Gambaran Proses Trust-Building pada Interaksi Pengguna Situs Perkencanan Daring
Unduhan
Berkembangnya teknologi kini memudahkan kehidupan manusia untuk berinteraksi. Salah satunya adalah kemudahan dalam mencari pasangan dengan mengakses situs perkencanan daring. Proses interaksi yang terjadi tidak berbeda dengan interaksi secara luring karena membutuhkan satu aspek penting yaitu kepercayaan (trust). Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses trust-building pada interaksi pengguna situs perkencanan daring. Penelitian kualitatif ini menggunakan tipe penelitian studi kasus intrinsik yang dilakukan pada 3 partisipan pengguna situs perkencanan daring baik yang sudah tidak menggunakan maupun masih menggunakan hingga saat ini. Situs perkencanan daring yang digunakan oleh partisipan antara lain seperti Tinder, Secret, dan Whisper. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan beberapa tema yang muncul yaitu, berawal dari motif/intensi, adanya strategi self-presentation dalam berinteraksi, sehingga feeling connected, intimacy, dan berakhir dengan terbangunnya trust dengan orang lain.
Brewer, M. B., & Chen, Y. R. (2007). Where (Who) are collectives in collectivism? Toward conceptual clarification of individualism and collectivism. Psychological Review, 114(1), 133–151. https://doi.org/10.1037/0033-295X.114.1.133
Creswell, J. W. & Poth, C.N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions. SAGE Publications.
Creswell, J. W. & Creswell, J.D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, fourth edition. SAGE Publications.
Doney, P. M., Cannon, J. P., & Mullen, M. R. (1998). Understanding the influence of national culture on the development of trust. Academy of Management Review, 23(3), 601–620. https://doi.org/10.5465/AMR.1998.926629
Jung, S., Roh, S., Yang, H., & Biocca, F. (2017). Location and Modality Effects in Online Dating: Rich Modality Profile and Location-Based Information Cues Increase Social Presence, while Moderating the Impact of Uncertainty Reduction Strategy. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 20(9), 553–560. https://doi.org/10.1089/cyber.2017.0027
Kee, A. W., & Yazdanifard, R. (2015). The Review of The Ugly Truth and Negative Aspects of Online Dating. Global Journal of Management And Business Research, 15(4), 31–36. https://www.journalofbusiness.org/index.php/GJMBR/article/view/1700
Lankton, N. K., Mcknight, D. H., & Tripp, J. (2015). Technology, humanness, and trust: Rethinking trust in technology. Journal of the Association for Information Systems, 16(10), 880–918. https://doi.org/10.17705/1jais.00411
Lawson, H. M., & Leck, K. (2006). Dynamics of Internet dating. Social Science Computer Review, 24(2), 189–208. https://doi.org/10.1177/0894439305283402
Mangundjaya, W. L. H. (2013). Is There Cultural Change in the National Cultures of Indonesia? Steering the Cultural Dynamics, July 2010, 59–68.
Margulis, S. T. (2011). Three theories of privacy: An overview. Privacy online, 9-17. https://doi.org/10.1007/978-3-642-21521-6
Obada-Obieh, B., Chiasson, S., & Somayaji, A. (2017). "Don't Break My Heart!”: User Security Strategies for Online Dating (Short Paper). https://doi.org/10.14722/usec.2017.23046
Poerwandari, K., & Hassan, F. (1999). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).
Powell, G. (2013). Woman believed victim of online scam found dead. ABC News. https://www.abc.net.au/news/2013-03-04/woman-believed-victim-of-online-scam-found-dead/4551050
Staff, Y. (2017). A third of Indonesians have use internet dating. Yougov. https://id.yougov.com/en-id/news/2017/11/23/internet-dating/
Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2007). Who visits online dating sites? Exploring some characteristics of online daters. Cyberpsychology and Behavior, 10(6), 849–852. https://doi.org/10.1089/cpb.2007.9941
Whitty, M., & Gavin, J. (2001). Age/Sex/Location: Uncovering the Social Cues in the Development of Online Relationships. CyberPsychology & Behavior, 4(5), 623-630.
Whitty, M. T., & Joinson, A. (2008). Truth, lies and trust on the internet. Routledge.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.