Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Tingkat Stres Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi
Downloads
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap tingkat stres mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan kepada 164 orang mahasiswa yang sedang menulis skripsi. Pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya untuk mengukur seberapa besar dukungan sosial teman sebaya yang dimiliki seorang mahasiswa dan menggunakan skala tingkat stres untuk mengukur tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Hasil analisis data dengan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi (R2=0,019; F(164)=3,171; p>0,05).
Afryan, M., Saputra, O., & Liliswanti, R. (2019). Hubungan Tingkat Stres Terhadap Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran, 6(1), 63–67.
Dinata, I.G.D.A., & Supriyadi. (2019). Hubungan kontrol diri , beban kerja dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Udayana yang bekerja part time. Psikologi Udayana, 103–115.
Dewi, N. R. (2018). KESULITAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI. (Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Dwijayanti, I. P. (2018). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KECEMASAN MENGERJAKAN TUGAS AKHIR/SKRIPSI PADA MAHASISWA UKSW. In Skripsi.
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282
Giyarto, G. (2018). Stres pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta dalam mengerjakan skripsi. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rahmawan, F. R., & Selviana. (2021). Hubungan Adversity Quotient dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 1–9.
Rohmah, Q. (2017). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP STRES PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. In Undergraduate (S1) Thesis, University of Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/44018/1/jiptummpp-gdl-qonitarohm-50562-1-qonitar-7.pdf
Saputra, M. R., & Palupi, L. S. (2020, August). Relationship between Social Support and Psychological Well-Being of the Final Year Students. In E3S Web of Conferences (Vol. 202, p. 12027). https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020212027
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial Interactions. John Wiley & Sons.
Sulistyowati, M. (2016). HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN STRES MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. In Undergraduate (S1) Thesis, University of Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/34417/1/jiptummpp-gdl-muliasulis-45634-1-mulia_2-9.pdf
Taylor, S. E. (2003). Health Psychology (Fifth ed.). McGraw Hill.
Taylor, S. E. (2009). Health Psychology (Eight ed.). McGraw Hill Inc.
Zakaria, D. (2017). Tingkat Stres Mahasiswa Ketika Menempuh Skripsi. Undergraduate (S1) Thesis, University of Muhammadiyah Malang.
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.