Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Sekolah dengan Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Berbasis Ketarunaan
Unduhan
Penelitian ini didasari dari fenomena dimana siswa SMA berbasis ketarunaan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, yang mengakibatkan nilai akademis menurun dan munculnya masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang terdapat di antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan penyesuaian diri pada siswa SMA berbasis ketarunaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan data berupa survey secara daring. Sampel dari penelitian ini adalah 153 siswa yang bersekolah di SMA berbasis ketarunaan dengan kategori kelas 11 dan 12 yang terdiri dari 74 laki-laki dan 79 perempuan. Alat ukur yang digunakan meliputi Skala Penyesuaian Diri untuk mengukur penyesuaian diri dengan reliabilitas 0,837 dan Learning Environment Inventory mengukur persepsi terhadap iklim sekolah dengan reliabilitas 0,657. Hasil analisis variabel penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,274. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan penyesuaian diri pada siswa SMA berbasis ketarunaan.
Behaghel, L., Chaisemartin, C. de, & Gurgand, M. (2017). Ready for boarding? The effects of a boarding school for disadvantaged students. American Economic Journal: Applied Economics, 9(1), 140–164. https://doi.org/10.1257/app.20150090Frey,
A., Ruchkin, V., Martin, A., & Schwab-Stone, M. (2009). Adolescents in transition: School and family characteristics in the development of violent behaviors entering high school. Child Psychiatry and Human Development, 40(1), 1–13. https://doi.org/10.1007/s10578-008-0105-x
Gage, N. A., Larson, A., Sugai, G., & Chafouleas, S. M. (2016). Student Perceptions of School Climate as Predictors of Office Discipline Referrals. American Educational Research Journal, 53(3), 492–515. https://doi.org/10.3102/0002831216637349
Hadwen, K. M. (1968). Leaving home: Investigating transitioning challenges faced by boarding students and their families Recommended Citation. http://ro.ecu.edu.au/theses/1628
Hong, J. S., Espelage, D. L., & Lee, J. M. (2018). School Climate and Bullying Prevention Programs. The Wiley Handbook on Violence in Education, 359–374. https://doi.org/10.1002/9781118966709.ch17
Husain, A. A., Kumar, A., & Husain, A. A. (2008). Academic Stress and Adjustment among High School Students. Journal of the Indian Academy Of, 34(April), 70–73. http://medind.nic.in/jak/t08/s1/jakt08s1p70.pdf
Irwansyah, L. (2017). Efektivitas Backyard Sports Dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri dan Menurunkan Stress Santri Baru di Pondok Pesantren. Universitas Airlangga.
Isakson, K., & Jarvis, P. (1999). The adjustment of adolescents during the transition into high school: A short-term longitudinal study. Journal of Youth and Adolescence, 28(1), 1–26. https://doi.org/10.1023/A:1021616407189
Jia, Y., Way, N., Ling, G., Yoshikawa, H., Chen, X., Hughes, D., Ke, X., & Lu, Z. (2009). The influence of student perceptions of school climate on socioemotional and academic adjustment: A comparison of chinese and american adolescents. Child Development, 80(5), 1514–1530. https://doi.org/10.1111/j.1467-8624.2009.01348.x
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Pengelolaan Sekolah Berasrama. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Sekolah Menengah Atas Berasrama. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.
Kuperminc, G. P., Leadbeater, B. J., & Blatt, S. J. (2001). School social climate and individual differences in vulnerability to psychopathology among middle school students. Journal of School Psychology, 39(2), 141–159. https://doi.org/10.1016/S0022-4405(01)00059-0
Kuperminc, G. P., Leadbeater, B. J., Emmons, C., & Blatt, S. J. (1997). Perceived school climate and difficulties in the social adjustment of middle school students. Applied Developmental Science, 1(2), 76–88. https://doi.org/10.1207/s1532480xads0102_2
Loukas, A., & Robinson, S. (2004). Examining the moderating role of perceived school climate in early adolescent adjustment. Journal of Research on Adolescence, 14(2), 209–233. https://doi.org/10.1111/j.1532-7795.2004.01402004.x
Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382
Maxwell, S., Reynolds, K. J., Lee, E., Subasic, E., & Bromhead, D. (2017). The impact of school climate and school identification on academic achievement: Multilevel modeling with student and teacher data. Frontiers in Psychology, 8(DEC), 1–21. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.02069
Mizelle, N. B., & Irvin, J. L. (2000). Transition from Middle School into High School. Middle School Journal, 31(5), 57–61. https://doi.org/10.1080/00940771.2000.11494654
Nusantara, K. S. (2009). SMA Taruna Nusantara Magelang: Sekolah Terbaik Di Indonesia.
Pallant, J. (2005). SPSS SURVIVAL MANUAL: A step by step guide to data analysis using SPSS for Windows (Version 12).
Purwaningsih, S. (2013). Naskah publikasi hubungan pola asuh demokratis dan kemandirian dengan penyesuaian diri siswa di asrama.
Rahmayanti, T. E., & Lubis, Z. (2013). Hubungan efikasi diri akademik dan dukungan sosial dengan penyesuaian diri. Analitika: Jurnal Magister Psikologi Uma, 5(2), 43–49. http://ojs.urna.ac.id/index.php.analitika/article/view/784.
Roeser, R. W., Eccles, J. S., & Sameroff, A. J. (2000). School as a context of early adolescents' academic and social-emotional development: A summary of research findings. Elementary School Journal, 100(5), 442–471. https://doi.org/10.1086/499650
Schneiders, A. (1964). Personal Adjustment and Mental Health. New York: Holt, Rinehartd and Winston.
Stewart, K. (2014). The Mediating Role of Classroom Social Environment between Teacher Self-Efficacy and Student Adjustment. ProQuest Dissertations and Theses, 153. http://simsrad.net.ocs.mq.edu.au/login?url=https://www.proquest.com/dissertations-theses/mediating-role-classroom-social-environment/docview/1561562197/se-2?accountid=12219%0Ahttps://multisearch.mq.edu.au/openurl/MQ/MQ_SERVICES_PAGE?url_ver=Z39.88-2004&rf
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.