Pengaruh Store Atmosphere dan Brand Image terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Konsumen Retail Fashion Brand X di Surabaya
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere dan brand image terhadap impulsive buying pada konsumen retail fashion brand X di Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada 130 partisipan yang melakukan pembelian produk fashion dalam kurun waktu 1 tahun terakhir di toko secara offline. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner skala store atmosphere yang terdiri dari 11 aitem, skala brand image yang terdiri dari 8 aitem, dan skala impulsive buying yang terdiri dari 9 aitem. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier menggunakan parangkat lunak IBM SPSS Statistics 22 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara store atmosphere terhadap impulsive buying secara parsial, terdapat pengaruh antara brand image terhadap impulsive buying secara parsial. Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel store atmosphere dan brand image secara simultan terhadap impulsive buying.
Abratt, R., & Goodey, S. D. (1990). Unplanned buying in-store stimuli in supermarkets. Managerial and Decision Economics, 11, 111-121.
Akram, U., Hashim, M., Khan, K. M., & Rasheed, S. (2016). Impact of store atmosphere on impulse buying behavior: Moderating effect of demographic variables. International Journal of u- and e- Service, Science and Technology, Vol.9, No. 7, pp.43-60.
Alfaiz, M. D. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Impulsive Buying Konsumen Pands Yogyakarta Dalam Perspektif Perilaku Konsumsi Islami. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baker, J. (1986). The role of the environment in marketing services: The consumer perspective. Texas Christian University, 79-84.
Bayley, G., & Nancarrow, C. (1998). Impulse purchasing: a qualitative exploration of the phenomenon. Qualitative Market Research: An International Journal, Volume 1, pp. 99–168.
Beatty, S. E., & Ferrell, M. E. (1998). Impule Buying: Modeling its precursors. Journal of Retailing,. Journal of Retailing, 169-191.
Cahyani, R. (2019). Pengaruh potongan harga, Citra merek dan tampilan dalam toko terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada Matahari Departement Store Pakuwon Trade Center di Surabaya. H Social Sciences, 1-70.
CNN. (2015, November 2). www.cnnindonesia.com. Dipetik April 19, 2021, dari (https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20151102182452-92-88999/generasi-millenial-ri-paling-impulsif-belanja-barang-mewah)
Cole, H. S., & Clow, K. E. (2011). A Model Development of Retail Patronage Loyalty. Journal of Business Studies Quarterly , Vol. 2, No. 2, pp. 1-16.
Dittmar, H., & Drury, J. (2000). Self-image is it in the bag? A qualitative comparison between 'ordinary' and 'excessive' consumers. Journal of Economic Psychology, 59: 202-216.
Fuad, M. (2010). Store Atmosphere dan Perilaku Pembelian Konsumen Di Toko Buku Gramedia Malang. Malang: Universitas Gajayana.
Guilford, J. P., & Benjamin, F. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: Mc Graw-Hill Book Company, Ltd.
Hariri, M., & Vazifehdust, H. (2011). How does Brand Extension Affect Brand Image? International Conference on Business and Economics, 104-109.
Hussain, R., & Ali, M. (2015). Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studie, 35–43.
Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing, 1-22.
Krumpelmann, L. (2018). The influence of store environment on customer's satisfaction and purchase behavior. Netherlands: Wageningen University and Research.
Kusuma, A. P. (2017). Pengaruh faktor stimulus internal dan eksternal konsumen di beberapa mall di indonesia terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif. Makassar: Universitas Muslim Indonesia.
Lim, V. K. (2002). The IT Way of Loafing on the Job: Cyberloafing, Neutralizing and Organizational Justice. Journal of Organizational Behavior.
Mariri, T., & Chipunza, C. (2009). In-store shopping environment and impulsive buying. African Journal of Marketing Management, Vol. 1(4) pp. 102-108.
Mehta, N. T., & Sharma, A. (2013). Introduction To The Fashion Industry: Student Handbokk Class-XI. India: CBSE.
Murnawati, & Zulia, K. (2018). Store Environmental Atmosphere on Giant Hypermarket Pekanbaru: Do Effect on Consumers Positive Emotion and Impulse? IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, 1-6.
Muruganantham, G., & Bhakat, S. R. (2013). A Review of Impulse Buying Behavior. International Journal of Marketing Studies, Vol. 5, No. 3; pp. 149-160.
Neuman, W. L. (2013). Metodologi Penelitian Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Pallant, J. (2011). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis using SPSS 4th Edition. Crows Nest: Allen & Unwin.
Pullig, C. (2008). What is Brand Equity and What Does the Branding Concept Mean to You? Keller Center Research Report, 1-4.
Ramadhan, A. (2017). Produk Fashion pada Anak sebagai Kelengkapan Tubuh (Studi Kasus: Anak yang Bekerja). Jurnal Penelitian Internal 2017/2018, 1-33.
Rook, D. W. (1987). The Buying Impulse. Journal of Consumer Research, 14(2), 189-199.
Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences On Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22, 305-312.
Sari, A. K. (2020). Pengaruh Discount, Brand Image, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 199-211.
Setiyono, A. D. (2015). Analisis Pengaruh Promosi Penjualan Dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Dan Dampaknya Terhadap Impulse Buying. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sherman, E., Mathur, A., & Smith, R. B. (1997). Store Environment and Consumer Purchase Behavior: Mediating Role of Consumer Emotions. Psychology & Marketing, Vol. 14(4):361–378.
Stern, H. (1962). The significance of impulse buying today. Journal of marketing, 26, 59-62.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Verplanken, B., & Aarts, H. (1999). Habit, attitude, and planned behaviour: is habit an empty construct, or an interesting case of automaticity? European Review of Social Psychology, 10: 101-133.
Wijaya, B. S. (2013). Dimensions of Brand Image: A Conceptual Review from the Perspective of Brand Communication. European Journal of Business and Management, 55-65.
Wulansari, N. R., & Seminari, N. (2015). Analisis Pengaruh Store Environment dan Brand Image terhadap Impulse Buying Pada Delta Dewata Supermarket. E-Jurnal Manajemen Unud, 2478-2490.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.