REALITAS KEKERASAN SIMBOLIK DALAM RELASI SOSIAL ANGGOTA ORGANISASI PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI KABUPATEN NGANJUK

Ephrilia Noor Fitriana

= http://dx.doi.org/10.20473/lakon.v8i1.9339
Abstract views = 1308 times | downloads = 616 times

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Realitas kekerasan dalam relasi sosial anggota Organisasi Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan teori praktik sosial oleh Pierre Bourdieu dengan melihat habitus, modal, arena dan strategi yang dimanfaatkan dalam menghadapi aksi kekerasan berkelompok tersebut. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan, temuan-temuan yang didapat adalah; terdapat habitus-habitus yang dimiliki oleh anggota PSHT yang diimplementasikan dalam bentuk kekerasan simbolik sebagai pemicu terjadinya kekerasan, meliputi pelecehan identitas PSHT; persaingan antara perguruan silat; solidaritas internal dalam kelompok; arogansi kelompok. Selain itu ditemukan bahwa terdapat konversi modal sosial, seperti rasa solidaritas yang tinggi antar anggota dimanfaatkan untuk mendukung adanya kekerasan. Kemudian, ditemukan bahwa terdapat kekerasan simbolik dalam relasi sosial PSHT Nganjuk dengan kelompok lain.


Keywords


Kekerasan; PSHT; Habitus; Modal; Arena

Full Text:

PDF

References


Adib, Muhammad. 2012. Agen dan Strukstur dalam Pandangan Pierre Bourdieu. Jurnal BioKultur Vol. 1 No. 2, Juli-Desember 2012.

Anggraeni, Disna Puspita. 2014. Budaya Arisan dalam Perspektif Bourdieu: Studi Kelompok Arisan Perempuan Kelas Menengah di Surabaya. Surabaya: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Bourdieu, Pierre. 1980. The Logic of Practice. Standford: Standford University Press.

Bourdieu, Pierre. 2011. Choses Dites; Uraian dan Pemikiran. Bantul: Kreasi Wacana.

Bourdieu, Pierre. 2015. Arena Produksi Kultural: Sebuah Kajian Sosiologi Budaya. Bantul: Kreasi Wacana.

Budiarto, Arief dkk. 2017. Peran Pemerintah Kota Madiun dalam Penanganan Konflik Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate dan Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Winongo Tunas Muda. Universitas Pertahanan Indonesia: Jurnal Prodi Damai dan Resolusi Konflik Vol. 3 No.1, 2017.

Haryatmoko. 2015. Membongkar Rezim Kepastian Pemikir Kritis Post-Strukturalist. Yogyakarta: Boekoe Tcap Petroek.

Hasfi, Nurul. 2011. Kekerasan Simbolik terhadap Suku Jawa dalam Program TV "Hidup Ini Indah" di Trans TV. Diunduh pada 16 April 2018, dari http://eprints.undip.ac.id/33025/1/Kekerasan_Simbolik_atas_Suku_Jawa_dalam_Program_TV_lengkap.pdf.

Jawiah, Khalimatus. 2017. Manabus Purih: Praktik Tradisi Jujuran Urang Banjar di Kecamatan Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Surabaya: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.

Juliandro, Hari. 2017. Keberadaan Silat Pangean Sebagai Perwujudan Budaya Daerah di Desa Simandolak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. Pekanbaru: Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Fisip Vol. 4 No. 1, Februari 2017.

Karnanta, Kukuh Yudha. 2013. Paradigma Teori Arena Produksi Kultural Sastra: Kajian Terhadap Pemikiran Pierre Bourdieu. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta: Jurnal Poetika Vol. 1 No. 1, Juli 2013.

Kartikawati, dkk. 2014. Analisis Konsep Distinction Pierre Bourdieu dalam Pemilihan Sekolah Berlabel Islam di Surakarta. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Nuryanto, M. Rahmat Budi. 2014. Studi Tentang Solidaritas Soisla di Desa Modang Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser (Kasus Kelompok Buruh Bongkar Muatan). Samarinda: eJournal Ilmu Sosiatri Universitas Mulawarman Vol. 2, No. 3, 2014.

Rudianto, Yayan. 2012. Fenomena Kekerasan Sosial dan Struktur Majemuk Masyarakat Indonesia. Jurnal AKP Vol. 1 No. 1, Februari 2012.

Santoso, Slamet dan Harsono, Jusuf. 2014. Pola Solidaritas Kelompok Pedagang Angkringan di Kota Ponorogo. Ponorogo: Jurnal Sosio Humaniora Universitas Muhammadiyah Ponorogo Vol. 16 No. 1, Maret 2014.

Sutoyo. 2014. Integrasi Tasawuf dalam Tradisi Kejawen Persaudaraan Setia Hati Terate. Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri pnorogo Vol. 4 No. 2, Desember 2014.

Syawaludin, Mohammad. 2014. Memaknai Konflik dalam Perspektif Sosiologi Melalui Pendekatan Konflik Fungsional. Palembang: Fakultas Adab dan Budaya Islam UIN Raden Fatah.

Wardani, A. K. 2012. Praksis Masyarakat terhadap Kesehatan Kehamilan, Persalinan, dan Nifas di Desa Temoran Kabupaten Sampang (Analisis Pierre Bourdieu. Surabaya: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Lakon is indexed by:

 

 

Creative Commons License
LAKON by Unair  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ]

View My Stats