Positive and Negative Impacts of Korean and Japanese Cultures on High School Students of Taman Siswa Rancaekek
Downloads
Budaya yang sedang digandrungi saat ini di Indonesia, bahkan di seluruh dunia yaitu, budaya dari negara Jepang dan Korea. Produksi karya seni atau budaya dari mereka, sangat diminati oleh kalangan muda masa kini, dari mulai cara berpakaian, makanan, tingkah laku, musik, tarian, berbahasa dan lain sebagainya. Hal ini memunculkan pro dan kontra, sebab ketika seorang kalangan muda lebih menyukai dan condong ke budaya Jepang dan Korea, maka budaya asli di negara tersebut akan punah dan akan kehilangan ciri khas-nya. Tetapi, tidak dapat dipungkiri juga dampak budaya Jepang dan Korea, memunculkan sisi yang positif. Kalangan muda lebih kreatif dalam menyajikan karya seni, baik dalam bentuk artistik maupun bentuk koreografi bahkan musik. Meski, mungkin banyak anak muda yang menunjukan sifat fanatismenya terhadap kedua budaya tersebut, tetapi jika kita melihat dari sisi positifnya banyak komunitas pecinta Korea dan Jepang yang berlakon dermawan layaknya selebriti yang mereka gemari. Banyak sekali motivasi yang dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari dari selebriti yang mereka sukai. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan metode kuantitatif dengan cara penelitian survei. Berdasarkan hasil tanya jawab melalui google formulir kepada siswa SMA Tamansiswa Rancaekek ditemukan bahwa Korea dan Jepang memiliki dampak negatif seperti menjadi kecanduan, dan menjadi boros. Akan tetapi, Korea dan Jepang juga memiliki dampak positif berupa meningkatnya kemampuan dan minat dalam berbahasa Jepang maupun Korea, memberikan motivasi, mempelajari budaya baru, mengurangi stres, dan menjadi kreatif.
Anggreani, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3500–3508. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i 6.882
CNN INDONESIA (2020). 6 Keuntungan yang Menjadi Penggemar Anime yang tak disadari. [daring]. diakses dari https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20200716153028-225-525512/6-keuntungan-menjadi-penggemar-anime-yang-tak-disadari
Dwiyanti, N. M. F. S., Pujaastawa, I. B. G., & Laksmiwati, I. A. A. (2022). Pengaruh Budaya Pop Korea terhadap Gaya Hidup Remaja di Kota Denpasar, Bali. Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 162–170.
Faizah, Q., & Syakur, M. (2023). Rational Emotive Behavior Therapy dalam Mengubah Perilaku Fanatik Korean Pop pada Santri . Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Islam, 2(1), 1-17.
Febianti, Y. N., & Joharudin, M. (2018). Faktor-Faktor Ekstern Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 76. https://doi.org/10.33603/ejpe.v5i2.246
Hidajah, S. H. (2012). Problema Pengembangan Moral Remaja Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Dinamika Ilmu, 12(1), 1–11.
Ili, L., & Jusmaningsih, D. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika melalui pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(1), 112. https://doi.org/10.29210/169100
Kustiawan, W., Efendi, E., Candra, W., & Zein, P. R. (2023). Dampak Korean Wave (Hallyu) Bagi Budaya Indonesia Sebagai Dampak Dari Globalisasi Media. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(4), 561–569. https://doi.org/10.5281/zenodo.7684718
Mujib, A. (2009). HUBUNGAN BAHASA DAN KEBUDAYAAN (Perspektif Sosiolinguistik) AdabiyyÄt: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1), 141. https://doi.org/10.14421/ajbs.2009.08107
Mediatati, N. (2019). CIVICS EDUCATION AND SOCIAL SCIENCE JOURNAL(CESSJ) Volume 1 Nomor 2 Bulan Desember 2019. 1, 70–93.
Novianti, N. (2007). Dampak Drama, Anime, dan Musik Jepang terhadap Minat Belajar Bahasa Jepang. Lingua Cultura, 1(2), 151. https://doi.org/10.21512/lc.v1i2.321
Poedjosoedarmo, S. (2006). Perubahan Tata Bahasa: Penyebab, Proses, dan Akibatnya. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Pratika, N. A. (2022). Dampak Positif dan Negatif Korean Wave bagi Generasi Muda. [Daring]. Diakses dari https://www.kompasiana.com/naziraauliapratika/61dc59c006310e6dea33d872/dampak-posittif-dan-negatif-korean-wave-bagi-generasi-muda?page=1&page_images=1
Rahmawati, N. K. D., Mardiyah, R. R., & Wardani, S. Y. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Degradasi Moral Remaja. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 1(1), 134–144.
Resna, N. (2023). 5 Manfaat Menonton Drama Korea untuk Kesehatan Mental. [Daring]. Diakses dari https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-nonton-drama-korea
Rubin, J., Jernudd, B., DasGupta, J., Fishman, J. & Ferguson, C. (1977). Language Planning Processes. Berlin, Boston: De Gruyter Mouton. https://doi.org/10.1515/9783110806199
Sakinah, R. N., Hasna, S., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pengaruh Positif Fenomena K-Pop Terhadap Karakter Generasi Muda di Indonesia. Journal on Education, 5(1), 735–745. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.653
Sarimata, F. (2022). Tidak hanya Hiburan, Ini 3 Manfaat yang Bisa Kamu dapat dari Nonton Drakor. [Daring]. Diakses dari https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/07/05/091723/tidak-hanya-hiburan-ini-3-manfaat-yang-bisa-kamu-dapat-dari-nonton-drakor
Simbar. Frulyndese K. (2016). Fenomena Konsumsi Budaya Korea Pada Anak Muda Di Kota Manado. Holistik, 18, 1–20.
Surahman, S. (2013). Dampak Globalisasi Media Terhadap Seni dan Budaya Indonesia. Jurnal Komunikasi, 2(1), 29–38.
Suparjan. (2016). 7 Efek Negatif Terlalu Banyak Menonton Drama Korea. [Daring]. Diakses dari https://satujam.com/efek-negatif-nonton-drama-korea/
Toyoshima, Noboru. (2013). Emergent Process of Language Acquisition: Japanese Language Learning and the Consumption of Japanese Culture Products in Thailand. Southeast Asian Studies, 2 (2), 285-321.
Utami, L. S. S. (2015). Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi, 7(2), 180–197. https://doi.org/10.24912/jk.v7i2.17
Wahidati, L., & Kharismawati, M. (2018). Pengaruh Konsumsi Anime Dan Manga Terhadap Pembelajaran Budaya Dan Bahasa Jepang. Izumi, 7(1), 1. https://doi.org/10.14710/izumi.7.1.1-10
Widiyarti, Y. (2021). Tak Cuma Menghibur, Ini Dampak Positif Lain Nonton Drama Korea. [Daring]. Diakses dari https://gaya.tempo.co/read/1518272/tak-cuma-menghibur-ini-dampak-positif-lain-nonton-drama-korea
Yuliawan, B. A. P., & Subakti, G. E. (2022). Pengaruh Fenomena Korean Wave (K-Pop dan K-Drama) Terhadap Perilaku Konsumtif Penggemarnya Perspektif Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 18(01), 35–48.
Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2021). Perkembangan Peserta Didik: Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP), Bagi Para Mahasiswa Calon Guru Di LPTK. Depok: Rajawali Pers.
Zainullah, M. (2022). Segudang Manfaat dari Menonton Anime. [Daring]. Diakses dari https://www.kompasiana.com/zainullah11/62b40731a0cdf87f50402ee2/segudan-manfaat-dari-menonton-anime
LAKON by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA).