Hubungan antara Social Comparison dengan Self Esteem pada Alumni SMA/sederajat Yang Menjalani Gap Year
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social comparison dengan self esteem pada alumni SMA/sederajat yang menjalani gap year. Self esteem adalah suatu evaluasi yang bersifat positif maupun negatif terhadap diri sendiri. Social comparison adalah proses saling memengaruhi dan saling bersaing dalam interaksi sosial karena kebutuhan individu untuk menilai diri sendiri yang dapat terpenuhi ketika individu membandingkan dirinya dengan orang lain. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Responden merupakan alumni SMA/sederajat, yang menjalani gap year yang berjumlah 190 orang. Seluruh responden mengisi skala Rosenberg Self Esteem Scale yang memiliki reliabilitas=0,30 dan mengisi skala Iowa Netherland Comparison Orientation Measure yang memiliki reliabilitas=0,266. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman melalui aplikasi Jamovi 1.6.8. Hasil ini penelitian ini adalah hubungan berkorelasi negatif dan bersifat lemah dengan Spearman's rho= -0.232 tetapi tetap memiliki signifikansi dengan p=0.001
American Gap Year Association. (2012). Data & Gap Year Benefits. American Gap Year Association.
Bednar, R.L., Wells, M.G., Peterson, S. R. (1989). Paradoxes and innovations in clinical theory and practice. American Psychological Association.
Curtis, D. D., Mlotkowski, P., & Lumsden, M. (2012). Bridging the gap: Who takes a gap year and why? Longitudinal Surveys of Australian Youth - Research Reports, 59(1).
Djamba, Y. K., & Neuman, W. L. (2002). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. In Teaching Sociology (Vol. 30, Issue 3). https://doi.org/10.2307/3211488
Festinger, L. (1954). A Theory of Social Comparison Processess. SAGE Social Science Collection, 1(1).
Garanian, N.G.; Pushinka, E. S. (2016). ESTABLISHING VALIDITY AND RELIABILITY OF THE RUSSIAN VERSION OF THE IOWA-NETHERLANDS COMPARISON ORIENTATION MEASURE IN STUDENT'S SAMPLE. Counseling Psychology and Psychotherapy, 64–92.
Gómez-Lugo, M., Espada, J. P., Morales, A., Marchal-Bertrand, L., Soler, F., & Vallejo-Medina, P. (2016). Adaptation, validation, reliability and factorial equivalence of the rosenberg self-esteem scale in colombian and Spanish population. Spanish Journal of Psychology, 19, 1–12. https://doi.org/10.1017/sjp.2016.67
Haryanti, R. (2019). Tak Lolos SBMPTN? Coba Ambil "Gap Year”! Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2019/07/16/17511521/tak-lolos-sbmptn-coba-ambil-gap-year?page=all
Hasanati, U., & Aviani, Y. I. (2020). Hubungan social comparison dengan self-esteem pada pengguna instagram. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2391–2399. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/721
Heath, S. (2005). The pre-university gap year: a research agenda, Gap Year working paper.
Jones, A. (2004). Review of gap year provision.
Leary, M. R. (2010). Sense of Self-Esteem. 8(1), 32–35.
Lembaga Tes Masuk Perguran Tinggi. (2020). Penerimaan Mahasiswa Baru. LTMPT. https://ltmpt.ac.id/?mid=5#a1
Mruk, C. J. (2006). Self esteem research, theory and practice.
Nurhidayati, N., & Nurdibyanandaru, D. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Self Esteem pada Penyalahguna Narkoba yang Direhabilitasi. Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 3(2), 52–59.
Priatmojo, Galih; Maulina, M. R. (2020). Tiga Tahun Tunda Kuliah, Gadis Ini Menangis Tersedu Gagal Kuliah di UNY. Suarajogja.Id. https://jogja.suara.com/read/2020/09/15/135659/tiga-tahun-tunda-kuliah-gadis-ini-menangis-tersedu-gagal-kuliah-di-uny
Prodjo, W. A. (2020a). 3 Kerugian Gap Year, Bisa Bikin Malas dan Keluarin Banyak Uang. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/02/20490291/3-kerugian-gap-year-bisa-bikin-malas-dan-keluarin-banyak-uang
Prodjo, W. A. (2020b). 4 Manfaat Gap Year, Salah Satunya Belajar Mandiri dari Orangtua. Kompas. https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/02/20041841/4-manfaat-gap-year-salah-satunya-belajar-mandiri-dari-orangtua?page=2
Puspitasari, A. I., & Ambarini, T. K. (2017). Hubungan Social Comparison dan Body Dissatisfaction pada Remaja Perempuan. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 6, 59–66.
Rosenberg, M. (1965). Society and the adolescent self-image. Princeton University Press.
Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141. https://doi.org/10.22146/jpsi.7169
Stehlik, T. (2010). Mind the gap: School leaver aspirations and delayed pathways to further and higher education. Journal of Education and Work, 23(4), 363–376.
Wellons, S. (2013). Give Me a Break: A Study of the Gap Year. Honors Senior Theses/Projects. http://digitalcommons.wou.edu/honors_theses/86
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.