Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan sosial teman sebayaterhadap motivasi berprestasi siswa tunarungu di sekolah inklusi SMA sederajat. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatori dengan melakukan survei serta melibatkan 32 koresponden tunarungu, dengan kategori ringan sampai sedang. Alat ukur dukungan sosial yang digunakan peneliti memiliki koefisien reliabilitas cronbach alpha sebesar 0,929. Alat ukur motivasi berprestasi memiliki koefisien reliabilitas cronbach alpha sebesar 0,910. Analisis data menggunakan SPSS 22 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi berprestasi. Hal tersebut terlihat dari taraf signifikansi yang kurang dari 0,05, yaitu sebesar 0,000. Dukungan sosial teman sebaya dapat memengaruhi siswa tunarungu di sekolah inklusi SMA sederajat sebesar 85,2% (R= 0,852).
Baron, R. A., & Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Bond, R., & Castagnera, E. (2006). Peer supports and inclusive education: An underutilized resource. Theory into Practice, 45(3), 224–229. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4503_4
Harpini, A. (2019). Infodatin Disabilitas Rungu (p. 12). Retrieved from https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-tunarungu-2019.pdf
Hasan, S. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 3(2), 128–135.
Hilmi, M. S. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMKN II Malang. [Skripsi, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/904/
Nasution, S. I. (2017). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan uin raden intan lampung. Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 38–54.
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldmann, R. D. (2008). Human Development (terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Prenada Media Group.
Prihandrijani, E. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial Terhadap Flow Akademik Pada Siswa Sma "X” Di Surabaya. [Tesis, Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/46847/
Santrock, J. W. (2003). Adolescence. Jakarta: PT. Erlangga.
Santrock, J. W. (2008). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Ulfah, A. N., & Ariati, J. (2018). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Santri Pesantren Islam Al-Irsyad, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. JurnalEmpati, 6(4), 297–301.
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.