Perbedaan Employability Mahasiswa Magang Merdeka dengan Program Magang Lainnya
Unduhan
Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan mahasiswa yang mengikuti program Magang Merdeka dan magang reguler pada aspek-aspek employability berdasarkan kerangka teori Dacre Pool, Qualter, & Sewell. Analisis uji beda (t-test) dilakukan terhadap kedua kelompok partisipan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan skor employability di antara kedua kelompok partisipan hanya ditemui pada aspek work & life experience (t(240)=2,29; p=0,018; Cohen's d=0,3; 95% CI [0,128; 1,376]). Sementara, pada keempat aspek lainnya tidak ditemukan bukti perbedaan yang signifikan di antara kedua kelompok. Temuan ini penting untuk ditindaklanjuti dalam perumusan kurikulum program magang berikutnya.
Badan Pusat Statistik. (2020). Keadaan angkatan kerja di Indonesia. Badan Pusat Statistik Indonesia.
Binder, J. F., Baguley, T., Crook, C., & Miller, F. (2015). The academic value of internships: Benefits across disciplines and student backgrounds. Contemporary Educational Psychology, 41, 73–82. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2014.12.001
Canzittu, D. (2022). A framework to think of school and career guidance in a VUCA world. British Journal of Guidance & Counselling, 50(2), 248–259. https://doi.org/10.1080/03069885.2020.1825619
Dacre Pool, L., Qualter, P., & J. Sewell, P. (2014). Exploring the factor structure of the CareerEDGE employability development profile. Education + Training, 56(4), 303–313. https://doi.org/10.1108/ET-01-2013-0009
Dirjen Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar”Kampus Merdeka. Dirjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Hillage, J., & Pollard, E. (1998). Employability: Developing a framework for policy analysis. Department for Education and Employment.
Holmes, L. (2013). Competing perspectives on graduate employability: Possession, position or process? Studies in Higher Education, 38(4), 538–554. https://doi.org/10.1080/03075079.2011.587140
Irwin, A., Nordmann, E., & Simms, K. (2019). Stakeholder perception of student employability: Does the duration, type and location of work experience matter? Higher Education, 78(5), 761–781. https://doi.org/10.1007/s10734-019-00369-5
Jackson, D., & Bridgstock, R. (2021). What actually works to enhance graduate employability? The relative value of curricular, co-curricular, and extra-curricular learning and paid work. Higher Education, 81(4), 723–739. https://doi.org/10.1007/s10734-020-00570-x
Jeske, D., & Linehan, C. (2020). Mentoring and skill development in e-Internships. Journal of Work-Applied Management, 12(2), 245–258. https://doi.org/10.1108/JWAM-09-2019-0028
Kornelakis, A., & Petrakaki, D. (2020). Embedding employability skills in UK higher education: Between digitalization and marketization. Industry and Higher Education, 34(5), 290–297. https://doi.org/10.1177/0950422220902978
McHugh, P. P. (2017). The impact of compensation, supervision and work design on internship efficacy: Implications for educators, employers and prospective interns. Journal of Education and Work, 30(4), 367–382. https://doi.org/10.1080/13639080.2016.1181729
Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7th ed.). Pearson Education Limited.
Pallant, J. (2016). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS (6th ed.). McGraw Hill Education.
Small, L., Shacklock, K., & Marchant, T. (2018). Employability: A contemporary review for higher education stakeholders. Journal of Vocational Education & Training, 70(1), 148–166. https://doi.org/10.1080/13636820.2017.1394355
Super, D. E., & Jordan, J. P. (1973). Career development theory. British Journal of Guidance & Counselling, 1(1), 3–16. https://doi.org/10.1080/03069887308259333
Tim Microcredential. (2021). Panduan singkat magang dan studi independen bersertifikat untuk mahasiswa. Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
World Economic Forum. (2020). The future of jobs report 2020. World Economic Forum.
Hak Cipta (c) 2022 Bintang Eka Putri, Dimas Aryo Wicaksono
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.