AIGenducation: Dampak dan Strategi Menghadapi Revolusi Industri 5.0 pada Siswa Berbasis Value Expectancy Theory
Unduhan
Kecerdasan buatan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas manusia, terutama dalam revolusi industri 5.0. Namun, penggunaan AI dalam dunia pendidikan memiliki risiko seperti penggunaan AI yang berlebihan sehingga menimbulkan ketergantungan, kemalasan dalam belajar, dan meningkatnya plagiarisme. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain konvergen paralel. Analisis korelasi Pearson dilakukan untuk mengetahui korelasi antara pengetahuan tentang AI terhadap motivasi belajar dan plagiarisme internet, serta korelasi antara pengetahuan, persepsi nilai, dan persepsi biaya terhadap niat untuk menggunakan AI. Melihat hubungan antara pengetahuan tentang AI sebagai variabel independen terhadap motivasi belajar dan plagiarisme internet sebagai variabel dependen serta peran mediasi dari Niat Menggunakan AI melalui GLM Mediation Models. Penelitian kuantitatif ini menerima empat dan menolak tiga hipotesis. Penelitian kualitatif mengungkapkan faktor, dampak, dan strategi penggunaan GAI dalam lingkup pendidikan.
Afrita, J. (2023). Peran Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sistem Pendidikan. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 2(12), 3181–3187. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i12.731
Annur, C. M. (2024). Survei: ChatGPT Jadi Aplikasi AI Paling Banyak Digunakan di Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/infografik/2023/06/26/survei-chatgpt-jadi-aplikasi-ai-paling-banyak-digunakan-di-indonesia
Anugraheni, A. R., Seprina, C. A., Paramitasari, S. P., Kurnia, V., & Husna, A. N. (2019). Skala Motivasi Belajar: Konstruksi dan Analisis Psikometri.
Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2019). Jumlah Sekolah, Guru, dan Murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur, 2018/2019. https://jatim.bps.go.id/id/statistics-table/3/ZHpkb1ZtcDNZV2RHTlUweVdFZ3JhVkl3Ym1ScVp6MDkjMw==/jumlah-sekolah--guru--dan-murid-sekolah-menengah-pertama--smp--di-bawah-kementerian-pendidikan--kebudayaan--riset--dan-teknologi-menurut-kabupaten-kota-di-provi
Badan Pusat Statistik Jawa Timur. (2023). Jumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur 2021/2022 dan 2022/2023. https://jatim.bps.go.id/en/statistics-table/1/Mjk1NCMx/jumlah-sekolah-menengah-atas-sma-di-bawah-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-timur-2021-2022-dan-2022-2023.html
Chan, C. K. Y., & Zhou, W. (2023). An expectancy value theory (EVT) based instrument for measuring student perceptions of generative AI. Smart Learning Environments, 10(1), 64. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00284-4
Chen, B., Zhu, X., & Díaz Del Castillo H., F. (2023). Integrating generative AI in knowledge building. Computers and Education: Artificial Intelligence, 5, 100184. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100184
Cotton, D. R. E., Cotton, P. A., & Shipway, J. R. (2024). Chatting and cheating: Ensuring academic integrity in the era of ChatGPT. Innovations in Education and Teaching International, 61(2), 228–239. https://doi.org/10.1080/14703297.2023.2190148
Eret, E., & Ok, A. (2014). Internet plagiarism in higher education: Tendencies, triggering factors and reasons among teacher candidates. Assessment & Evaluation in Higher Education, 39(8), 1002–1016. https://doi.org/10.1080/02602938.2014.880776
Fauziyati, W. R. (2023). Dampak penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4).
Fernández-Martínez, C., Hernán-Losada, I., & Fernández, A. (2021). Early Introduction of AI in Spanish Middle Schools. A Motivational Study. KI - Künstliche Intelligenz, 35(2), 163–170. https://doi.org/10.1007/s13218-021-00735-5
Ghofir, A. (2023). KAMPANYE “ETIKA DI DUNIA MAYA” UNTUK MASYARAKAT GEN-Z. ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment, 4(2), 67. https://doi.org/10.33021/aia.v4i2.1665
Hananto, A. (2019). Mengapa Adopsi Artificial Intelligence Indonesia Tertinggi di Asia Tenggara? https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/11/04/mengapa-adopsi-artificial-intelligence-indonesia-tertinggi-di-asia-tenggara
Hartanto, A. Y., & Rohmah, F. N. (2024). Makin Marak Siswa Pakai AI untuk Mengerjakan Tugas. https://tirto.id/penggunaan-ai-di-dunia-pendidikan-makin-marak-dan-merata-gZax
Johri, A., Lindsay, E., & Qadir, J. (2023). Ethical Concerns and Responsible Use of Generative Artificial Intelligence in Engineering Education: SEFI Conference 2023. SEFI 2023 - 51st Annual Conference of the European Society for Engineering Education, 2244–2253. https://doi.org/10.21427/0T6R-FZ62
Julianto, T. S., & Ratumanan, S. (2023). Pemanfaatan Generatif AI dalam Pembelajaran Bahasa untuk Siswa SD: Pendekatan Inovatif dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis. Bima Journal of Elementary Education, 1(2), 48–52. https://doi.org/10.37630/bijee.v1i2.1224
Mayasari, N., Dewantara, R., & Yuanti, Y. (2023). Pengaruh Kecerdasan Buatan dan Teknologi Pendidikan terhadap Peningkatan Efektivitas Proses Pembelajaran Mahasiswa di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan West Science, 1(12). https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i12.863
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE.
Nguyen, H. M., & Goto, D. (2024). Unmasking academic cheating behavior in the artificial intelligence era: Evidence from Vietnamese undergraduates. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12495-4
Nugraha, I. (2024). Jejak Kecerdasan Buatan Dalam Pengerjaan Tugas Sekolah di Jenjang Pendidikan Menengah. Jurnal Pendidikan Transformatif, 3(2). 132–138.
Rochim, A. A. (2024). Kecerdasan Buatan: Resiko, Tantangan Dan Penggunaan Bijak Pada Dunia Pendidikan. Antroposen: Journal of Social Studies and Humaniora, 3(1), 13–25. https://doi.org/10.33830/antroposen.v3i1.6780
Ronsumbre, S., Rukmawati, T., Sumarsono, A., & Waremra, R. S. (2023). Pembelajaran Digital Dengan Kecerdasan Buatan (AI): Korelasi AI Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1464–1474. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5761
Ruslan, Kaswar, A. B., & Hardjo, M. F. R. M. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi ChatGPT dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 2 Bantaeng. JIMU:Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(04), 925–933. https://doi.org/10.70294/jimu.v2i04.462
Santika, E. F. (2023). 15 Provinsi dengan Indeks Literasi Digital Tertinggi, Siapa Juaranya? https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/0a7396dc593cf83/15-provinsi-dengan-indeks-literasi-digital-tertinggi-siapa-juaranya
Sugiono, S. (2024). Proses Adopsi Teknologi Generative Artificial Intelligence dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Teori Difusi Inovasi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(1), 110–133. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4859
UNESCO. (2023). Guidance for generative AI in education and research. https://www.unesco.org/en/open-access/cc-sa
Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., Ilhami, A., & Diniya. (2020). Mixed Methods Research: Trends and Issues in Research Methodology. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 63–73. https://doi.org/10.55748/bjel.v1i2.35
Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022
Hak Cipta (c) 2024 Keishya Shalisa Julius, Nadhira Halizah Putri, Angela Ahmad Ibadi, Vania Wynnemaida, Harnum Widya Candra Kirana, Herdina Indrijati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
BRPKM adalah terbitan berkala dengan akses terbuka Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0) sehingga hak cipta tetap berada di tangan penulis.
Dengan lisensi ini, siapapun berhak menggunakan informasi dan melakukan re-distribusi konten yang dimuat dalam jurnal ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Hal tersebut dapat dilakukan selama memenuhi dua kondisi, yaitu; (1) anda harus memberikan atribusi dengan mengutip sumber tautan aslinya, dan menyatakan apabila ada perubahan yang dilakukan; dan (2) anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum dapat membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan oleh lisensi ini.
Redaksi jurnal tidak akan meminta penulis untuk melakukan persetujuan transfer hak cipta atas semua naskah yang diterbitkan.