Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Tingkat Stres Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi
Unduhan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap tingkat stres mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan kepada 164 orang mahasiswa yang sedang menulis skripsi. Pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya untuk mengukur seberapa besar dukungan sosial teman sebaya yang dimiliki seorang mahasiswa dan menggunakan skala tingkat stres untuk mengukur tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Hasil analisis data dengan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan tingkat stres pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi (R2=0,019; F(164)=3,171; p>0,05).
Afryan, M., Saputra, O., & Liliswanti, R. (2019). Hubungan Tingkat Stres Terhadap Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran, 6(1), 63–67.
Dinata, I.G.D.A., & Supriyadi. (2019). Hubungan kontrol diri , beban kerja dan dukungan sosial teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Universitas Udayana yang bekerja part time. Psikologi Udayana, 103–115.
Dewi, N. R. (2018). KESULITAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI. (Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Dwijayanti, I. P. (2018). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN KECEMASAN MENGERJAKAN TUGAS AKHIR/SKRIPSI PADA MAHASISWA UKSW. In Skripsi.
Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. (2018). Self Disclosure dan Tingkat Stres pada Mahasiswa yang sedang Mengerjakan Skripsi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130. https://doi.org/10.15575/psy.v5i1.2282
Giyarto, G. (2018). Stres pada mahasiswa tingkat akhir fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta dalam mengerjakan skripsi. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Rahmawan, F. R., & Selviana. (2021). Hubungan Adversity Quotient dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa yang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 1–9.
Rohmah, Q. (2017). PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP STRES PADA MAHASISWA YANG MENGERJAKAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. In Undergraduate (S1) Thesis, University of Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/44018/1/jiptummpp-gdl-qonitarohm-50562-1-qonitar-7.pdf
Saputra, M. R., & Palupi, L. S. (2020, August). Relationship between Social Support and Psychological Well-Being of the Final Year Students. In E3S Web of Conferences (Vol. 202, p. 12027). https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020212027
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2014). Health psychology: Biopsychosocial Interactions. John Wiley & Sons.
Sulistyowati, M. (2016). HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN STRES MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN SKRIPSI. In Undergraduate (S1) Thesis, University of Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/34417/1/jiptummpp-gdl-muliasulis-45634-1-mulia_2-9.pdf
Taylor, S. E. (2003). Health Psychology (Fifth ed.). McGraw Hill.
Taylor, S. E. (2009). Health Psychology (Eight ed.). McGraw Hill Inc.
Zakaria, D. (2017). Tingkat Stres Mahasiswa Ketika Menempuh Skripsi. Undergraduate (S1) Thesis, University of Muhammadiyah Malang.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.