Aplikasi Go Sigap sebagai wujud peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dengan berbasis teknologi informasi
Downloads
Penyelenggaraan kebijakan dengan berbasis teknologi informasi (TI) melalui aplikasi yang bisa diakses langsung melalui ponsel adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari serta harus dilaksanakan oleh setiap instansi pemerintahan. Kepolisian Resor Gresik melakukan inovasi pelayanan publik dalam rangka mewujudkan program Promoter dari Kapolri dan melaksanakan reformasi birokrasi dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi melalui program yang bernama "Go Sigap”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyiapkan aplikasi go sigap sebagai wujud peningkatan pelayanan publik yang lebih mudah bagi masyarakat dengan berbasis teknologi infomasi. Peneliti menggunakan metode desktiptif kualitatif dengan melakukan wawancara, observasi maupun dokumentasi secara mendalam agar mampu mendapat data yang valid. Hasilnya, pembentukan go sigap sebagai inovasi kebijakan berbasis teknologi dan informasi telah sesuai dengan tahapan pada pembentukan kebijakan berbasis inovasi teknologi informasi yakni melalui tahapan (1) pengetahuan (knowledge); (2) bujukan (persuasion); (3) keputusan (decision); (4) pelaksanaan (implementation); dan (5) konfirmasi (confirmation). Ada beberapa kendala dalam mempersiapkan go sigap mulai dari anggaran, penyiapan teknologi bahkan SDM.
Akadun (2009) Teknologi Informasi Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Fandy T & Anastasia D (2003) Total Quality Management. Yogyakarta: Yogyakarta Press.
Hardiyansyah (2011) Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indilator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gaya Media.
Ibrahim (1988) Inovasi Pendidikan, Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud. Jakarta: Dikti.
Jimmy LG & Chr (2008) Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grasindo.
Kuntowijoyo (1991) Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan.
Moleong LJ (2010) Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nina R (2013) Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Nora F (2016) Identitas Masyarakat Kabupaten Gresik Pasca-Industrialisasi (Studi atas Perubahan Sosial di Kota Santri). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Ratminto & Atik (2013) Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pusaka Pelajar.
Sahya A (2014) Kebijakan Publik. Bandung: Pustaka Setia.
Sudijono A (2006) Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono (2011) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprianto A (2005) Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta: Salemba Infotek.
Wahab SA (2014) Analisis Kebijakan Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibawa S (1994) Evaluasi Kebijakan Publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA), implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form (cannot be modified).
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.