Pengaruh Tipe-Tipe Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian pada Remaja Etnis Arab
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing tipe pola asuh orang tua terhadap kemandirian pada remaja etnis Arab. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 tipe pola asuh orang tua oleh Baumrind dan kemandirian menurut Steinberg. Hasil analisis data menunjukkan bahwa seluruh tipe pola asuh orang tua signifikan berpengaruh terhadap kemandirian pada remaja etnis Arab dengan persentase sebesar 71,5%. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa masing-masing dari pola asuh otoritatif, otoriter dan penelantaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian pada remaja etnis Arab. Namun, pola asuh permisif diketahui tidak memiliki pengrauh yang signifikan karena nilai signifikansinya melebihi 0,05.
Andani, F. (2019). Hubungan Kelekatan dengan Kemandirian pada Remaja yang Dibesarkan oleh Orangtua Tunggal (Single Parent). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.
As'ari, M. H. (2015). Hubungan antara Pola Asuh Otoriter dengan Kemandirian. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Baumrind, D. (1991). The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Subtance Use. Journal of Early Adolescent, 56–95.
Berk, L. (2008). Infants, Children, and Adolescence (6th ed). Pearson Education, Inc.
Erlina, w. (2016). Pola Asuh Orang Tua sebagai Prediktor Kecerdasan Emosional pada Remaja. Universitas Sanata Dharma.
Hapsari, A. S. (2013). Profil Kemandirian Remaja (Survey di SMA Negeri 39 Jakarta Siswa Kelas XI Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Pendidikan Universitas Jakarta, 2.
Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga.
Kurniasih, W., & Pratisti, W. D. (2013). Regulasi Emosi Remaja yang Diasuh secara Otoriter oleh Orangtuanya. Jurnal Fakultas Psikologi Surakarta, 293–301.
Levension, H., Kjellin, L., & Ostman, M. (2016). Autonomy and Severe Mental Ilness: The Relationship between Social and Fungtioning. SOJ Nursing and Healty Care, 2(2), 1–5.
Lintina, S. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Monks, F. J., A.M.P, K., & Hadinoto, S. R. (2006). Psikologi Perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Gadjah Mada University Press.
Neuman, W. L. (2007). Basic of Social Research: Qualitative and Quantitative Approaches (Second ed). Paerson Education, Inc.
Neuman, W. L. (2014). Basics Of Social Research: Qualitative & Quantitative Approaches (3th ed). Pearson Education Limited.
Pallant, J. (2011). SPSS Survival Manual: A step by guide to data analysis using SPSS for Windows. Allen&Unwin.
Sabrina, S. (2007). Pola Asuh Orang Tua Etnis Arab di Kota Bangil. Universitas Muhammadiyah Malang.
Santrock, J. W. (2016). Adolescence (16th ed). McGraw-Hill Education.
Siswandani, E. D., Silloy, T. N., & Ali, M. (2019). The Influence of Authoritative Parenting Autonomy. Atlantis Press, 326.
Steinberg, L. (2016). Adolescence (11th ed). McGraw-Hill Education.
Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Jurnal of EST, 2(3), 156–160.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.