Peran Caregiver dalam Pemberian Metode Visual Support pada Individu ASD

Hanun Nurfadiyah, Tri Kurniati Ambarini

= http://dx.doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24753
Sari views = 127 times | downloads = 58 times

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran peran yang dilakukan oleh caregiver dalam pemberian metode dukungan visual pada individu autis. Individu autis memiliki hambatan perkembangan seperti komunikasi dan menerima informasi, namun memiliki otak visual yang baik, untuk itu dukungan visual dapat dijadikan metode yang efektif untuk menterjemahkan informasi menjadi bentuk visual. Keberhasilan metode ini tidak terlepas dari keterlibatan caregiver dalam menyampaikannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe studi kasus, dengan subjek dua orang tua sekaligus sebagai caregiver. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data tematik data driven. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh peran yang dilakukan oleh caregiver, yaitu pengajar, pengawas, pembimbing, pelajar, penyedia, penyesuai, dan perpanjangan tangan terapis. Faktor pendukung yang ditemukan adalah informasi yang dimiliki tentang autisme dan dukungan visual, dukungan sosial, dan pengalaman. Faktor penghambat yaitu cara untuk menyederhanakan informasi, ketidakpastian efektivitas penyampaian informasi, dan menyesuaikan topik informasi menjadi bentuk visual.


Kata Kunci


Autis; peran caregiver; visual support

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Fifth Edition. Arlington, VA: American Psychiatric Association.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 2-41.

Dettmer, S., Simpson, R. L., Myles, B. S., & Ganz, J. B. (2000). The use of visual supports to facilitate transitions of students with autism. Focus on autism and other developmental disabilities, 163-

Dyrbjerg, P., & Vedel, M. (2007). Everyday Education Visual Support for Children with Autism. London: Jessica Kingsley Publishers.

Ginanjar, A. S. (2007). Memahami spektrum autistik secara holistik. Makara, Sosial Humaniora, vol 11, no. 2, 87-99.

Grandin, T. (1995). Thinking in pictures: And other reports from my life with autism. New York: Doubleday.

Hayes, G. R., Hirano, S., Marcu, G., Monibi, M., Nguyen, D. H., & Yeganyan, M. (2010). Interactive visual supports for children with autism. Pers Ubiquit Comput, 663-680.

Hill, E. (2004). Evaluating the theory of executive dysfunction in autism. Developmental Review, 24, 189-233.

Hume, K., Wong, C., Plavnick, J., & Schultz, T. (2014). Use of Visual Supports with Young Children with Autism Spectrum Disorder. In J. Tarbox, D. R. Dixon, P. Strumey, & J. L. Matson, Handbook of Early Intervention for Autism Spectrum Disorder (pp. 375-402). New York: Springer Science+Business Media.

Hunt, C. K. (2003). Concept in Caregiver Research. Journal of Nursing Scholarship, 27-31.

Iowa Departement of education early childhood services beurau. (2010). Talking to parents about autism. Iowa: Iowa Departement of education early childhood services beurau.

Johnston, S., Nelson, C., Evans, J., & Palazolo, K. (2003). The use of visual supports in teaching young children with autism spectrum disorder to initiate interactions. Augmentative and alternative

communication 19 (2), 86-103.

KBBI. (n.d.). Pengasuh. Retrieved April 4, 2020, from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pengasuh

Koesdiningsih, T. (2018). Pengaruh penggunaan visual support terhadap perbaikan klinis anak dengan autism spectrum disorder (ASD) di unit pelayanan terpadu daerah anak berkebutuhan khusus (UPTD ABK) Sidoarjo. Surabaya: IR-PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA.

Kunda, M., & Goel, A. K. (2011). Thinking in pictures as a cognitive account of autism. Journal of Autism and Developmental Disorder, 41, 1157-1177.

McLeod, S. A. (2012). Working Memory. Retrieved Maret 01, 2020, from Simply Psychology:

https://www.simplypsychology.org/working%20memory.html

Meadan, H., Otrosky, M. M., Triplett, B., Michna, A., & Fettig, A. (2011). Using VIsual Support With Young Children With Autism Spectrum Disorder. Teaching exceptional young children. Vol 43, No 6, 28-35.

Milligan, C. (2005). From home to `home': situating emotions within the caregiving experience.

Environment and Planning A 2005, volume 37, 2105-2120.

Ratri, D. (2016). Buku Psikologi ABK. Yogyakarta: Psikoasain.

Siller, M., & Sigman, M. (2002). The Behaviors of Parents of Children with Autism Predict the Subsequent Development of Their Children's Communication. Journal of Autism and Developmental

Disorders, Vol. 32, No. 2, 77-89.

Tager-Flusberg, H. (2003). Language impairments in children with complex neurodevelopmental disorder. Languange competence across population, 297-321.

Tager-Flusberg, H., Paul, Rhea, & Lord, C. (2019). Language and communication in autism. In H. TagerFlusberg, Paul, Rhea, & C. Lord, Development and behaviour (pp. 89-111). Cambridge University Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##