Hubungan antara Social Support dengan Career Adaptability pada Mahasiswa Tingkat Akhir
Unduhan
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara social support dengan career adaptability. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode pengumpulan data berupa survei. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel dukungan sosial adalah Interpersonal Support Evaluation Scale – 12 (ISEL-12), dimana alat ukur tersebut berbentuk skala likert yang berisi 12 aitem dengan α = 0,820. Sedangkan alat ukur yang digunakan untuk mengukur variabel adaptabilitas karier adalah Career Adapt-Abilities Scale, dimana alat ukur tersebut berbentuk skala likert yang berisi 24 aitem dengan α = 0,926. Partisipan pada penelitian ini sebanyak 173 mahasiswa tingkat akhir dimana sedang menempuh minimal semester 8 untuk jenjang D4/S1 dan minimal semester 6 untuk jenjang D3. Teknik korelasi yang digunakan adalah teknik non-parametrik Spearman`s Rho menggunakan program IBM SPSS Statistic 22. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan adanya hubungan positif antara social support dengan career adaptability (r = 0,262; p<0,01).
Azhar, R., & Aprilia, E. D. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Adaptabilitas Karir Pada Sarjana Di Banda Aceh. Journal of Psychological Science and Profession, 2(2), 173. https://doi.org/10.24198/jpsp.v2i2.17691
Cohen, S., Mermelstein, R., Kamarck, T., & Hoberman, H. M. (1985). Measuring The Functional Components of Social Support: Theory, Research and Applications. Social Support : Theory, Research and Applications, 24, 73–94.
Hou, C., Wu, L., & Liu, Z. (2014). Effect of Proactive Personality and Decision-Making Self-Efficacy on Career Adaptability Among Chinese Graduates. Social Behavior and Personality: An International Journal, 42(6), 903–912. https://doi.org/10.2224/sbp.2014.42.6.903
Karacan-Özdemir, N. (2016). The Factors contribute to career adaptability of high school students [Ph.D. - Doctoral Program]. Middle East Technical University.
Koen, J., Klehe, U. C., & Van Vianen, A. E. M. (2012). Training career adaptability to facilitate a successful school-to-work transition. Journal of Vocational Behavior, 81(3), 395–408. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.10.003
Konstam, V., Celen-Demirtas, S., Tomek, S., & Sweeney, K. (2015). Career Adaptability and Subjective Well-Being in Unemployed Emerging Adults: A Promising and Cautionary Tale. Journal of Career Development, 42(6), 463–477. https://doi.org/10.1177/0894845315575151
Kracke, B. (2002). The role of personality, parents and peers in adolescents career exploration. Journal of Adolescence, 25(1), 19–30. https://doi.org/10.1006/jado.2001.0446
Djamba, Y. K., & Neuman, W. L. (2002). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Teaching Sociology, 30(3), 380.
Othman, R., Kamal, N. M., Alias, N. E., Ismail, S., & Sahiq, A. N. M. (2018). Positive Psychological Traits and Career Adaptability among Millennials. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 1420–1433. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i9/4706
Öztemel, K., & Yıldız-Akyol, E. (2019). The Predictive Role of Happiness, Social Support, and Future Time Orientation in Career Adaptability. Journal of Career Development, 48(3), 199–212. https://doi.org/10.1177/0894845319840437
Patton, W., & Lokan, J. (2001). Perspectives on Donald Super's Construct of Career Maturity. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 1, 31–48. https://doi.org/10.1023/A:1016964629452
Rosulin, R., & Paramita, P. P. (2016). Hubungan antara Hardiness dengan Adaptabilitas Karir pada Siswa SMK Kelas XII. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 5(1).
Santrock, J. W. (2013). Life-span development. McGraw-Hill Create
Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011
Sulistiani, W., Suminar, D. R., & Hendriani, W. (2019). The Career Adapt-Abilities Scale-Indonesian Form: Psychometric Properties and Construct Validity. Proceeding of the 4 th International Conference on Education. https://doi.org/10.17501/24246700.2018.4201
Wang, Z., & Fu, Y. (2015). Social support, social comparison, and career adaptability: A moderated mediation model. Social Behavior and Personality, 43(4), 649–659. https://doi.org/10.2224/sbp.2015.43.4.649
Wendlandt, N. M., & Rochlen, A. B. (2008). Addressing the college-to-Work transition: Implications for university career counselors. Journal of Career Development, 35(2), 151–165. https://doi.org/10.1177/0894845308325646
Young, C. (2012). Unemployment Insurance and Job Search Effort : Evidence from Random Audits. Manuscript, Stanford University. 1–30.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.