Pengaruh Regulasi Diri terhadap Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi Mahasiswa Baru Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19

mahasiswa baru penyesuaian regulasi diri

Authors

  • Lila Fitrianti Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Indonesia
  • Rudi Cahyono
    rudi.cahyono@psikologi.unair.ac.id
    Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Indonesia

Mahasiswa baru dihadapkan dengan tantangan penyesuaian diri di perguruan tinggi, ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 yang melahirkan adanya pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru angkatan 2020 selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 149 mahasiswa baru angkatan 2020 yang menjalani pembelajaran jarak jauh. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Self Regulation Questionnaire (SRQ) dan The Student Adaptation to College Questonnaire (SACQ). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis dalam penelitian ini memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05; R2=0,359). Hasil tersebut menunjukkan bahwa regulasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri di perguruan tinggi.