk memberikan penjelasan UKS Sejak Dini Anak Usia Dini Tk Dharma Wanita Persatuan 09, Pagak, Kabupaten Malang.
Metode: Metode implementasi yang dilakukan dalam program pengabdian ini adalah: 1) peningkatan dan pemahaman UKS untuk guru dan siswa. 2) pelatihan untuk menjadi perawat kecil, pendampingan untuk meningkatkan efektivitas manajemen UKS untuk meningkatkan kesehatan siswa. 3) pengenalan PHBS untuk siswa. Kegiatan itu diadakan tiga pertemuan.
Hasil: Hasil kegiatan ini menambah pengetahuan dan antusiasme guru dan siswa dalam melakukan kegiatan UKS. Kegiatan ini menghasilkan data dari siswa tentang kesehatan dan kebersihan telinga, kuku, dan identifikasi gizi siswa. Data diperoleh dari 20 siswa yang terdiri dari TK A 6 siswa, dan TK B 14, 65% siswa TK A dan B dengan status normal, 25% obesitas, dan 10% hampir kekurangan gizi. Kondisi kebersihan telinga dan kuku adalah 75% bersih, sedangkan sisanya tidak menyadari untuk membersihkan telinga dan kuku mereka.
Kesimpulan: Kegiatan pendampingan dan pelatihan ini merupakan kegiatan preventif yang dapat memberikan bekal yang cukup bagi kader Percil saat dihadapkan dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari.
Amir, A., Lesmana, O., &, & Herwansyah. (2018). Peningkatan Peran Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Sekolah Dasar SeKecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal Medic, 1(2).
Candrawati, E. Widiani, E. (2015). Pelaksanaan Program Uks Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 3(1), 15–23.
https://doi.org/https://doi.org/10.33366/CR.V3I1.299
Fitriana, L. B., & Sukismanto. (2019). Peningkatan Peran Serta dan Dukungan Guru Melalui Pelatihan tentang PHBS sebagai Salah Satu Strategi Keberhasilan Pelaksanaan UKS PAUD di PAUD Wilayah Desa Wedomartani Sleman Yogyakarta. Dharma Bakti, 2(1), 12–19.
Hafidzoh Najwati, Lintang Dian Saraswati, M. (2017). GAMBARAN PENGETAHUAN ORANG TUA DAN PERILAKU MEMBERSIHKAN LIANG TELINGA ANAK DENGAN KEJADIAN IMPAKSI SERUMEN PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI WILAYAH PESISIR (Studi Kasus Pada Anak Kelas 1 di Lima Sekolah Dasar, Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo, Semarang Utar. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 5(4). http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm%0D
Indrianingsih, N., Prasetyo, Y. B., & Kurnia, A. D. (2018). Family Social Support and Behavior of Children with Caries in Doing Dental and Oral Care. Jurnal Keperawatan, 9(2), 119. https://doi.org/10.22219/jk.v9i2.5480
Kemenkes. (2017). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) menjadi Transformasi dalam Upaya Kesehatan di Lingkungan Sekolah. http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20170227/5419937/unit-kesehatan-sekolah-uks-menjadi-transformasi-upaya-kesehatan-lingkungan-sekolah/
Lubis, H. M. L., & Siregar, S. M. (2018). Program Bersih-Bersih Telinga ( BBT ) Siswa Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Tanjung Pura Guna Meningkatkan Kualitas Pendengaran dan Pembelajaran. Jurnal Prodikmas, 2(2), 112–117.
Sari, Sekar Arum Novita Sari, Ferry Efendi, P. D. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Simulasi Menggosok Gigi Teknik Modifikasi Bass dengan Ketrampilan dan Kebersihan Gigi Mulut pada Anak Mi At-Taufiq Kelas V. Indonesian Journal of Community Health Nursing, 1, 5.
Silalahi, V., & Putri, R. M. (2017). PERSONAL HYGIENE PADA ANAK SD NEGERI MERJOSARI 3. Jurnal Akses Pengabdian Indonesia, 2(2).
Sunardi, & Ruhyanuddin, F. (2017). Perilaku Mencuci Tangan Berdampak Pada Insiden Diare Pada Anak Usia Sekolah Di Kabupaten Malang. Jurnal Keperawatan, 8(1).
Suraya, I., Khairunisa, R., & Farradika, Y. (2018). Edukasi Kebersihan Tangan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Komunitas Anak Asuh Remaja Islam Baitul Mughni (A2R) Jakarta Selatan. Jurnal SOLMA, 7(1), 19–26. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.66
Wahyu M, E., Aini, N., Setyowati, L., & D.M, O. F. (2020). PENDAMPINGAN GURU DAN MURID GIAT PROGRAM UKS SDN GAMPINGAN 2. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1).
Authors who publish with Jurnal Pengabdian Masyarakat dalam Kesehatan agree to the following terms:
The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution (CC BY).
Authors retain copyright and grant Jurnal Pengabdian Masyarakat dalam Kesehatan the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to remix, adapt and build upon the work with an acknowledgment of the work's authorship and of the initial publication in Jurnal Pengabdian Masyarakat dalam Kesehatan.
- Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Jurnal Pengabdian Masyarakat dalam Kesehatan.
Jurnal Pengabdian Masyarakat dalam Kesehatan requires a formal written declaration and transfer of copyright from the author(s) for each article published. We, therefore, ask you to complete and return this form, retaining a copy for your own records. Your cooperation is essential and appreciated. Any delay will result in a delay in publication.
JPMK by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.