Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dukungan sosial teman sebayaterhadap motivasi berprestasi siswa tunarungu di sekolah inklusi SMA sederajat. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatori dengan melakukan survei serta melibatkan 32 koresponden tunarungu, dengan kategori ringan sampai sedang. Alat ukur dukungan sosial yang digunakan peneliti memiliki koefisien reliabilitas cronbach alpha sebesar 0,929. Alat ukur motivasi berprestasi memiliki koefisien reliabilitas cronbach alpha sebesar 0,910. Analisis data menggunakan SPSS 22 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi berprestasi. Hal tersebut terlihat dari taraf signifikansi yang kurang dari 0,05, yaitu sebesar 0,000. Dukungan sosial teman sebaya dapat memengaruhi siswa tunarungu di sekolah inklusi SMA sederajat sebesar 85,2% (R= 0,852).
Baron, R. A., & Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Bond, R., & Castagnera, E. (2006). Peer supports and inclusive education: An underutilized resource. Theory into Practice, 45(3), 224–229. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4503_4
Harpini, A. (2019). Infodatin Disabilitas Rungu (p. 12). Retrieved from https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-tunarungu-2019.pdf
Hasan, S. A., & Handayani, M. M. (2014). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Penyesuaian Diri Siswa Tunarungu di Sekolah Inklusi. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, 3(2), 128–135.
Hilmi, M. S. (2014). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMKN II Malang. [Skripsi, Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/904/
Nasution, S. I. (2017). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan uin raden intan lampung. Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 38–54.
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldmann, R. D. (2008). Human Development (terjemahan A. K. Anwar). Jakarta: Prenada Media Group.
Prihandrijani, E. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial Terhadap Flow Akademik Pada Siswa Sma "X” Di Surabaya. [Tesis, Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/46847/
Santrock, J. W. (2003). Adolescence. Jakarta: PT. Erlangga.
Santrock, J. W. (2008). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Ulfah, A. N., & Ariati, J. (2018). Hubungan Dukungan Teman Sebaya Dengan Motivasi Berprestasi Pada Santri Pesantren Islam Al-Irsyad, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. JurnalEmpati, 6(4), 297–301.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.