PERBEDAAN PENGARUH MEDIA BUKU POP-UP DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN MENARKE PADA ANAK PEREMPUAN PUBERTAS AWAL
Downloads
Abstrak
Latar Belakang :Menarke merupakan kondisi fisiologis berupa menstruasi pertama yang dialami perempuan. Kurangnya pengetahuan mengenai menarke berdampak pada ketidaksiapan dalam menghadapi menarke. Pendidikan kesehatan reproduksi dengan media yang sesuai dapat menjadi upaya meningkatkan pengetahuan tentang menarke. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pengaruh pemberian media buku pop-up dan leaflet terhadap peningkatan pengetahuan tentang menarke pada anak perempuan usia pubertas awal. Metode: Penelitian ini merupakan jenis kuasi experimental dengan pendekatan pretest-post test control group design. Jumlah sampel sebanyak 44 anak perempuan usia pubertas awal yang terbagi kedalam kelompok dengan intervensi media buku pop-up dan kelompok dengan intervensi media leaflet. Pengukuran pengetahuan tentang menarke menggunakan kuesioner pre-test dan post-test. Hasil: Uji Wilcoxon Signed Rank Test data pretest-postest pengetahuan pada kelompok yang diberi media leaflet (p=0,001) dan pretest-postest kelompok yang diberi media leaflet (p=0,001). Uji Mann Whitney U-Test data postest kelompok buku pop-up dan kelompok leaflet (p=0.002) (p < 0,05). Kesimpulan: Buku pop-up merupakan media yang lebih efektif dari leaflet untuk meningkatkan pengetahuan tentang menarke pada anak perempuan usia pubertas awal .
Abstract
Background: Menarche is physiological condition, the first menstruation that happen to women. Lack of knowledge can lead to unreadiness menstrual behaviour. Menstrual education by using visual media can be useful to increase menarche knowlede. This study aims to compare educational media of pop-up book and leaflet to increasing knowledge about menarche. Methods: The type of research was quasi experiment using pretest-posttest group design. The samples taken from 44 female students of SDN Banjarejo I dan II Bojonegoro. Samples consisting of 22 students as leaflet group and 22 students as pop-up book group. Method of measuring knowledge using pretest and postest questionnaire. Result: Wilcoxon Signed Rank Test indicate there was significant difference between pretest-posttest leaflet group (p=0,001) and pretest-postest pop-up book group (p=0,001). The result of Mann Whitney U-Test indicate there was significant difference of knowledge (p=0,002) beetween postest leaflet group and postest pop-up book group. Conclusion: The conclusion of this study was the pop-up book was found more effective than leaflet in improving menarche knowledge
Agbemenu, K., Devido, J., Terry, M. A. (2018), ‘Exploring the experience of african immigrant mothers providing reproductive health education to their daughters aged 10 to 14 years', Journal of transcultural nursing, 29(2), pp. 123-130.
Anggreni, D. (2016). Hubungan Antara Pola Pengasuhan Kesehatan Reproduksi Orang Tua Dengan Perilaku Kesehatan Reproduksi Anak Usia 10 dan 11 tahun di Kota Mojokerto. Tesis. Universitas Airlangga Surabaya.
Batubara, J.R., Soesanti, F. & Waal, H.D. (2013) ‘Age at menarche in Indonesian girls : A National Survey'. Acta Med Indonesia, 42(2), pp.78-81.
Bluemel, N.L., Taylor, R.H. (2013) ‘Pop-up books : an introductory guide', Collect Build, 22(1), pp.21-32.
Chandra, Mouli, Venkatraman, Patel, Sheila, Vipul (2017) ‘Mapping the knowledge and understanding of menarke, menstrual hygiene and menstrual health among adolescent girls in low and middle-Income countries', Reproductive Health, 4, pp. 1-16.
Emelumadu, O.F., Ezeama,N. N., Ifeadike, C.O., Ubajaka, C. F., Adogu, P. O., Umeh, U. (2014) ‘Parents' perceptions of timing of initiation of sexuality discussion with adolescent in Anambra state, southeastern Nigeria', Journal of Pediatric and Adolescent Gynecology, 2, pp.294-300.
Fitria, G., (2015) Pengaruh penyuluhan menarke terhadap tingkat kecemasan menghadapi menarke siswi kelas V dan VI di SD Negeri Berbah 1 Sleman. Artikel, Stikes Aisyiyah Yogyakarta.
Jacqueline, Y., Maher, Howard A., Zacur. (2018) ‘Encyclopedia of reproduction (second edition). Menarche/Menopause', Elsevier, 2, pp. 245-249.
Lutfiya, I. (2016). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kesiapan menghadapi menarke pada remaja putri pra-Pubertas. Skripsi Universitas Airlangga Surabaya
Mutya, R. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan dan kesiapan remaja putri dalam menghadapi menarke di SDN Wonorejo 6 Tempel Sukorejo, Surabaya. Skripsi. Universitas Airlangga Surabaya.
Notoatmodjo, S., (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta : PT Rieneka Cipta.
Notoatmodjo , S., (2014). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta :PT Rieneka Cipta.
Permata, D. (2017). Hubungan pengetahuan dengan praktik menstrual hygiene pada anak dengan menarke dini. Skripsi. Universitas Airlangga Surabaya
Riset Kesehatan Dasar. 2010. Riskesdas 2010. Jakarta : Kementrian kesehatan Republik Indonesia
Salins, C.C., D'Souza, A., Nayak, M.G. (2018)‘Knowledge, perception and psychococial preparedness for menarke among adolescent girls of Udupi District, Karnata', Indian Journal of Public Health Research and Development, 9(7), pp. 13-17.
Santrock, J.W. (2003). ‘Children'. Boston : McGraw Hill.
Siregar, A, Rahmah, E. (2016). ‘Model pop up book keluarga untuk mempercepat kemampuan membaca anak kelas rendah sekolah dasar', Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 5, pp.12.
Ukhtinasari. F., Mosik., Sugiyono. (2017). Pop up book sebagai media pembelajaran fisika materi alat-alat optikk untukk siswa sekolah menengah atas. Unnes Physical Education Journal, (6).
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The formal legal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribution-Share Alike 4.0 (CC BY-SA).
This Journal (e-ISSN 2656-7806) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.