Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Produk di Aplikasi TikTok pada Generasi Z
Unduhan
Studi kualitatif ini mengeksplorasi proses pengambilan keputusan pembelian pada Generasi Z saat berbelanja online melalui aplikasi TikTok. Menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini menelusuri pengalaman subjektif individu dalam proses tersebut. Melalui teknik criterion based, partisipan berusia 16-22 tahun dengan akun TikTok dan pengalaman pembelian online dipilih. Data dikumpulkan melalui wawancara, dengan fokus pada identifikasi tema utama dalam pengambilan keputusan. Temuan menunjukkan bahwa faktor seperti keinginan, perilaku impulsif, rasa percaya diri, pencarian informasi, dan fitur-fitur dalam aplikasi TikTok memengaruhi proses pengambilan keputusan. Partisipan merasa puas setelah berhasil membeli, namun merasa tidak puas ketika keterbatasan finansial menghalangi pembelian yang diinginkan. Studi ini memberikan wawasan mendalam tentang perilaku belanja online Generasi Z melalui TikTok.
Afiah, N., Hasan, M., S, R., & Arisah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi TikTok dalam Meningkatkan Penjualan UMKM Sektor Kuliner di Kota Makassar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(4), 1257. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040
Braun, V., & Clarke, V. (2013). Successful qualitative research: A practical guide for beginners. SAGE.
Candra Irawan, I. (2020). Analisis e-marketing terhadap keputusan pembelian konsumen secara online. Journal of Business and Banking, 9(2), 247. https://doi.org/10.14414/jbb.v9i2.1907
Edi, F. R. S. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. Penerbit LeutikaPrio.
Forsythe, S., Liu, C., Shannon, D., & Gardner, L. C. (2006). Development of a scale to measure the perceived benefits and risks of online shopping. Journal of Interactive Marketing, 20(2), 55–75. https://doi.org/10.1002/dir.20061
Francis, T., & Hoefel, F. (2018). ‘True Gen’: Generation Z and its implications for companies.
Hermawan, H. (2017). SIKAP KONSUMEN TERHADAP BELANJA ONLINE. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(1), 136. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i1.6
Koesoemaningsih, R. (2013). Pengaruh budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih pendidikan pada prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Soerjo Ngawi. Media Soerjo, 13(2), 1–21.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of Marketing. Pearson.
Liang, T.-P., & Lai, H.-J. (2002). Effect of store design on consumer purchases: An empirical study of on-line bookstores. Information & Management, 39(6), 431–444. https://doi.org/10.1016/S0378-7206(01)00129-X
Maddalena, S. (2024, Januari 31). Digital 2024. We Are Social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2024/01/digital-2024/
Martinelli, I., Saputra, V., William, L., & Licardi, S. (2023). TANGGUNG JAWAB HUKUM ATAS KONSUMEN DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE TERHADAP KESESUAIAN PEMBELIAN PRODUK PADA VIDEO PROMOSI PLATFORM TIKTOK DI INDONESIA. UNES Law Review, 5(4), Article 4. https://doi.org/10.31933/unesrev.v5i4.576
Maruster, L. (2013). Qualitative research methods (1st ed). SAGE Publications.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Erlangga, 90, 16–38.
Pratama, H. C. (2012). Cyber Smart Parenting: Kiat Sukses Menghadapi dan Mengasuh GENERASI DIGITAL. Visi Press.
Shelviana, M., Rahadhini, M. D., & Wibowo, E. (2019). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), 70(8), 827– 838.
Ulfa, W. S., & Fikriyah, K. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Muslim di Tiktok Shop. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(2), 106–118. https://doi.org/10.26740/jekobi.v5n2.p106-118
Ulfatin, N. (2022). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Ulya, H. F., & Anggraini, C. N. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Media Pada Mahasiswa Konsumtif Fenomena Konten “Racun TikTok” (Penelitian Fenomenologi pada Mahasiswa Telkom University). Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 8(3), 540–548. https://doi.org/10.35870/jtik.v8i3.2030
Wang, Y., & Ruhe, G. (2007). The Cognitive Process of Decision Making: International Journal of Cognitive Informatics and Natural Intelligence, 1(2), 73–85. https://doi.org/10.4018/jcini.2007040105
Wirokarto, D. A. (2013). Online branding to generation Z [Master Thesis, Instituto Universitário de Lisboa]. https://repositorio.iscte-iul.pt/handle/10071/8122
Hak Cipta (c) 2024 Nadhira Halizah Putri, Ilham Nur Alfian
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.