Emosia: Media Edukasi Emosi pada Anak dengan Autism Spectrum Disorder
Unduhan
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan penggunaan aplikasi Emosia sebagai media pengenalan emosi dasar pada anak-anak Indonesia dengan kondisi Autism Spectrum Disorder (ASD), sekaligus mengetahui nilai guna aplikasi bagi psikolog, terapis, serta orangtua. Emosia adalah aplikasi smartphone-mobile yang diciptakan dengan tujuan untuk menciptakan pembelajaran mengenal emosi dasar bagi anak Indonesia dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) yang memengaruhi lebih dari 1:54 anak di Indonesia. Aplikasi Emosia diciptakan dengan metode research & development yang terdiri dari planning, production, dan evaluation. Proses evaluasi dilakukan dengan bantuan 5 pihak ahli sebagai bentuk expert judgement dengan alat skala Likert yang memiliki rentang 1-5. Hasilnya, Emosia mencapai nilai 71,67% di skala Likert, yang menandakan bahwa aplikasi ini memiliki kualitas media pembelajaran yang baik. Beberapa evaluasi seperti penggunaan model yang mungkin dapat membuat distraksi pada user dan pentingnya bimbingan orangtua atau pendamping juga diberikan sebagai saran pengembangan aplikasi.
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (5th ed.). American Psychiatric Association. https://doi.org/10.1176/appi.books.9780890425596
Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Baron-Cohen, S., Golan, O., & Ashwin, E. (2009). Can emotion recognition be taught to children with autism spectrum conditions? Philosophical Transactions of the Royal Society B: Biological Sciences, 364, 3567–3574. https://doi.org/10.1098/rstb.2009.0191
de Urturi, Z. S., Zorrilla, A. M., & Zapirain, B. G. (2011). Serious Game based on first aid education for individuals with Autism Spectrum Disorder (ASD) using android mobile devices. Proceedings of the 2011 16th International Conference on Computer Games, 223–227. https://doi.org/10.1109/CGAMES.2011.6000343
FK-KMK UGM. (2019). Kenali Autisme Sejak Dini. https://fkkmk.ugm.ac.id/kenali-autisme-sejak-dini/
Gauthier, I., Skudlarski, P., Gore, J. C., & Anderson, A. W.. (2000). Expertise for cars and birds recruits brain areas involved in face recognition. Nature Neuroscience, 3(2), 191–197. https://doi.org/10.1038/72140
Golan, O., Ashwin, E., Granader, Y., McClintock, S., Day, K., Leggett, V., & Baron-Cohen, S. (2010). Enhancing emotion recognition in children with autism spectrum conditions: An intervention using animated vehicles with real emotional faces. Journal of Autism and Developmental Disorders, 40(3), 269–279. https://doi.org/10.1007/s10803-009-0862-9
Gustiani, S. (2019). Research and Development (R&D) Method as a Model Design in Educational Research and Its Alternatives. Holistics, 11(2), 13–14. https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/holistic/article/view/1849
He, Y., Su, Q., Wang, L., He, W., Tan, C., Zhang, H., Ng, M. L., Yan, N., & Chen, Y. (2019). He, Y., Su, Q., Wang, L., He, W., Tan, C., Zhang, H., Ng, M. L., Yan, N., & Chen, Y. (2019). The Characteristics of Intelligence Profile and Eye Gaze in Facial Emotion Recognition in Mild and Moderate Preschoolers With Autism Spectrum Disorder. Frontiers in Psychiatry, 10(402). https://doi.org/10.3389/fpsyt.2019.00402
Maenner, M. J., Shaw, K. A., Baio, J., EdS1, Washington, A., Patrick, M., DiRienzo, M., Christensen, D. L., Wiggins, L. D., Pettygrove, S., Andrews, J. G., Lopez, M., Hudson, A., Baroud, T., Schwenk, Y., White, T., Rosenberg, C. R., Lee, L.-C., Harrington, R. A., ... Dietz, P. M. (2020). (2020). Prevalence of Autism Spectrum Disorder Among Children Aged 8 Years-Autism and Developmental Disabilities Monitoring Network, 11 Sites, United States, 2016. MMWR. Surveillance Summaries, 69(4), 1–12. https://doi.org/10.15585/mmwr.ss6904a1
Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research: Methods, strategies, and issues. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203826034
Vasilevska Petrovska, I., & Trajkovski, V. (2019). Effects of a Computer-Based Intervention on Emotion Understanding in Children with Autism Spectrum Conditions. Journal of Autism and Developmental Disorders, 49(10), 4244–4255. https://doi.org/10.1007/s10803-019-04135-5
Hak Cipta (c) 2022 Wahyu Cahyono Putro, Arya Widyatamaka, Muchlisah Audina Sudirman, Nidya Almira Xavier Herda Putri, Yoga Santoso Putra, Pramesti Pradna Paramita
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.