Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for The Indonesian Journal of Public Health?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

 

The Indonesian Journal of Public Health menerima karya iliah dalam bentuk artikel hasil penelitian dan artikel tinjauan pustaka (review). Artikel hasil penelitian adalah suatu karya tulis hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan, sedangkan artikel tinjauan pustaka (review) adalah artikel review dari jurnal dan atau buku mengenai ilmu kesehatan masyarakat yang mutakhir.

 

A. Bentuk Penulisan naskah

Artikel ilmiah diketik satu spasi pada satu sisi (tidak bolak balik) di atas kertas HVS berukuran A4 dengan margin dari semua tepi 2,5 cm. Jumlah halaman dibatasi paling banyak 15 halaman, termasuk tabel dan gambar. Tidak diperkenankan ada catatan kaki ( footnote).

Artikel ilmiah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia baku atau bahasa Inggris. Penggunaan data atau gambar yang pernah dipublikasikan tersebut harus dikirimkan bersama naskah (cukup foto copynya). Cara penulisan nama ilmiah harus memperhatikan kaidah atau peraturan tata tulis yang berlaku. Semua artikel ilmiah yang masuk akan dinilai oleh 

penyunting ahli yang ditunjuk pleh redaksi.

 

 

B. Organisasi artikel Ilmiah

1.  Artikel hasil penelitian

Judul (Title)

Judul harus ringkas dan jelas. Diupayakan tidak lebih dari 18 kata. Di bawah judul harus ditulis nama penulis (atau para penulis) dan nama institusinya. Bila para penulis berasal dari institusi yang berbeda, maka harus diberi tanda (misalnya dengan tanda bintang atau nomor) dan setiap tanda diberi nama institusi penulis.

 

Abstract

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia tidak lebih dari 250 kata, dibuat ringkas dan jelas sehingga mudah dipahami pembaca tanpa harus membaca seluruh isi makalah. Key words ditulis setelah abstract berjarak 3 spasi dari kalimat terakhir. Abstract berisi tujuan penelitian, metode, hasil utama dan kesimpulan utama.

 

Pendahuluan (Introduction)

Berisi penjelasan tentang latar belakang penelitian dilakukan, inti permasalahan dan tujuan.

 

Metode Penelitian (Methods)

Ber isi   penjelasan   tentang   rancang   bang u n penelitian,  lokasi  dan  waktu,  populasi,  besar,  dan cara pengambilan sampel, variabel penelitian, cara pengumpulan serta analisis data.

 

Hasil (Results)

Bagian ini berisi hasil penelitian yang disampaikan dalam bentuk narasi, tabel, dan atau gambar serta hasil uji statistik, dengan penjelasan tanpa pembahasan. Judul tabel ditulis di atasnya sedangkan judul gambar ditulis di bawahnya.

 

Pembahasan (Discussion)

Pembahasan bukanlah penulisan ulang hasil penelitian, melainkan harus berisi pernyataan ringkas bagian penting hasil penelitian, argumentasi yang mendukung, pembahasan terhadap hasil penelitian lain yang relevan yang telah dipublikasikan dan kontribusi temuan untuk pengayaan dan pengembangan ilmu dan teknologi bagi masyarakat.

 

Simpulan (Conclusion)

Simpulan berisi pernyataan singkat tentang hasil temuan sebagai jawaban rumusan permasalahan dan tujuan.

 

Ucapan Terima Kasih (Acknowledgment)

Ucapan terima kasih dapat disampaikan kepada pihak yang membantu dalam penulisan artikel namun bukan yang memenuhi kriteria sebagai penulis. Selain itu perlu disampaikan pula kepada pihak penyandang dana penelitian maupun pihak-pihak yang membantu proses penelitian.

Daftar Pustaka (Reference)

Daftar pustaka ditulis berdasarkan urutan abjad (sistem Harvard) dengan nama keluarga didahulukan dan ditulis lengkap, sedangkan nama diri disingkat (ditulis huruf pertamanya saja). Bila nama keluarga tidak diketahui kata terakhir dari nama tersebut dianggap sebagai nama keluarga.

 

2. Artikel Tinjauan Pustaka (Review)

Artikel tinjauan pustaka merupakan artikel review dari jurnal dan atau buku mengenai ilmu kesehatan masyarakat yang mutakhir. Artikel ini berisi judul, abstract, pendahuluan, pembahasan, penutup kemudian daftar pustaka.

Cara penulisan judul, abstract, pendahuluan, dan daftar pustaka pada artikel tinjauan pustaka sama dengan artikel hasil penelitian. Sedangkan untuk pembahasan langsung ditulis dalam setiap sub pembahasan.

C. Penyerahan artikel ilmiah

Makalah dapat diserahkan langsung atau dikirim lewat pos, e-mail atau jasa ekspedisi lain ke alamat redaksi. Naskah yang harus diserahkan sebanyak satu bendel beserta copy file naskah. Pada surat pengantar naskah harus dicantumkan alamat, nomor telepon, faksimili dan atau e-mail penulis untuk keperluan koresponsdensi.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Creative Commons License
IJPH by unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.