PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN POSTER DAN KARTU GIZI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ANAK TENTANG GIZI SEIMBANG DI SDN PLOSO I-172 SURABAYA
Downloads
Ajzen, I. 1991. The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes 50, 179-121 (1991). University of Massachusetts at Amberst. [https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T]
Alfyan, MT. 2010. Hubungan Pengetahuan Gizi dengan Status Gizi Siswa di SMA Harapan 1 Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.
Azwar, S. 2011. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Azzahrah, Fatimah dan Lailatul Muniroh.2015. Pengaruh Konseling terhadap Pengetahuan dan Sikap Pemberian MP-ASI. Universitas Airlangga. Surabaya.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013: Laporan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Demitri, A., Nasution, E., Aritonang, E. 2015. Pengaruh Pendidikan Gizi Tentang Pola Makan Seimbang Melalui Game Puzzle Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anak SDN 067690 Kota Medan. Jurnal Gizi, Kesehatan Reproduksi dan Epidemiologi Vol 1, No.2 (2015).
Hariyadi, D., dan Ekayani, I. 2011. Analisis Pengaruh Perilaku Keluarga Sadar Gizi terhadap Stunting di Propinsi Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi dan Kejuruan vol. 34 no. 1 Pebruari 2011 hal. 71-80.
Julianto, F.T. 2016. Analisis Pengaruh Jumlah Industri Besar dan Upah Minimum terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Surabaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Hal 229-256 Volume 1, Nomor 2, September 2016.
Kementerian Pendidikan RI. 2002. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI tentang Penerimaan Siswa pada Taman Kanak-kanak dan Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan RI.
Khomsan. 2000. Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor.Bogor.
Merdhika, Widha Ayu Rima, Mardji dan Mazarina Devi. 2014. Pengaruh Penyuluhan ASI Ekslusif terhadap Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, Vol 37, No. 1, Pebruari 2014:65-72.
Munthofiah, Siti. 2008. Hubungan antara Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu dengan Status Gizi Anak Balita. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Narimawati, U. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media.
Norviatin, Dini. 2016. Pengaruh Penyuluhan dan Pemberian Leaflet terhadap Peningkatan Pengetahuan, Perilaku dan Sikap ibu tentang Diare pada Balita di Puskesmas Maja Kabupaten Majalengka. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon.
Notoadmojo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan.PT Rineka Cipta. Jakarta.
Notoadmojo, S. 2007. Perilaku Kesehatan dan Ilmu Perilaku.PT Rineka Cipta. Jakarta.
Nurrahman. 2013. Obesitas Di Kalangan Anak-Anak dan Dampaknya terhadap Penyakit Kardiovaskular. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang.
Nuryanto, A.P., Puruhita, N., dan Muis, S.F. 2014. Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Indonesia (ISSN : 1858-4942).
Octaviani, I.A., dan Margawati, A., 2012. Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Ibu Buruh Pabrik tentang KADARZI (Keluarga Sadar Gizi) dengan Status Gizi Anak Balita (Studi di Kelurahan Pagersari, Ungaran). Journal of
Nutrition College vol. 1 no. 1 Tahun 2012 hal. 46-54.
PKM Pengabdian Masyarakat. 2013. Nutri-Roll Permainan Edukatif Pengenalan Gizi Seimbang Untuk Anak Sekah Dasar. Institut Pertanian Bogor.
Pratiwi, DA., Yuniar, N. dan Erawan, PEM. 2015. Pengaruh Penyuluhan Metode Permainan Edukatif dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan tentang Pencegahan Penyakit Diare pada Murid SD di Kecamatan Poasia Kota Kendari Tahun 2015. Skripsi. Universitas Halu Oleo.
Rachmawati, Melsandi. 2014. Pengaruh Pemberian Penyuluhan Gizi terhadap Pengetahuan Gizi dan Sikap Hidup Sehat Remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Sidoarjo. Ejournal boga, Vol 3(3): 31-35. Universitas Negeri Surabaya.
Rosyidah, Zia dan Dini Ririn Andrias (2015). Jumlah Uang Saku dan Kebiasaan Melewatkan Sarapan Berhubungan dengan Status Gizi Lebih Anak Sekolah Dasar. Jurnal Media Gizi Indonesia, Vol 10, No. 1 Januari-Juni 2015: hlm 1-6.
Safitri, CH., Wilujeng, CS dan Handayani, D. 2014. Perbedaan Metode Team Game Tournament dan Ceramah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat. Indonesian Journal of Human Nutrition, Desember 2014, Vol. 1 No. 2: 89-105.
Siregar, R dan Sondang. 2014. Efektifitas Penyuluhan dengan Media Poster terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Kebersihan Gigi pada Siswa/I Kelas III dan IV di SDN 104186 Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal Tahun 2014. Jurnal Imliah PANNMED Vol. 9 No. 2 September Desember 2014.
Sukma, DC. dan Margawati, A. 2014. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dala Memilih Makanan Jajajanan dengan Obestas pada Remaja di SMP Negeri 2 Brebes. Journal of Nutrition College, Volume 3(4): 862-870. [https://doi.org/10.14710/jnc.v3i4.6892 ]
Tuzzahroh, F. 2015. Pengaruh Penyuluhan Gizi Seimbang dengan Media Video, Poster dan Permainan Kwartet Gizi Terhadap Pengetahuan Gizi dan Status Gizi Siswa di Sekolah Dasar Negeri Karangasem III Kota Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wawan, A. 2010.Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia.Nuha Medika. Yogyakarta.
Yaqin, MK. 2014. Prevalensi Obesitas pada Anak Usia SD Menurut IMT/U di SD Negeri Ploso II No 173 Surabaya. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Yusniar. 2013. Hubungan Informasi dan Pendidkan dengan Pengetahuan Bidan tentang Hypnobirthing di Puskesmas Krueng Mane Kabupaten Aceh Utara. Karya Tulis Ilmiah. STIKES U'Budiyah. Banda Aceh.
Zaini, A. 2015. Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Thufula Volume:3 No:1. STAIN Kudus.
- The authors agree to transfer the transfer copyright of the article to The Indonesian Journal of Public Health effective if and when the paper is accepted for publication.
- Authors and other parties are bound to the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License for the published articles, legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA), implies that:
- Attribution ” You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- NonCommercial ” You may not use the material for commercial purposes.
- ShareAlike ” If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.