Keikutsertaan Kelas Ibu Hamil Berpengaruh terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Praktik Inisiasi Menyusu Dini

Kelas ibu hamil inisiasi menyusu dini

Authors

  • Elsa Budi Sihsilya Rahmawati
    elsa_budi@yahoo.co.id
    Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Minat Kesehatan Ibu dan Anak, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Indonesia
  • R Kuntoro Departemen Biostatistika dan Kependudukan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Bambang Trijanto Departemen Obstetri Gynecology RSUD dr. Soetomo, Surabaya, Indonesia

Downloads

Strategi Pemerintah dalam menurunkan AKI dan AKB salah satunya kelas ibu hamil. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh keikutsertaan ibu di  kelas ibu hamil terhadap praktik IMD pada ibu bayi usia 6-8 bulan di wilayah kerja Puskesmas Sisir Kota Batu. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cohort retrospektif. Populasi terbagi menjadi dua, populasi terpapar yang mengikuti kelas ibu hamil saat hamil anak terakhir dan populasi tidak terpapar  ibu yang tidak mengikuti kelas ibu hamil. Besar sampel 32 responden. Analisis data dengan uji chi square. Hasil analisis bivariat usia (p value = 0,229), pendidikan (p value = 0,1790, paritas (p value = 0,011), pengetahuan (p value = 0,047), sikap (p value = 0,893), riwayat persalinan (p value = 0,021), informasi (p value = 0,472), penolong persalinan (p value = 0,017), tempat persalinan (p value = 0,003), keikutsertaan kelas ibu hamil (p value = 0,27), pengambil keputusan (p value = 0,137), penyuluhan saat hamil (0,16) Hasil analisis menunjukkan variabel yang signifikan adalah paritas (p=0,011), pengetahuan (p=0,047), penolong persalinan (p=0,017), tempat persalinan (0,003), riwayat persalinan (p=0,021), penyuluhan saat hamil (p=0,010). Kesimpulan penelitian ini tidak ada pengaruh keikutsertaan ibu di kelas ibu hamil terhadap praktik IMD, akan tetapi kelas ibu hamil berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap ibu. Pengetahuan berpengaruh terhadap praktik IMD.