Pengaruh Regulasi Diri terhadap Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi Mahasiswa Baru Selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19
Unduhan
Mahasiswa baru dihadapkan dengan tantangan penyesuaian diri di perguruan tinggi, ditambah dengan kondisi pandemi Covid-19 yang melahirkan adanya pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru angkatan 2020 selama pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, yang melibatkan 149 mahasiswa baru angkatan 2020 yang menjalani pembelajaran jarak jauh. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Self Regulation Questionnaire (SRQ) dan The Student Adaptation to College Questonnaire (SACQ). Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis dalam penelitian ini memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05; R2=0,359). Hasil tersebut menunjukkan bahwa regulasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri di perguruan tinggi.
Arjanggi, R., & Kusumaningsih, L. P. S. (2016). College Adjustment of First Year Students: The Role of Social Anxiety. Journal of Educational, Health and Community Psychology, 5(1), 30. https://doi.org/10.12928/jehcp.v5i1.4273
Baker, R. W., & Siryk, B. (1984). Measuring adjustment to college. Journal of Counseling Psychology, 31(2), 179–189. https://doi.org/10.1037//0022-0167.31.2.179
Brown, J. M., Miller, W. R. & Lawendowski, L. A. (1999). The Self_Regulation Questionnaire. In L. VandeCreek & T. L. Jackson (Eds.). Innovations in Clinical Practice: A Source Book, 17, 281–292.
Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The Benefits of Being Present: Mindfulness and Its Role in Psychological Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, 84(4), 822–848. https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.4.822
Cazan, A. M. (2012). Self regulated learning strategies”Predictors of academic adjustment. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 33, 104–108. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.01.092
Cazan, A. M., & Anitei, M. (2010). Motivation, learning strategies and acadmic adjustement. Romanian Journal of Experimental Applied Psychology, 1(1), 61–69.
Hakim, A. R., & Mora, L. (2017). Keterkaitan Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Sosial Di Pondok Pesantren Al-Gontory Pondok Aren Tangerang. Psychophedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang.
Harahap, A. P., & Harahap, S. R. (2020). Covid 19: Self Regulated Learning Mahasiswa. AL-Irsyad : Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 1(1), 36–42.
Harsellenta, A. N. (2017). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Di FIP UNY Angkatan 2017. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hoyle, R. H. (2010). Handbook of Personality and Self Regulation. United Kingdom. Blackwell Publishing Ltd.
Irfan, M. (2013). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Universitas Airlangga.
Isnaini, F. (2017). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren Di Surakarta.tle. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Jamaluddin, M. (2020). Model penyesuaian diri mahasiswa baru (A new student adjusment model). Indonesian Psychological Research, 2(2), 109–118. https://doi.org/10.2980/ipr.v2i2.361
Julistalia, M. (2020). Kuliah Daring di Mata Mahasiswa Baru Tahun 2020. DETak UNSYIAH.COM. http://detak-unsyiah.com/headline/kuliah%02daring-di-mata-mahasiswa-baru-tahun-2020
Mendikbud. (2020). Pembelajaran Secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covi-19. Mendikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud%02pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah%02penyebaran-covid19%0D
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Mutambara, J., & Bhebe, V. (2012). An Analysis of the Factors Affecting Students' Adjustment at a University in Zimbabwe. International Education Studies, 5(6), 244–260.
Neal, D. J., & Carey, K. B. (2005). A Follow-Up Psychometric Analysis of the Self-Regulation Questionnaire. Psychology of Addictive Behaviors, 19(4), 414–422.
Neuman, W. L. (2007). Basic of Social Research: Qualitative and Quantitative Approaches (Second ed). Paerson Education, Inc.
Nurfitriana, P. (2016). Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. In Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Oetomo, P. F., Yuwanto, L., & Rahaju, S. (2017). Faktor Penentu Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Emerging Adulthood Tahun Pertama dan Tahun Kedua. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 8(02), 67–77. https://doi.org/10.35814/mindset.v8i02.325
Santrock, J. W. (2016). Adolescense (16th ed). McGraw-Hill Education.
Schneiders, A. A. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. Holt Reinhart and Winston Inc.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (6th ed). Pearson Education.
UNICEF. (2020). Covid-19 dan Anak-Anak di Indonesia. Unicef Indonesia. https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/covid-19-dan-anak-anak-di-indonesia
Wulan, D. K., & Negara, W. R. (2018). Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa Pondok Pesantren Ma Husnul Khotimah. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(2), 86–91. https://doi.org/10.21009/jppp.072.05
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.