Hubungan Pesan Persuasif di Media Sosial Instagram dengan Tingkat Adversity Quotient
Downloads
Isu kesehatan mental menjadi perhatian banyak orang, dan berbagai upaya dilakukan untuk saling berbagi energi positif, salah satunya dengan menyampaikan pesan persuasif melalui Instagram. Akun Instagram @mununayyazazafirota merupakan salah satu akun yang melakukan hal ini dengan memanfaatkan fitur feed Instagram. Melalui Instagram, pesan-pesan persuasif terkait masalah kehidupan disampaikan. Setiap orang memiliki kemampuan untuk menghadapi masalah yang dialaminya, dan kemampuan ini disebut dengan adversity quotient. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pesan persuasif di feed Instagram dengan adversity quotient pengikut @mununayyazazafirota. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner, dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Selain itu, teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Perubahan Sikap. Dalam uji validitas dan uji reliabilitas, dihasilkan bahwa semua pernyataan dalam kuesioner valid dan reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan antara pesan persuasif di feed Instagram dengan adversity quotient pengikut @mununayyazazafirota dengan angka korelasi sebesar 0,553, yang berarti hubungan ini memiliki tingkat hubungan sedang dan arah yang positif.
Copyright (c) 2025 Yanuar Ilham, Arwa Karima, Shinta Hartini Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).