Pemilihan Produk Anti Acne di Media Sosial pada Remaja di Beberapa Kota/Kabupaten di Indonesia

Authors

April 28, 2022

Downloads

Acne vulgaris adalah penyakit kulit kronis multifaktorial yang ditandai adanya peradangan dan banyak terjadi pada remaja. Munculnya konten-konten di media sosial mengenai produk antiacne dapat menimbulkan kesalahan dalam pemilihan produk antiacne. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan produk antiacne di media sosial pada remaja di beberapa kota/kabupaten di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dengan instrumen berupa kuesioner yang disebar secara online melalui google form. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling. Survei diikuti oleh 259 responden dengan rentang usia 12-20 tahun. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 91,9% responden pernah menjumpai konten antiacne di media sosial, 33,6% responden cukup terpengaruh konten media sosial dalam pemilihan produk antiacne, 43,6% responden ingin membeli produk antiacne setelah melihat konten media sosial, dan 60,6% responden beralasan membeli produk antiacne setelah melihat review produk yang bagus. Sebagian besar remaja pernah menjumpai konten produk antiacne dan memiliki keinginan membeli produk setelah melihat konten produk antiacne di media sosial. Promosi kesehatan serta edukasi mengenai anti acne perlu dilakukan agar masyarakat khususnya remaja dapat memilih dan menggunakan anti acne dengan tepat.

Most read articles by the same author(s)