Pengaruh Growth Mindset dan Resiliensi terhadap Learning Agility pada Karyawan Startup Company
Unduhan
Di dunia yang terus berubah dengan cepat seperti saat ini, startup menghadapi tantangan besar dalam menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi, ekonomi, dan lingkungan, agar dapat terus bersaing dalam dunia bisnis. Untuk meningkatkan keunggulan bersaing di tengah perubahan, startup yang identik dengan pergerakan bisnis yang cepat memerlukan karyawan yang mampu beradaptasi dengan lincah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari growth mindset dan resiliensi terhadap learning agility pada karyawan di salah satu perusahaan startup yang bergerak di bidang kesehatan mental di Surabaya. Penelitian cross-sectional berbentuk survei dilakukan dengan melibatkan 50 karyawan. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa growth mindset dan resiliensi memiliki pengaruh positif terhadap learning agility. Dengan demikian, perusahaan startup dapat menerapkan intervensi berupa pelatihan tentang growth mindset dan resiliensi untuk dapat meningkatkan learning agility karyawannya sehingga dapat terus bersaing di industri bisnis.
Adrian, A. (2022, Juni 3). Menilik Data Keberadaan Startup Indonesia di Tengah Maraknya PHK. Kumparan Bisnis.
Anita, S. Y. (2022). Analisis Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(01), 352–362. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i1.3912
Connor, K., & Davidson, J. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, September. https://doi.org/10.1002/da.10113
Dank, N., & Hellström, R. (2020). Agile HR: Deliver Value in a Changing World of Work. Kogan Page.
Derue, D. S., Ashford, S. J., & Myers, C. G. (2012). Learning Agility: In Search of Conceptual Clarity and Theoretical Grounding. Industrial and Organizational Psychology: Perspectives on Science and Practice, 5(3), 258–279. https://doi.org/10.1111/j.1754-9434.2012.01444.x
Dweck, C. S. (2006). Mindset. The Random House Publishing Group.
Hendrarso, P. (2020). Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Perguruan Tinggi menuju Era VUCA : Studi Fenomenologi Pada Perguruan Tinggi Swasta. Prosiding Seminar Stiami, 7(2), 1–11.
Hezlett, S. A., & Kuncel, N. R. (2012). Prioritizing the Learning Agility Research Agenda. Industrial and Organizational Psychology: Perspectives on Science and Practice, 5(3), 296–301. http://dx.doi.org/10.1111/j.1754-9434.2012.01449.x
Ifari, A. R. (2021). Pengaruh Learning Agility terhadap Kinerja Karyawan Customer Service Representative di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara.
Lombardo, M. M., & Eichinger, R. W. (2000). High Potentials as High Learners. Human Resource Management, 39(4), 321–330. https://doi.org/10.1002/1099-050X(200024)39:43.0.CO;2-1
Masten, A. S. (2001). Resilience Process in Development. American Psychological Association, 56(3), 227–238. https://doi.org/10.1037//0003-066X.56.3.227
MeQuilibrium. (2019). Resilience and Agility: The Dynamic Duo for the New World of Work. New Life Solution, Inc.
Miller, C. (2016). Expectations Create Outcomes: Growth Mindsets in Organizations.
Mitchinson, A., & Morris, R. (2014). Learning About Learning Agility. https://doi.org/10.35613/ccl.2014.1012
Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Pearson Education Limited.
Park, Y., Lim, D. H., & Lee, J. Y. (2022). Internal Marketability, External Marketability, and Career Resilience: The Mediating Role of Learning Agility. Sustainability, 14(16447), 1–14. https://doi.org/10.3390/su142416447
Rahardi, D., Nurbaiti, B., & Fauzi, A. (2022). The Effect of Job Satisfaction, Learning Agility and Resilience on Performance with Work Stress as an Intervening Variable in Sales Department Employees of PT Burgasari Flour Mills Indonesia during the Covid-19 Pandemic. Dinasti International Journal of Management Science, 3(4), 715–724. https://doi.org/10.31933/dijms.v3i4.1139
Ries, E. (2011). The Lean Startup: How Today's Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesse. Crown Business.
Rosana, F. C., & Akbar, C. (2022, Mei 26). Persaingan Ketat, Startup Hadapi Musim Paceklik? Tempo.co.
Saifuddin. (2018). Hubungan antara Resiliensi dengan Produktivitas Kerja pada Karyawan Perusahaan Telekomunikasi PT. Cendana Teknika Utama. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Schmidt, L. (2021). Redefining HR: Transforming People Teams to Drive Business. Kogan Page.
Scisco, P., Biech, E., & Hallenbeck, G. (2017). COMPASS: Your Guide for Leadership Development and Coaching. CCL Press.
Sembiring, T. (2017). Konstruksi Alat Ukur Mindset. Humanitas: Jurnal Psikologi, 1(1), 53–60. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i1.402
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatitif dan R&D. Alfabeta.
Tamara, A. F., Maulidan, A. S., Alkatili, A. A., Musyaffa, F. L., & Husniyah, N. (2021). Design Thinking as a Strategy in Facing VUCA. Indonesian Journal of Digital Business, 1(2), 23–26.
Vandewalle, D. O. N. (2012). A Growth and Fixed Mindset Exposition of the Value of Conceptual Clarity. Industrial and Organizational Psychology: Perspectives on Science and Practice, 301–305. http://dx.doi.org/10.1111/j.1754-9434.2012.01450.x
Wagnild, G. M., & Young, H. M. (1993). Development and Psychometric Evaluation of the Resilience Scale. Journal of nursing measurement.
Yuniar, I. G. A. A. Y., Nurtjahjanti, H., & Rusmawati, D. (2007). Hubungan antara Kepuasan Kerja dan Resiliensi dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Karyawan Kantor Pusat PT. BPD Bali. Jurnal Psikologi Undip, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.14710/jpu.9.1
Hak Cipta (c) 2023 Gresika Tabitha Vinesian, Reza Lidia Sari
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.