Eksplorasi Pengetahuan Kearifan Lokal (Etnomedichine) dalam Menangani Masalah Kegawatdaruratan Sehari-Hari Masyarakat di Wilayah Kota Ternate

Emergency Knowledge Local Wisdom

Authors

June 30, 2020

Downloads

Introduction: Patients Modernisasi dan akulturasi budaya daerah dapat mempengaruhi pengetahuan masyarakat dalam penggunaan sumber daya local sebagai sumber pengobatan termasuk dalam kondisi kegawatdaruratan yang terjadi sehari-hari. Sumber daya local perlu dikaji secara detail terkait manfaat, metode penggunaan dan efek sahmping. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengetahuan masyarakat mengenai kearifan lokal (ethnomedicine) dalam penanganan masalah kegawatdaaruratan sehari-hari di masyarakat Kota Ternate.

Methods: Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan teknik purposive sampling. Total sampel yang digunakan adalah 40 orang yang berpengalaman menggunakan kearifan lokal dalam menangani kegawatdaruratan sehari-hari. Data diperoleh melalui kuosioner, wawancara, observasi dan dokumentasi.

Results: Hasil penelitian menunjukkan terdapat 11 masalah kegawatdaruratan yang terjadi dan ditangani dengan menggunakan 108 ramuan. Dari ramuan ini teridentifikasi sebanyak 22 macam jenis tanaman obat yang digunakan. Perlunya peningkatan edukatif terhadap masalah kegawatdaruratan sehari-hari yang terjadi di masyarakat dan bagaimana pemanfaatan kearifan lokal sebagai alternatif penanganan pertama yang dilakukan.

Conclusion: Instansi terkait perlu memberikan dukungan terhadap pelestarian tanaman obat keluarga yang selain keindahan ini juga tersimpan banyak manfaatnya.