Pengaruh Strategi Koping terhadap Stres Akademik Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara strategi koping terhadap stres akademik dalam masa pandemi Covid-19. Strategi koping diukur dengan BRIEF Cope dan stres akademik diukur dengan ESSA. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa SMA dengan rentang usia 15-18 tahun. Metode pengambilan data menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan survei berupa google form. Uji reliabilitas alat ukur BRIEF Cope sebesar 0.809 dan alat ukur ESSA sebesar 0.804. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana menggunakan SPSS 25 for windows. Hasil pada penelitian ini ditemukan signifikansi sebesar 0.0000 di mana kurang dari 0.05 (p=0.000<0.05). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi koping berpengaruh secara signifikan terhadap stres akademik dalam masa pandemi Covid-19.
Angelica, H., & Tambunan, E. H. (2021). Stres Dan Koping Mahasiswa Keperawatan Selama Pembelajaran Daring Di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 7(1), 28-34.
Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bonk, C. J. (2002). Online training in an online world. Bloomington, IN: CourseShare. com.
Carver, C. S. (1997). You want to measure coping but your protocol' too long: Consider the brief cope. International Journal of Behavioral Medicine, 4(1), 92–100. https://doi.org/10.1207/s15327558ijbm0401_6
Djamba, Y. K., & Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Teaching Sociology, 30(3), 380. https://doi.org/10.2307/3211488
Ekawarna. (2018). Manajemen Konflik dan Stres (1st ed.). Bumi Aksara.
Fakhri, F. (2020, July 23). HAN 2020, KPAI Nilai Belajar Jarak Jauh Bikin Anak Tak Naik Kelas: Okezone Nasional. https://nasional.okezone.com/. https://nasional.okezone.com/read/2020/07/23/337/2250667/han-2020-kpai-nilai-belajar-jarak-jauh-bikin-anak-tak-naik-kelas
Fitriasari, A., Septianingrum, Y., Budury, S., & Khamida, K. (2020). Online Learning Stress Relates to Student Coping Strategies During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Keperawatan, 12(4), 985-992.
Hidayah, N., Huriati, H., & Sutria, E. (2021, March). TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING MAHASISWA KEPERAWATAN DI MASA PANDEMI COVID19. In Seminar Nasional Variansi (Venue Artikulasi-Riset, Inovasi, Resonansi-Teori, dan Aplikasi Statistika) (Vol. 2020, pp. 184-192).
Indirawati, E. (2006). Hubungan antara kematangan beragama dengan kecenderungan strategi coping. Jurnal Psikologi, 3(2), 69-92.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana.
Kemendikbud RI. (2020, May 29). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah
Lal, K. (2014). Academic stress among adolescent in relation to intelligence and demographic factors. American International Journal of Research in Humanities, Arts and Social Sciences, 5(1), 123-129.
Lazarus, R. S. (2006). Stress and emotion: A new synthesis. Springer Publishing Company.
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping (11th ed.). Springer.
Masitoh, A. (2020). Strategi Koping Siswa dalam Menghadapi Stres Akademik di Era Pandemi Covid-19. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2), 185-198.
Mediana. (2020, Juli 13). Siswa Alami Dampak Psikologis Pembelajaran Jarak Jauh Paling Nyata. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/bebas-akses/2020/07/13/siswa-alami-dampak-psikologis-pembelajaran-jarak-jauh-paling-nyata
Mu'tadin, Z. (2002). Pengelolaan Stres. Wijaya Pustaka.
Putro, K. Z. (2017). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1).
Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Universitas Terbuka.
Sarita, S. (2015). Academic stress among students: Role and responsibilities of parents. International Journal of Applied Research, 1(10), 385-388.
Sarwono, S. W. (2004). Psikologi Remaja (2nd ed.). Raja Grafindo Persada.
Sun, J., Dunne, M. P., Hou, X., & Xu, A. (2011). Educational Stress Scale for Adolescents: Development, Validity, and Reliability With Chinese Students. Journal of Psychoeducational Assessment, 29(6), 534–546. https://doi.org/10.1177/0734282910394976
Syofian, E. F. (2021). Strategi Koping dalam Menangani Stres dari Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/2xkb6
Tim KPAI. (2020, April 28). Ada 246 Aduan di KPAI soal Belajar Daring, Siswa Keluhkan Tugas Menumpuk-Kuota. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). https://www.kpai.go.id/publikasi/ada-246-aduan-di-kpai-soal-belajar-daring-siswa-keluhkan-tugas-menumpuk-kuota
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.