Pengaruh Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi
Downloads
Hambatan mengerjakan skripsi menyebabkan mahasiswa mengalami kemunduran dalam proses penyelesaian dan secara tidak sadar mereka mengalami academic burnout. Hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh academic self efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan survei dengan menyebarkan kuesioner online. Dua skala dari academic self efficacy dan academic burnout diberikan kepada 179 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang sedang mengerjakan skripsi. Reliabilitas skala academic self efficacy 0,919 dan reliabilitas skala academic burnout 0,928. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan SPSS 25 for Windows. Nilai koefisien regresi sebesar -0,821, taraf signifikansi sebesar 0,000 dan nilai R Square sebesar 0,600. Hasil menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan, sehingga semakin tinggi academic self efficacy maka semakin rendah academic burnout dan sebaliknya. Pengaruh academic self efficacy terhadap academic burnout sebesar 60% dan 40% dipengaruhi variabel lain tidak diteliti.
Arcelo, A. A., & Sanyal, B. C. (1987). Employment and Career Opportunities After Graduation. Paris: International Institute for Education Planning.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman and Company.
Duran, A., Extremera, N., & Rey, L. (2006). Predicting academic burnout and engagement in educational settings: Assessing the incremental validity of perceived emotional intelligence beyond perceived stress and general self-efficacy. Psichothema, 158-164.
Fitri , A., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagemen Academic Self-Efficacy dan Academic Burnour pada Mahasiswa. Humanitas, Vol. 1, 81-102.
Julita. (2015). Faktor-faktor Penghambat Dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa di Jurusan Kesejahteraan Keluarga. Kesejahteraan Keluarga, 4.
Khairani, Y., & Ifdil. (2015). Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, Vol. 4, No. 4, 208-214.
Manuel, F.-A., Sergio, A. D.-L., & Cesar , M.-S. (2017). Single-item academic burnout and its relationship with academic self-efficacy in college students. Enfermeria Clinica, 60-61.
Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Review of Psychology, 397-422.
Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 341-347). yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Neuman, W. L. (2007). Basic of Social Sosial Research Qualitative and Quantitative Approaches. 2nd Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
Prianto, F. X. (2010). Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sanata Dharma yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psikologi.
Puspitaningrum, K. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Burnout Pada Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 622.
Rahmati, Z. (2015). The Study of Academic Burnout in Student with High and Low Level of Self-Efficacy. Social and Behavioral Sciences, 49-55.
Ristekdikti. (2019, April 12). Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Retrieved from ristekdikti.com: https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/detail/NUFBREYzREYtRDBGOC00QTE3LUJERkQtNjEwOEZDNUNFNDA1
Schaufeli, W. B., & Hu, Q. (2009). The Factorial Validity of The Maslach Burnout Inventory-Student Survey in China. Psychological Report, 394-408.
Sigit, N. (2019). Hubungan Antara Distres Menghadapi Skripsi dan Burnout Menghadapi Skripsi Pada Mahasiswa. Psikologi, 93-94.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
TIMES, I. (2020, juni 19). Dear Mahasiswa, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Lulus Kuliah Tepat Waktu. Retrieved from idntimes: https://www.idntimes.com/life/education/rivandi-pranandita-putra/manfaat-kalau-kamu-lulus-kuliah-tepat-waktu-c1c2/5
Ugwu, F. O., Onyisi, I. E., & Tyiyoma, W. A. (2013). Exploring The Reationships Between Academic Burnout, Self-Efficacy and Academic Engagement Among Nigerian College Students. Journal of the African Educational Research Network, 38 Volume 13.
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.