Hubungan antara Persepsi terhadap Iklim Sekolah dengan Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Berbasis Ketarunaan

penyesuaian diri persepsi terhadap iklim sekolah

Penulis

Unduhan

Penelitian ini didasari dari fenomena dimana siswa SMA berbasis ketarunaan mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, yang mengakibatkan nilai akademis menurun dan munculnya masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang terdapat di antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan penyesuaian diri pada siswa SMA berbasis ketarunaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan data berupa survey secara daring. Sampel dari penelitian ini adalah 153 siswa yang bersekolah di SMA berbasis ketarunaan dengan kategori kelas 11 dan 12 yang terdiri dari 74 laki-laki dan 79 perempuan.  Alat ukur yang digunakan meliputi Skala Penyesuaian Diri untuk mengukur penyesuaian diri dengan reliabilitas 0,837 dan Learning Environment Inventory mengukur persepsi terhadap iklim sekolah dengan reliabilitas 0,657. Hasil analisis variabel penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,274. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi terhadap iklim sekolah dengan penyesuaian diri pada siswa SMA berbasis ketarunaan.