Kewaspadaan Remaja terhadap Produk Anti-Acne Counterfeit menggunakan Cek KLIK BPOM: Studi Cross-Sectional
Downloads
Permasalahan jerawat pada remaja dapat memengaruhi kualitas hidup mereka sehingga mereka melakukan upaya untuk mengobati, salah satunya dengan menggunakan produk anti-acne. Terdapat banyak marketplace di media sosial memudahkan akses produk anti-acne. Namun, mayoritas remaja memilih produk anti-acne hanya berdasarkan ulasan dan konten di sosial media yang mana kurang ideal karena berisiko terpapar counterfeit dan tidak ada jaminan keaslian produk. BPOM menyediakan Cek KLIK BPOM sebagai sarana pemeriksaan keaslian produk untuk melawan pemalsuan. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui kewaspadaan remaja terhadap produk anti-acne counterfeit menggunakan Cek KLIK BPOM. Penelitian merupakan survei menggunakan instrumen kuesioner dengan pendekatan Studi Cross-Sectional. Metode sampling yang digunakan adalah accidental sampling. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif. Hasil survei terhadap 140 remaja yang menunjukkan kewaspadaan tinggi pada 121 responden (86,43%). Responden sudah dapat mengidentifikasi kemasan baik, kelengkapan label, dan kedaluwarsa tetapi belum dapat mengidentifikasi nomor izin edar yang benar. Mayoritas responden mengenali istilah Cek KLIK BPOM (61,4%). Namun, mayoritas responden belum pernah mengunjungi laman Cek BPOM (77,9%) meskipun sudah mengetahui manfaat dari laman tersebut (59,3%). Diperlukan sosialisasi tentang laman dan aplikasi Cek BPOM kepada masyarakat luas sebagai sumber informasi penting untiuk memastikan kebenaran dan keaslian produk kesehatan dan kosmetik.
Aryani, D.T. and Riyaningrum, W. (2022) ‘Hubungan Acne Vulgaris (AV) dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto Angkatan 2021.’, Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(3), pp. 434–441. doi: 10.31004/JKT.V3I3.6595.
Athennia, A., Nudini D., and Amiroh. (2024) ‘Edukasi Pemilihan Pangan Kemasan yang Aman dan Literasi Siswa SMA Terhadap Label Pangan.’, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Kesehatan, 4(2), pp. 90–96.
Damayanti., Ollyvia, Z., Umborowati, M.A., and Febriyana, N. (2022) ‘The Impact of Acne Vulgaris on the Quality of Life in Teen Patients.’, Jurnal Berkala Epidemiologi, 10(2), pp. 189–198. doi: 10.20473/jbe.v10i22022.189-198.
Dewi, R.S., and Jabbar, M.D. (2021) ‘Pengetahuan Masyarakat Tentang Aplikasi CEK-KLIK BPOM Pada Obat Tradisional Di Kubang Jaya Kampar.’, Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia, 10(2), pp. 7–11. doi: 10.51887/JPFI.V10I2.1411.
Hermawan, S., and Amirullah. (2016) ‘Bab 2: Rancangan Penelitian dalam Metode Penelitian Bisnis:Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif.’, Malang: Media Nusa Creative.
Jones, C.L., Jensen, J.D., Scherr, C.L., Brown, N.R., Christy, K., and Weaver, J. (2015) ‘The Health Belief Model as an Explanatory Framework in Communication Research: Exploring Parallel, Serial, and Moderated Mediation.’, Health communication, 30(6), pp. 566.
doi: 10.1080/10410236.2013.873363.
Listiani, N. M. (2014) ‘Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban.’, Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), pp. 263–275. doi: 10.26740/JEPK.V2N2.P263-275.
Mahyarni, M. (2013) ‘Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku).’, Jurnal El-Riyasah, 4(1), pp. 13–23. doi: 10.24014/JEL.V4I1.17.
Mayasari, I., Haryanto, H.C., Wiadi, I., Wijanarko, A.A., and Abdillah, W. (2022) ‘Counterfeit Purchase Intention of Fashion Brands: The Personal Values and Social Aspect of Consumers as Determinants.’, Gadjah Mada International Journal of Business, 24(1), pp. 1–24. doi: 10.22146/gamaijb.54660.
Nurhadi, S., and Wartiningsih, M. (2021) “Perilaku Remaja di Surabaya Barat Dalam Pengobatan Jerawat,” Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 10(2), hal. 131–141. Tersedia pada:
https://doi.org/10.30742/JIKW.V10I2.1215.
Nursalam. (2017) ‘Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis.’, Jakarta: Salemba Medika.
Puteri, A.G., and Bhakti, R.M.H. (2019) ‘Penggunaan Certainty Factor Dalam Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Jerawat.’, Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 1(02), pp. 86–96. doi: 10.46772/INTECH.V1I02.72.
Ramdani, R., and Sibero, H.T. (2015) ‘Treatment for Acne Vulgaris.’, Jurnal Majority, 4(2), hal. 87. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/531
Riswandi, W.N. (2022) ‘Analisa Faktor Yang Memengaruhi Minat Pelajar Muslim Terhadap Pembelian Produk Kosmetik Halal di Indonesia.’, Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Rizqi, S.A., Yuliandani, A.A.I., Yudheansyah, W.R., Emirsyalnuary., Andini, K., Sari, T.S., Carira, A.A.F.S., Lusiana, A.D., Rahma, R.A., Duwiri, D.M., and Pristianty, L. (2022) ‘Pemilihan Produk Anti Acne di Media Sosial pada Remaja di Beberapa Kota/Kabupaten di Indonesia.’, Jurnal Farmasi Komunitas, 9(1), pp. 38–43. doi: 10.20473/JFK.V9I1.24121.
Samuels, D. V., Rosenthal, R., Lin, R., Chaudhari, S., and Natsuaki, M.N.(2020) ‘Acne vulgaris and risk of depression and anxiety: A meta-analytic review.’, Journal of the American Academy of Dermatology, 83(2), pp. 532–541. doi: 10.1016/j.jaad.2020.02.040
Soermarwi, V.W.S., and Ridzkia, Y. (2023) ‘Perlindungaan Hukum Konsumen Terhadap Peredaran Kosmetik Palsu Berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 1999 Tetang Perlindungan Konsumen dan Peraturan BPOM Nomor 23 Tahun 2019.’, Jurnal RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 5(1), pp. 995–1010. doi: 10.46930/JURNALRECTUM.V5I1.2864
Copyright (c) 2024 Jurnal Farmasi Komunitas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
In order to be accepted and published by JFK, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript, the author(s) agreed to these following terms:
1. Copyright of the article is transferred to the journal (JFK), by the knowledge of the author, whilst the moral right of the publication belongs to the author. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints). JFK maintain the publishing rights to the published articles.
2. The formal legal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-Non-Commercial-Share Alike (CC BY-NC-SA), which implies that the publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Every publication (print/electronic) is open access for educational, research, and library purposes. In addition to the objectives mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright infringement
The Copyright Transfer Agreement Form can be downloaded ON THIS FORM.
Jurnal Farmasi Komunitas (JFK) by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.