Pengaruh Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi
Unduhan
Hambatan mengerjakan skripsi menyebabkan mahasiswa mengalami kemunduran dalam proses penyelesaian dan secara tidak sadar mereka mengalami academic burnout. Hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh academic self efficacy terhadap academic burnout pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan survei dengan menyebarkan kuesioner online. Dua skala dari academic self efficacy dan academic burnout diberikan kepada 179 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang sedang mengerjakan skripsi. Reliabilitas skala academic self efficacy 0,919 dan reliabilitas skala academic burnout 0,928. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana dengan SPSS 25 for Windows. Nilai koefisien regresi sebesar -0,821, taraf signifikansi sebesar 0,000 dan nilai R Square sebesar 0,600. Hasil menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan, sehingga semakin tinggi academic self efficacy maka semakin rendah academic burnout dan sebaliknya. Pengaruh academic self efficacy terhadap academic burnout sebesar 60% dan 40% dipengaruhi variabel lain tidak diteliti.
Arcelo, A. A., & Sanyal, B. C. (1987). Employment and Career Opportunities After Graduation. Paris: International Institute for Education Planning.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman and Company.
Duran, A., Extremera, N., & Rey, L. (2006). Predicting academic burnout and engagement in educational settings: Assessing the incremental validity of perceived emotional intelligence beyond perceived stress and general self-efficacy. Psichothema, 158-164.
Fitri , A., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagemen Academic Self-Efficacy dan Academic Burnour pada Mahasiswa. Humanitas, Vol. 1, 81-102.
Julita. (2015). Faktor-faktor Penghambat Dalam Penyelesaian Skripsi Mahasiswa di Jurusan Kesejahteraan Keluarga. Kesejahteraan Keluarga, 4.
Khairani, Y., & Ifdil. (2015). Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, Vol. 4, No. 4, 208-214.
Manuel, F.-A., Sergio, A. D.-L., & Cesar , M.-S. (2017). Single-item academic burnout and its relationship with academic self-efficacy in college students. Enfermeria Clinica, 60-61.
Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. (2001). Job Burnout. Annual Review of Psychology, 397-422.
Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efikasi Diri Akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 341-347). yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Neuman, W. L. (2007). Basic of Social Sosial Research Qualitative and Quantitative Approaches. 2nd Edition. Boston: Pearson Education, Inc.
Prianto, F. X. (2010). Efikasi Diri pada Mahasiswa Psikologi Universitas Sanata Dharma yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psikologi.
Puspitaningrum, K. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Burnout Pada Mahasiswa Dalam Mengerjakan Skripsi. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 622.
Rahmati, Z. (2015). The Study of Academic Burnout in Student with High and Low Level of Self-Efficacy. Social and Behavioral Sciences, 49-55.
Ristekdikti. (2019, April 12). Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Retrieved from ristekdikti.com: https://forlap.ristekdikti.go.id/perguruantinggi/detail/NUFBREYzREYtRDBGOC00QTE3LUJERkQtNjEwOEZDNUNFNDA1
Schaufeli, W. B., & Hu, Q. (2009). The Factorial Validity of The Maslach Burnout Inventory-Student Survey in China. Psychological Report, 394-408.
Sigit, N. (2019). Hubungan Antara Distres Menghadapi Skripsi dan Burnout Menghadapi Skripsi Pada Mahasiswa. Psikologi, 93-94.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
TIMES, I. (2020, juni 19). Dear Mahasiswa, Ini 5 Manfaat Kalau Kamu Lulus Kuliah Tepat Waktu. Retrieved from idntimes: https://www.idntimes.com/life/education/rivandi-pranandita-putra/manfaat-kalau-kamu-lulus-kuliah-tepat-waktu-c1c2/5
Ugwu, F. O., Onyisi, I. E., & Tyiyoma, W. A. (2013). Exploring The Reationships Between Academic Burnout, Self-Efficacy and Academic Engagement Among Nigerian College Students. Journal of the African Educational Research Network, 38 Volume 13.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.