Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga terhadap Kecerdasan Emosional Remaja Pada Keluarga Single Parent Akibat Perceraian
Downloads
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi keluarga terhadap kecerdasan emosional remaja pada keluarga single parent akibat perceraian. Pola komunikasi keluarga adalah salah satu dari banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional remaja. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan partisipan berjumlah 131 orang dengan usia 12-18 tahun yang tinggal bersama keluarga single parent akibat perceraian. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan pola komunikasi keluarga memberikan pengaruh sebesar 26,9% terhadap kecerdasan emosional remaja pada keluarga single parent akibat perceraian.
Ahmadi, A. (1999). Psikologi Sosial. Rineka Cipta.
Alfiroh, A. (2019). Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Perilaku Cyberbullying Siswa SMPI Singosari Malang [Skripsi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/15813/
Amato, P. (2004). The Consequences of Disvorve for Adults and Children. Journal of Marriage and Family, 62(4), 1269–1287. https://doi.org/10.1111/j.1741-3737.2000.01269.x
Aminah, Andayani, T., & Karyanta, N. (2012). Proses penerimaan anak (remaja akhir) terhadap perceraian orangtua dan konsekuensi psikososial yang menyertainya. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 1–11.
Andriani, M., & Hidayati, H. (2016). Persepsi Remaja Tentang Pola Komunikasi Keluarga dengan Kecerdasan Emosional di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syi'ah Kuala Banda Aceh, 1(1), 1–5.
Cherry, J. (2016). The communication patterns and experiences of children in single parent families [Thesis, Western Kentucky University]. https://digitalcommons.wku.edu/theses/1595
Dewi, N. L. M. L., & Rustika, I. M. (2017). Pengaruh Mendongeng Sambil Bermain Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia 8-11 Tahun Di SD Negeri 8 Dauh Puri Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 119–129. https://doi.org/10.24843/JPU.2017.v04.i01.p13
Direktori Putusan. (2021). Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia [SET HOME PAGE]. Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia. https://putusan3.mahkamahagung.go.id/search.html?q=perceraian
Firdanianty, N., Lubis, D. P., Puspitawati, H., & Susanto, D. (2016). Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMA di Kota Bogor. Jurnal Komunikasi, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i1.34
Goleman, D. (1995). Kecerdasan Emosional. PT Gramedia Pustaka Utama.
Hardanti, R. (2020). Kecerdasan Emosional Remaja Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Komparatif Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020 [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma]. https://repository.usd.ac.id/37119/
Hojatkhah, S. (2014). The relationship of family communication patterns and emotional intelligence with resilience. Reef Resources Assessment and Management Technical Paper, 40(5), 101–105.
Hurlock, E. (2013). Psikologi Perkembangan: Jilid 1. Erlangga Press.
Keaten, J., & Kelly, L. (2008). Emotional Intelligence as a Mediator of Family Communication Patterns and Reticence. Communication Reports, 21(2), 104–116. https://doi.org/10.1080/08934210802393008
Koerner, A., & Fitzpatrick, M. (2006). Family Communication Patterns Theory: A Social Cognitive Approach. In D. Braithwaite & L. Baxter, Engaging Theories in Family Communication: Multiple Perspectives (pp. 50–65). AGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452204420.n4
Marhamah, S., & Rochyati, N. (2018). Pengaruh Pola Komunikasi Keluarga terhadap Kecredasan Emosional Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Semester II Universitas Muhammadiyah Mataram. Jurnal Kajian Penelitian & Pengembangan Pendidikan, 6(2), 19–24.
Neuman. (2007). Social Research Methods: Qualitative & Quantitative Approaches (2ed). Allyn & Bacon.
Nisfiannoor, M., & Yulianti, E. (2005). Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja yang Berasal Dari Keluarga Bercerai Dengan Keluarga Utuh. Jurnal Psikologi, 3(1), 1–18.
Nurani, A. (2017). Pengaruh perceraian orang tua terhadap kecerdasan emosi siswa kelas IX SMP Negeri 2 Papar tahun pelajaran 2016/2017 [Skripsi, UN PGRI Kediri.
Osredkar, P. (2012). The Relationship Between Family Communication Patterns and an Individual's Emotional Intelligence. Communication Studies Undergraduate Publications, Presentations And Projects. https://pilotscholars.up.edu/cst_studpubs/16/?utm_source=pilotscholars.up.edu%2Fcst_studpubs%2F16&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages
Rahmawati, A., & Suharso. (2015). Faktor Determinan Konsep Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri Se-Kota Semarang. Indonesia Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1), 30–36.
Ramadhani, P. E., & Krisnani, H. (2019). Analisis Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Remaja. Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 109–119. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23126
Retnowati, Y. (2008). Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus di Kota Yogyakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3), 199–211.
Sheykhi, M. (2020). World Perspective of Divorce in Selected Countries: A Sosiological Appraisal. World Family Medicine Journal, 18(6), 66–70.
Untari, I., Putri, K. P. D., & Hafiduddin, M. (2018). Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Kesehatan Psikologis Remaja. Profesi (Profesional Islam) : Media Publikasi Penelitian, 15(2), 106. https://doi.org/10.26576/profesi.272
Copyright (c) 2022 Pandu Indriani, Wiwin Hendriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.