Pengaruh Strategi Koping terhadap Stres Akademik Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19

pandemi strategi koping stres akademik

Authors

  • Rizky El Hakim Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Indonesia
  • Ike Herdiana
    ike.herdiana@psikologi.unair.ac.id
    Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Indonesia
2 July 2021

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara strategi koping terhadap stres akademik dalam masa pandemi Covid-19. Strategi koping diukur dengan BRIEF Cope dan stres akademik diukur dengan ESSA. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa SMA dengan rentang usia 15-18 tahun. Metode pengambilan data menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan survei berupa google form. Uji reliabilitas alat ukur BRIEF Cope sebesar 0.809 dan alat ukur ESSA sebesar 0.804. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil pada penelitian ini ditemukan signifikansi sebesar 0.0000 di mana kurang dari 0.05 (p=0.000<0.05). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi koping berpengaruh secara signifikan terhadap stres akademik dalam masa pandemi Covid-19.