ANALISIS KOMPARASI TINGKAT PENGEMBALIAN, RISIKO DAN KOEFISIEN VARIASI PADA PEMBIAYAAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA

Authors

June 30, 2016

Downloads

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan antara tingkat pengembalian, risiko yang diukur dengan standar deviasi dan koefisien variasi antara pembiayaan mudharabah-musyarakah dan pembiayaan murabahah pada perbankan syariah.

Penelitian ini menggunakan laporan keuangan Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah) dan Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah) periode tahun 2010-2014. Teknik analisis menggunakan analisis uji-t dua sampel berpasangan (Paired Samples t-Test) untuk membandingkan selisih dua mean dari dua sampel yang berpasangan dengan asumsi data terdistribusi normal. Untuk menguji apakah data terdistribusi normal atau tidak, maka dilakukan uji normalitas dengan menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov Test. Data yang tidak berdistribusi normal menggunakan uji beda non parametrik dengan menggunakan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed-Rank Test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat pengembalian, risiko atau keofisien variasi pada pembiayaan mudharabah-musyarakah dan pembiayaan murabahah. Bank syariah diharapkan dapat meningkatkan pembiayaan baik pada pembiayaan mudharabah-musyarakah maupun pembiayaan murabahah. Bank syariah diharapkan dapat mempertahankan pendapatan dari pembiayaan murabahah yang diketahui sebagai pembiayaan yang menghasilkan pendapatan yang lebih besar jika dibandingkan dengan pembiayaan mudharabah-musyarakah. Bank syariah juga harus meningkatkan pendapatannya pada pembiayaan mudharabah-musyarakah karena pada dasarnya bank syariah itu dikenal dengan sistem pembiayaan dengan menggunakan akad profit loss sharing.

Kata kunci: Tingkat pengembalian, Risiko, Pembiayaan Mudharabah-Musyarakah, Pembiayaan Murabahah.