THE EFFECT VIDEO MEDIA PSYCHEDUCATION ON ANXIETY LEVELS AND SELF EFFICACY OF TUBERCULOSIS PATIENTS IN THE TREATMENT AT PARU CENTER RSUD CILACAP

kecemasan psikoedukasi media video self-efficcay tuberkulosis

Authors

June 30, 2020

Downloads

Pendahuluan:  Masalah yang sering menyerang pasien tuberkulosis yaitu masalah psikologis seperti kecemasan dan mengenai self-efficacy yang berpengaruh pada kepatuhan pengobatan pasien. Saat ini belum ada program pemerintah yang ditujukan untuk mengatasi masalah psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi media video terhadap tingkat kecemasan dan self efficacy pasien tuberkulosis dalam menjalani pengobatan di Poli Paru Center RSUD Cilacap.

Metode: Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental with control group design yang melibatkan 25 responden kelompok perlakuan dan 25 responden kelompok kontrol.

Hasil: Psikoedukasi media video secara signifikan berpengaruh dalam menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan self-efficacy.

Kesimpulan: Psikoedukasi media video memiliki dampak yang positif untuk mengatasi masalah kecemasan dan self-efficacy. Psikoedukasi media video mampu memberikan informasi dan manajemen kecemasan berupa teknik relaksasi nafas dalam melalui audio visual sehingga memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistik. Informasi yang diterima oleh pasien mempengaruhi pola pikir dan perilaku yang akan menurunkan kecemasan. Saat pasien tidak cemas pasien memiliki self-efficacy yang tinggi. Peneliti menyarankan agar dikaji lebih lanjut penilaian secara objektif terhadap tingkat kecemasan pasien tuberkulosis.