Strategi Koping Stres Siswa SMA dalam Menghadapi UTBK 2021
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi koping stres yang dilakukan oleh siswa SMA dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada tahun 2021. UTBK termasuk ke dalam kategori ujian terstandarisasi (standardized test) dan digunakan untuk keputusan risiko tinggi (high-stakes) yaitu seleksi PTN yang berkontribusi pada perkebangan stres bagi siswa yang menjalaninya. Stres dan koping adalah hasil dari terjadinya transaksi antara individu dengan penyebab stres yang melibatkan proses pengevaluasian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik theory-driven. Penggalian data melalui wawancara dengan 2 siswa SMA yang mengalami stres menghadapi ujian dengan tingkatan stres sedang hingga tinggi. Hasil penelitian menunjukkan kedua partisipan menggunakan strategi koping berbeda meskipun menghadapi permasalahan yang sama. Strategi koping yang digunakan berfokus pada emosi dan masalah. Pemilihan koping dipengaruhi oleh faktor personal dan lingkungan.
Abidin, Z., & Mukminina, M. (2020). Coping Kecemasan Siswa SMA dalam Menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2019. Al-Azhar Indonesia seri Humaniora, 5 No 3. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/sh.v5i3.384
Aulina, B., & Nashori, H. F. (2012). Religiositas dan Stres Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa Sekolah Menengah Umum. Psikologika.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Konseling dan Pendidikan, 5 No 3, 143–148. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/119800
Campbell, T. S., Johnson, J. A., & Zernicke, K. A. (2013). Cognitive Appraisal. Encyclopedia of Behavioral Medicine, 442–442.
Dewi, R. K. (2021). Ini 3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada Tahun 2021. Kompas.
Evans, G. W., & Kim, P. (2013). Childhood Poverty, Chronic Stress, Self-Regulation, and Coping. Child Development Perspectives, 7(1), 43–48. https://doi.org/10.1111/cdep.12013
Fatmasari, Y. (2018). Mengungkap Gejala Depresi Pada Remaja yang Gagal Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Universitas Brawijaya.
Gatchel, R. J., & Schultz, I. Z. (2012). Theories of Psychologizal Stress at Work. In Handbooks in health, work, and disability (hal. 23–38). Springer.
Heissel, J. A., Adam, E. K., Doleac, J. L., Figlio, D. N., & Meer, J. (2018). Testing, Stress, and Performance: How Students Respond Physiologically to High-Stakes Testing. Economic of Education. https://doi.org/10.3386/w25305
Hendayana, Y. (2021). Peluncuran Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Jovanovic, J., Lazaridis, K., & Stefanovic, V. (2006). Theoretical Approaches to Problem of Occupational Stress. Acta Facultaties Medicae Naissensis, 23 No 3, 163–169.
Krisnaningrum, C. M. (2015). Hubungan Strategi Koping dengan Kecemasan Menghadapi Ujian SBMPTN. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lazarus, R. S. (1999). Stress and Emotion A New Synthesis. Springer publishing company.
Lazarus, S. R., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. In Springer Publishing Company: Vol. â„–3.
Mahfar, M., Zaini, F., & Nordin, N. A. (2007). Analisis Faktor Penyebab Stres di Kalangan Pelajar. Jurnal Kemanusiaan, 5 No 1, 62–72.
Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori dan Sumberdayanya. Konseling Andi Matappa, 1 No 2, 101–107.
Maschi, T., Viola, D., Morgen, K., & Koskinen, L. (2015). Trauma, Stress, Grief, loss, and Seperation Among Older Adults in Prison: The Protective Role of Coping Resources on Physical and Mental Well-being. Journal of Crime and Justice, 38 No 1, 113–136.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.
Nisrokha. (2020). Tes Terstandarisasi. Madaniyah, 10 No 1, 15–36.
Nurmaliyah, F. (2014). Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction. Pendidikan Humaniora.
Obbarius, N., Fischer, F., Liegl, G., Obbarius, A., & Rose, M. (2021). A Modified Version of the Transactional Stress Concept According to Lazarus and Folkman Wa Confirmed in a Psychosomatic Inpatient Sample. Frontiers in Psychology.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tagher, C. G., & Robinson, E. M. (2016). Critical Aspects of Stress in a High-Stakes Testing Environment: A Phenomenographical Approach. The Journal of Nursing Education, 55 No 3. https://doi.org/10.3928/01484834-20160216-07.
Thoomaszen, F. W., & Murtini. (2014). Manajemen Stres untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional. Humanitas, 11 No 2, 79–92.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.