Asal Terkenal, Bisa Terpilih: Peran Political Parasocial Relationship terhadap Voting Tendencies Pada Pemilih Pemula
Unduhan
Tokoh politik ataupun kandidat dapat membuat persona di media untuk menarik pemilih dan mempertahankan kesetiaan yang didasarkan pada hubungan parasosial. Hubungan parasosial pada dasarnya adalah konsep yang sudah ada sejak lama dan sekarang berkembang serta memperluas jangkauannya kearah politik. Saat ini, mulai bermunculan studi mengenai hubungan parasosial dengan voting tendencies pada tokoh politik ataupun kandidat pada pemilih pemula serta faktor-faktor yang memperkuat atau memperlemah hubungan parasocial. Melalui systematic review. Hasil penelitian menunjukkan bahawasannya terdapat hubungan yang kuat antara parasocial relationship dengan voting tendencies, terutama pada pemilih pemula. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi kekuatan parasocial relationship guna meningkatkan elektabilitas adalah media exposure, celebrity endorsement, narrative transportation, persona kandidat di media. Adapun kekurangan pada studi ini adalah sumber jurnal yang masih banyak yang berasal dari Amerika Serikat dibandingkan dengan negara-negara lain. Maka topik ini masih sangat menarik untuk diteliti lebih lanjut.
PUSTAKA ACUAN
Asmoro, A., Pradekso, T., & Yulianto, M. (2014). Pengaruh Terpaan Kampanye Cagub Cawagub, Intensitas Komunikasi Politik di dalam Keluarga, dan Kelompok Referensi terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula pada Pilgub Jateng 2013. Interaksi Online, 2(1): Januari 2014.
Carrington, V. (2020). Parasocial and Group Attitudes in a Political Context: Does a personable politician improve group acceptance? Harvard University Division of Continuing Education.
Centeno, D. (2010). Celebrification in Philippine politics: Exploring the relationship between celebrity endorser's para sociability and the public's voting behavior. Social Science Diliman, 6, 66–85.
Cohen, J., & Holbert, R. L. (2018). Assessing the Predictive Value of Parasocial Relationship Intensity in a Political Context. Communication Research, 48(4), 009365021875944. https://doi.org/10.1177/0093650218759446
Dunn, S. G. S., & Nisbett, G. S. (2014). Parasocial Interactions Online: Candidate Intimacy in Web Pages and Facebook. The Journal of Social Media in Society, 3(2).
Dunn, S., & Sinclair, J. (2008). The effect of narratives on perceptions of parasocial relations and candidate trust in political advertising. American Academy of Advertising.
Gabriel, S., ParavatiÆ’, E., Green, M. C., & Flomsbee, J. (2018). From apprentice to president: The role of parasocial connection in the election of donald trump. Social Psychological and Personality Science, 9(3), 299–307. https://doi.org/10.1177/1948550617722835
Giulia Caprini. (2023). Does candidates' media exposure affect vote shares? Evidence from Pope breaking news. Journal of Public Economics, 220, 104847–104847. https://doi.org/10.1016/j.jpubeco.2023.104847
Hakim, M. (2018). Measuring the feeling of distant intimacy with politicians: Development, construct validity, and replicability of the parasocial relationship with a political figure (PSR-P) scale. https://doi.org/10.31234/osf.io/mcwsg
Harff, D. (2022). Political Content from Virtual "Friends'': How Influencers Arouse Young Women's Political Interest via Parasocial Relationships. The Journal of Social Media in Society, 11(2).
Horton, D., & Richard Wohl, R. (1956). Mass Communication and Para-Social Interaction: Observations on intimacy at a distance. Psychiatry, 19(3), 215–229. https://doi.org/10.1080/00332747.1956.11023049
Kata Data, & Lavinda. (2023, May 16). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215 Juta Jiwa pada 2023, Naik 1,17%. Katadata.co.id; https://katadata.co.id/lavinda/digital/646342df38af1/apjii-pengguna-internet-indonesia-215-juta-jiwa-pada-2023-naik-1-17
Kim, J., & Song, H. (2016). Celebrity's self-disclosure on Twitter and parasocial relationships: A mediating role of social presence. Computers in Human Behavior., 62, 570–577. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.03.083
Marmor-Lavie, & Weimann, G. (2008). Intimacy appeals in Israeli televised political advertising. Political Communication, 25, 249–268. https://doi.org/10.1080/10584600802197327
Nisbett, G., & Schartel Dunn, S. (2021). Reputation matters: parasocial attachment, narrative engagement, and the 2018 Taylor Swift political endorsement. Atlantic Journal of Communication, 29(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/15456870.2019.1704758
Nisbett, G. S., & DeWalt, C. C. (2016). Exploring the influence of celebrities in politics: A focus group study of young voters. Atlantic Journal of Communication, 24(3), 144–156. https://doi.org/10.1080/15456870.2016.1184664
Noor, R. M. (2017). Pengaruh terpaan iklan partai perindo dan berita seputar partai perindo di televisi terhadap persepsi pemilih pemula mengenai partai perindo. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 38–45. https://doi.org/10.14710/interaksi.6.2.38-45
Nua, F. (2023, April). Jumlah Pemilih Muda Capai 60, Bakal Jadi Penentu Pemilu 2024. Media Indonesia.
Onwuegbuzie, A. J., & Frels, R. (2016). 7 Steps to A Comprehensive Literature Review: A Multimodal & Cultural Approach. Sage Publications.
Page, M. J., McKenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., Shamseer, L., Tetzlaff, J. M., Akl, E. A., Brennan, S. E., Chou, R., Glanville, J., Grimshaw, J. M., Hróbjartsson, A., Lalu, M. M., Li, T., Loder, E. W., Mayo-Wilson, E., McDonald, S., ... Moher, D. (2021). The PRISMA 2020 statement: An updated guideline for reporting systematic reviews. BMJ, n71. https://doi.org/10.1136/bmj.n71
Sulistyo, P.D. (2022, Maret 16). Adaptasi Partai Politik untuk Membidik Pemilih Muda. Kompas.id; Harian Kompas.
Saabar, S. S. (2014). A Survey on Young Voters' Trust towards the Campaign of Janji Ditepati before the 13th General Election. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 155, 442–447. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.10.319
Sofianto, A. (2015). The Role of Religion in Voters' Preference During General Election 2014 in Central Java DI JAWA TENGAH. Analisa, 22(2), 161-172.
Tsfati, Y., Cohen, J., Dvir-Gvirsman, S., Tsuriel, K., Waismel-Manor, I., & Holbert, R. L. (2021). Political Para-Social Relationship as a Predictor of Voting Preferences in the Israeli 2019 Elections. Communication Research, 49(8), 1118–1147. https://doi.org/10.1177/00936502211032822
Hak Cipta (c) 2023 Lintang Kheisa Permana, Ilham Nur Alfian

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.