Pengaruh Regulasi Emosi dan Persepsi Dukungan Sosial terhadap Stres Akademik Mahasiswa yang Menyusun Skripsi
Unduhan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh regulasi emosi dan persepsi dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Partisipan penelitian ini adalah mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di beberapa perguruan tinggi di Indonesia dengan jumlah 197 partisipan. Pengumpulan data menggunakan metode survei dan alat ukur yang digunakan, antara lain Emotion Regulation Questionnaire milik Gross, Multidimensional Scale of Perceived Social Support milik Zimet dkk., dan Student-life Stress Inventory milik Gadzella yang telah dimodifikasi. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,028 (p<0,05) dan nilai R Square menunjukkan skor sebesar 0,036 berarti regulasi emosi dan persepsi dukungan sosial menyumbang 3,6% terhadap stres akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ditemukan adanya pengaruh negatif yang signifikan secara bersamaan terhadap regulasi emosi dan persepsi dukungan sosial terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.
Abbass, A. A. (2004). The case for specialty-specific core curriculum on emotions and health. Royal College Outlook, 1(4).
Adyafnita, R., & Khairani. (2019). Coping students in working on their thesis. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–6.
Alimah, C., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Masa Pandemi Covid-19. Character: Penelitian Psikologi, 8(2), 16.
Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi selama pandemi Covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(1), 212–223.
Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800
Bóo, S. J. M., Childs-Fegredo, J., Cooney, S., Datta, B., Dufour, G., Jones, P. B., & Galante, J. (2020). A follow-up study to a randomised control trial to investigate the perceived impact of mindfulness on academic performance in university students. Counselling and Psychotherapy Research, 20(2), 286–301. https://doi.org/10.1002/capr.12282
Castelein, S., Bruggeman, R., van Busschbach, J. T., Knegtering, H., der Gaag, M. van, & Wiersma, D. (2010). Predictor of successful participation in peer support groups for psychosis. Schizophrenia Research, 117(2–3), 276-277. https://doi.org/10.1016/j.schres.2010.02.446
Corno, L., & Anderman, E. M. (2015). Handbook of educational psychology: Third edition. In Handbook of Educational Psychology: Third Edition. https://doi.org/10.4324/9781315688244
Ermayanti, S., & Abdullah, S. M. (2011). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial dengan penyesuaian diri pada masa pensiun. Jurnal Insight. 5(2), 148-170
Gadzella, B. M. (1994). Student-Life Stress Inventory: identification of and reactions to stressors. Psychological reports, 74(2), 395–402. https://doi.org/10.2466/pr0.1994.74.2.395
Gross, J. J. (1998). The emerging field of emotion regulation: An integrative review. Review of General Psychology, 2(3). https://doi.org/10.1037//1089-2680.2.3.271
Gross, J. J. (2008). Handbook of Emotions - Chapter 31. In The Guilford Press.
Hardhito, R., & Leonardi, T. (2016). Gambaran self-regulated learning pada mahasiswa yang tidak menyelesaikan skripsi dalam waktu satu semester di fakultas psikologi universitas airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 5(1).
Hatari, S., & Setyawan, I. (2018). Hubungan antara self compasion dengan resiliensi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di universitas diponegoro. Empati, 7(1), 54-59.
Kusuma, T. Z. (2020). Pengaruh Persepsi Dukungan Supervison dan Regulasi Emosi Terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Karyawan di Masa Pandemi [Skripsi, UNIVERSITAS AIRLANGGA]..
Lavoué, E., Kazemitabar, M., Doleck, T., Lajoie, S. P., Carrillo, R., & Molinari, G. (2020). Towards emotion awareness tools to support emotion and appraisal regulation in academic contexts. Educational Technology Research and Development, 68(1), 269–292. https://doi.org/10.1007/s11423-019-09688-x
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, Appraisal, and Coping. In Health Psychology: A Handbook.
Marhamah, F., & Hamzah, H. B. (2017). The relationship between social support and academic stress among first year student at syiah kuala university. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(1). https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1487
Newcomb-Anjo, S. E., Villemaire-Krajden, R., Takefman, K., & Barker, E. T. (2017). The Unique Associations of Academic Experiences With Depressive Symptoms in Emerging Adulthood. Emerging Adulthood, 5(1), 75–80. https://doi.org/10.1177/2167696816657233
O'Neill, M., Yoder Slater, G., & Batt, D. (2019). Social work student Self-Care and academic stress. Journal of Social Work Education, 55(1). https://doi.org/10.1080/10437797.2018.1491359
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Patel, J., & Patel, P. (2019). Consequences of Repression of Emotion: Physical Health, Mental Health and General Well Being. International Journal of Psychotherapy Practice and Research, 1(3), 16–21. https://doi.org/10.14302/issn.2574-612x.ijpr-18-2564
Pfeiffer, J. P., Pinquart, M., & Krick, K. (2016). Social relationships, prosocial behaviour, and erceived social support in students from boarding schools. Canadian Journal of School Psychology, 31(4). https://doi.org/10.1177/0829573516630303
Putri, E. S. (2020). Hubungan Antara Perceived Social Support Dengan Self-Compassion Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Program Studi Psikologi Pada Universitas Airlangga [Skripsi, UNIVERSITAS AIRLANGGA]
Rachmawati, A., & Cahyanti, I. Y. (2021). Strategi Regulasi Emosi terhadap Stres Akademis selama Menjalani Kuliah Daring di Masa Pandemi Covid-19. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 96. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24653
Rayle, A. D., & Chung, K. Y. (2007). Revisiting first-year college students' mattering: Social support, academic stress, and the mattering experience. Journal of College Student Retention: Research, Theory and Practice, 9(1), 21–37. https://doi.org/10.2190/X126-5606-4G36-8132
Reddy, K. J., Menon, K. R., & Thattil, A. (2018). Academic stress and its sources among university students. Biomedical and Pharmacology Journal, 11(1), 531–537. https://doi.org/10.13005/bpj/1404
Roelyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimisme terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29–37.
Safitri, D., Purwandari, D., Yuniani, H., & Siregar, D. (2021). Model of Empathic Communication for Final Year Students Suffering Anxiety from Final Assignment During Covid-19 Pandemic. https://doi.org/10.4108/eai.10-11-2020.2303361
Salovey, P., & Sluyter, D. (1997). Emotional Development and Emotional Intelligence. In A Division of Harper Collins Publishers.
Saputri, K. A., & Sugiharto, D. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy Dan Social Support Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Akhir Penyusun Skripsi Di FIP UNNES Tahun 2019. KONSELING EDUKASI "Journal of Guidance and Counseling,” 4(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v3i2.6010
Sarafino, E. P., & Smith. (2011). Health psychology: biopsychological interactions (7th ed). In International Statistical Review / Revue Internationale de Statistique (Vol. 47, Nomor 1).
Sari, P., Bulantika, S. Z., Dewantari, T., & Rimonda, R. (2020). Effects of Stress Coping and Emotion Regulation on Student Academic Stress. KONSELI : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 7(1), 73–80. https://doi.org/10.24042/kons.v7i1.6300
Sarina, N. Y. (2012). Hubungan antara Stres Akademis dan psychological well-being pada mahasiswa tahun pertama Universitas Indonesia [Skripsi, Universitas Airlangga].
Savarese, G., Pecoraro, N., Fasano, O., Mollo, M., Iannaccone, A., Manzi, F., & Curcio, L. (2019). Perceived Social Support and Clinical Symptomatology in Italian University Students. Global Journal of Guidance and Counseling in Schools: Current Perspectives, 9(3), 90–94. https://doi.org/10.18844/gjgc.v9i3.4121
Seawell, A. H., Cutrona, C. E., & Russell, D. W. (2014). The Effects of General Social Support and Social Support for Racial Discrimination on African American Women's Well-Being. Journal of Black Psychology, 40(1). https://doi.org/10.1177/0095798412469227
Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020). Effects of COVID-19 on college students' mental health in the United States: Interview survey study. Journal of Medical Internet Research, 22(9). https://doi.org/10.2196/21279
Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa STKIP PGRI sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2). https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937
Utami, M. S., Shalihah, M., & Adhiningtyas, N. P. (2020). Gratitude Cognitive Behavior Therapy ( G-CBT ) to Reduce College Students' Academic Stress. Jurnal Psikologi, 47(2), 137–150. https://doi.org/10.22146/jpsi.43730
Westefeld, J. S., Casper, D., Galligan, P., Gibbons, S., Lustgarten, S., Rice, A., Rowe-Johnson, M., & Yeates, K. (2015). Suicide and Older Adults: Risk Factors and Recommendations. Journal of Loss and Trauma, 20(6). https://doi.org/10.1080/15325024.2014.949154
Wilks, S. E. (2008). Resilience amid Academic Stress: The Moderating Impact of Social Support among Social Work Students. Advances in Social Work, 9(2), 106–125. https://doi.org/10.18060/51
Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal SosioHumaniora, 5(1).
Zeidner, M. (2015). Anxiety in Education. In International Handbook of Emotions in Education. https://doi.org/10.4324/9780203148211.ch14
Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.