Optimalisasi program dan kegiatan Corporate Social Responsibility di Kota Bontang

Septi Ariadi

= http://dx.doi.org/10.20473/dk.v13i1.2018.31-47
Abstract views = 11 times | downloads = 3 times

Abstract


Corporate Social Responsibility (CSR) memiliki peran yang strategis, bukan saja untuk menambah daya dan cakupan upaya penanganan kemiskinan dan pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), tetapi juga untuk mempercepat proses pemberdayaan masyarakat melalui dukungan program alternatif yang lebih kontekstual sesuai prakarsa atau inisiatif masyarakat miskin itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan potensi perusahaan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Bontang, tetapi sekaligus juga merumuskan kebijakan dan program CSR yang benar-benar kontekstual dan efektif. Metode yang dilakukan adalah melakukan review terhadap berbagai kajian dan penelitian kondisi BUMN dan CSR, mengumpulkan dan melakukan analisis terhadap data terbaru tentang pelaksanaan program CSR di Kota Bontang, mengumpulkan dan melakukan analisis terhadap data primer yang digali langsung dari para warga masyarakat dan melakukan indept interview. Hasil dari penelitian ini berupa gagasan dan Strategi Optimalisasi Program CSR yang akan di lakukan di Kota Bontang guna untuk upaya penanggulangan kemiskinan. Kedepan, untuk mencegah agak tidak lagi terperosok pada kekeliruan yang serupa, dan upaya pemberdayaan masyarakat miskin di Kota Bontang melalui Program CSR benar-benar dapat berjalan efektif, maka yang dibutuhkan bukan sekadar kesediaan untuk melakukan introspeksi, tetapi juga revitalisasi program pemberdayaan masyarakat miskin yang benar-benar kontekstual dan berpihak kepada lapisan yang paling miskin  khususnya para pelaku ekonomi kerakyatan. Kemudian ada stategi dan rekomendasi program CSR prioritas yang harus dilakukan sebagai upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Bontang.


Keywords


pemberdayaan; alternatif; gagasan; strategi; miskin

Full Text:

PDF

References


Amba-Rao SC (1993) Multinational corparate social responsibility, ethics, interactions, and third world government: An agenda for the 1990s. Journal of Business Ethics, 12(7)553-572.

Anderson JJW (1989) Corporate Social Responsibility: Guidlines for Top Management. New York: Quorum Books.

Elkington J (1997) Cannibals with Forks: The Triple Bottom Line of Twentieth Century Busniness. Oxford (UK): Capstone Publishing.

Ife J & Frank T (2008) Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi, Community Development. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalal (2006) Menimbang CSR Secara Rasional. Dalam: Kompas, September 2006.

Kim KS (2000) Corporate Social Responsibility and Strategic Management: An Empirical Study of

Korean MNCs in the United States. Unpublished Dissertation. West Heaven, Connecticut: The University of Heaven.

Raynard P & Forstater M (2002) Corporate Social Responsibility: Implications for Small and Medium Enterprises in Developing Countries, Reports, United Nations Industrial Development Organization, Vienna.

Suharto & Edi (2005) Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Suharto & Edi (2007) Kebijakan Sosial, Sebagai Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Suharto & Edi (2007) Pekerjaan Sosial di Dunia Industri, Memperkuat Tanggungjawab Sosial Perusahaan Corporate Social Responsibility. Bandung: Refika Aditama.

Suharto & Edi (2008) CSR: What is and Benefits for Corporate. Dalam: Majalah Bisnis dan CSR 1(4).

Sunyoto S (2012) Budgeting Perusahaan: Teori, Kasus & Soal Latihan. Jakarta (ID): PT Buku Seru.

Wibisono & Yusuf (2007) Membedah Konsep & Aplikasi CSR. Gresik Fascho Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dialektika

View Jurnal Sosiologi Dialektika Stats

Creative Commons License
JSD by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.