THE EFFECT VIDEO MEDIA PSYCHEDUCATION ON ANXIETY LEVELS AND SELF EFFICACY OF TUBERCULOSIS PATIENTS IN THE TREATMENT AT PARU CENTER RSUD CILACAP

Makhfudli Makhfudli, Ilya Krisnana, Rosi Arista

= http://dx.doi.org/10.20473/cmsnj.v9i1.17809
Abstract views = 56 times | downloads = 13 times

Abstract


Pendahuluan:  Masalah yang sering menyerang pasien tuberkulosis yaitu masalah psikologis seperti kecemasan dan mengenai self-efficacy yang berpengaruh pada kepatuhan pengobatan pasien. Saat ini belum ada program pemerintah yang ditujukan untuk mengatasi masalah psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi media video terhadap tingkat kecemasan dan self efficacy pasien tuberkulosis dalam menjalani pengobatan di Poli Paru Center RSUD Cilacap.

Metode: Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental with control group design yang melibatkan 25 responden kelompok perlakuan dan 25 responden kelompok kontrol.

Hasil: Psikoedukasi media video secara signifikan berpengaruh dalam menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan self-efficacy.

Kesimpulan: Psikoedukasi media video memiliki dampak yang positif untuk mengatasi masalah kecemasan dan self-efficacy. Psikoedukasi media video mampu memberikan informasi dan manajemen kecemasan berupa teknik relaksasi nafas dalam melalui audio visual sehingga memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistik. Informasi yang diterima oleh pasien mempengaruhi pola pikir dan perilaku yang akan menurunkan kecemasan. Saat pasien tidak cemas pasien memiliki self-efficacy yang tinggi. Peneliti menyarankan agar dikaji lebih lanjut penilaian secara objektif terhadap tingkat kecemasan pasien tuberkulosis.


Keywords


kecemasan, psikoedukasi media video, self-efficcay, tuberkulosis,

Full Text:

PDF

References


Aaron, Brittany, & Norman. (2017). Is computerized psychoeducation sufficient to reduce anxiety sensitivity in an at-risk sample?: A randomized trial. Journal of Affective Disorders, 212, 48–55. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jad.2017.01.032

Alene, K. A., Clements, A. C. A., McBryde, E. S., Jaramillo, E., Lönnroth, K., Shaweno, D., … Viney, K. (2018). Mental health disorders, social stressors, and health-related quality of life in patients with multidrug-resistant tuberculosis: A systematic review and meta-analysis. Journal of Infection, 77(5), 357–367. https://doi.org/10.1016/j.jinf.2018.07.007

Bandura, A. (1977a). Self Efficacy : Towarda unifying theory of behavioral change. Psychologycal Review., 84(2). https://doi.org/10.1037/0033-295X.84.2.191

Bandura, A. (1977b). Self-Efficacy: Toward a Univying Theory of Bhavioral Change. Psychologycal Review.

Bangun, A. V., Safarina, L., & Ningsih, F. (2018). Pengaruh terapi psikoedukasi terhadap self care activity pada penderita diabetes mellitus di RW 07 wilayah kerja Puskesmas Cimahi tengah. Pinlitamas, 1(1).

Brown, N. (2011). Psychoeducational Groups 3rd Edition: Process and Practice. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Cakmak, M., Kose, I., Zinzircioglu, C., Karaman, Y., Tekgul, Z. T., Pektas, S., … Bozkurt, P. S. (2018). Effect of video‐based education on anxiety and satisfaction of patients undergoing spinal anesthesia. Brazilian Journal of Anesthesiology, 68(3), 274–279. https://doi.org/10.1016/j.bjan.2018.01.001

Cristianto, R. (2016). Pengaruh Terapi Psikoreligius Dzikir terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Tuberkulosis Paru di Puskesmas Pegirian Surabaya (Skripsi). Surabaya: Universitas Airlangga.

Dute, D., Bemelmans, W., & Breda, J. (2016). Using mobile apps to promote a healthy lifestyle among adolenscent and student : a riview of theoritical basis and jmir. Mhealth Uhealth, 4(2).

E.Y, J., & S.K, H. (2018). Factors related to medication adherence in adult patients with tuberculosis. Korean Jornal of Adult Nursing, 30(5), 493–503.

Hendiani, N., Sakti, H., & Widayanti, C. G. (2014). Hubungan Antara Persepsi Dukungan Keluarga Sebagai Pengawas Minum Obat Dan Efikasi Diri Penderita Tuberkolosis Di Bkpm Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-10

Hendrawati, & Amira, I. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan pasien tuberkulosis paru pada satu rumah sakit di kabupaten garut. Jurnal Keperawatan, XIV(1).

Indah, M. (2018). Infodatin tuberkulosis ( Hari TBC Sedunia 24 Maret ). Departemen Kesehatan.

Paulo. (2016). Emotional distress patients with several types of tuberculosis. A pilot study with patients from the Sanatorium Hospital of Huambo. International Journal of Mycobacteriology, 5(58).

Prayogi, B. (2017). Self-Effication in Preventing the Spread. 4(3), 235–238.

Shorey, S., Chan, S. W. chi, Chong, Y. S., & He, H. G. (2015). Perceptions of primiparas on a postnatal psychoeducation programme: The process evaluation. Midwifery, 31(1), 155–163. https://doi.org/10.1016/j.midw.2014.08.001

Stuart, G. . (2009). Principles & Practice of Psychiatric Nursing. Missouri: elsevier.

Sukartini, T. (2015). Pengembangan model peningkatan kepatuhan berbasis teori sistem interaksi king dan pengaruhnya terhadap kepatuhan pasien tuberkulosis paru (Disertasi). Universitas Indonesia.

Sukartini, T., Khoirunisa, N., & Hidayati, L. (2019). Knowledge , Family and Social Support , Self Efficacy and Self-Care Behaviour in Pulmonary Tuberculosis Patients. Jurnal Keperawatan Soedirman, 14(2), 114–125. https://doi.org/DOI : 10.20884/1.jks.2019.14.2.1011

Suryani, E. W., Hernawati, T., & Sriati, A. (2016). Psycho Education Decrease the Level of Depression, Anxiety and Stress Among Patient with Pulmonary Tuberculosis. Jurnal Ners, 11(1), 128–133.

WHO. (2015). Global Tuberculosis Report. Geneva: Word Health Organitation.

Wilson, J. W., Ramos, J. G., Castillo, F., Castellanos, E. F., & Escalante, P. (2016). Tuberculosis patient and family education through videography in El Salvador. Journal of Clinical Tuberculosis and Other Mycobacterial Diseases, 4, 14–20. https://doi.org/10.1016/j.jctube.2016.05.001

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Critical Medical and Surgical Nursing Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is Indexed by:

 

View My Stats

Creative Commons License

CMSNJ by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License