HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PASIEN HIPERTENSI TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT AMLODIPIN DI PUSKESMAS ARJUNO KOTA MALANG

Taufik Haldi, Liza Pristianty, Ika Ratna Hidayati

= http://dx.doi.org/10.20473/jfk.v8i1.22277
Abstract views = 958 times | downloads = 1846 times

Abstract


Hipertensi merupakan penyakit yang memiliki angka prevalensi yang tinggi. Hipertensi dapat distabilkan dengan melakukan pola hidup yang sehat dan menggunakan obat antihipertensi, salah satunya amlodipin. Penggunaan obat amlodipin diperlukan kepatuhan agar hipertensi dapat terkontrol. Kepatuhan pasien dalam melaksanakan pengobatan harus dipertahankan dalam jangka waktu yang lama, oleh sebab itu pasien harus memiliki pengetahuan yang baik dan sikap yang positif terhadap hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap pasien hipertensi terhadap kepatuhan penggunaan obat amlodipin di Puskesmas Arjuno Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah metode observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Data dikumpulkan dengan memberikan kuesioner yang terdiri dari 76 responden yang memenuhi kriteria inklusi pada bulan Agustus–September 2019 di Puskesmas Arjuno Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pasien memiliki pengetahuan yang baik (59%), cukup baik (18%), kurang baik (12%), dan tidak baik (11%). Pasien yang memiliki sikap positif (59%) dan sikap negatif (41%). Pasien yang patuh (74%) dan tidak patuh (26%). Hasil uji chi square antara pengetahuan terhadap kepatuhan (p-value = 0,031). Sikap terhadap kepatuhan (p-value = 0,002).  Pada uji regresi logistik pengetahuan dan sikap diuji secara bersamaan terhadap kepatuhan dan didapatkan masing-masing nilai p-value 0,026 (OR = 1,794) dan 0,005 (OR = 5,208). Pasien memiliki pengetahuan yang baik (59%), sikap positif (59%), dan patuh dalam menggunakan obat amlodipin (74%). Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan terhadap kepatuhan (p-value = 0,031). Terdapat hubungan antara Sikap terhadap kepatuhan (p-value 0,002). Secara bersamaan terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value = 0,026) dan sikap (p-value = 0,005) dengan kepatuhan.

Keywords


pengetahuan, sikap, kepatuhan, amlodipine, hipertensi

Full Text:

PDF

References


Depkes RI 2012, Riset Kesehatan Dasar, Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Gama, IK, Sarmadi, TW, Harini, I 2014, ‘Faktor penyebab ketidakpatuhan kontrol penderita hipertensi, Jurnal Keperawatan Politeknik Kesehatan Denpasar, 2(4), pp. 1-8.

Heriyandi, Hasballah, K, Tahlil, T 2017, ‘Pengetahuan, sikap, dan perilaku diet hipertensi lansia di Aceh’, Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(1), pp. 1-13.

Mengendai, Yulike, Rompas, S, Hamel, RS 2017, ‘Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan berobat pada pasien hipertensi di Puskesmas Ranotana Weru’, E-Journal Keperawatan, 5(1), pp. 1-8.

Notoatmodjo, S 2012, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Runtukahu, RF, Rompas, S, Padang, L 2015, ‘Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan melaksanakan diet pada penderita hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Wolaang Kecamatan Langowan Timur’, E-Jurnal Keperawatan, 3(2), pp. 1-9.

Sinuraya, RK., Dika, PD, Irmam M, Ajeng D 2017, ‘Tingkat pengetahuan tentang hipertensi pada pasien hipertensi di kota Bandung’, Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 6(4), pp. 290–297.

Sinuraya, RK, Dika, PD, Irma, M, Ajeng, D 2018, ‘Tingkat kepatuhan pengobatan pasien hipertensi di fasilitas kesehatan tingkat pertama di kota Bandung’, Jurnal Farmasi Klinik Indonesia, 7(2), pp. 124–133.

Soenarta, AA, Erwinanto, Mumpuni, S, Rossana, B, Nani, HAA 2015, Pedoman Tatalaksana Hipertensi Pada Penyakit Kardiovaskuler, Edisi I, Surabaya: Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Farmasi Komunitas (JFK) by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats