CLINICAL EVALUATION OF POST TOTAL HIP / KNEE REPLACEMENT IN HIP / KNEE SPINE SYNDROME

hip/knee spine syndrome skor VAS skor ODI

Authors

April 30, 2017

Downloads

Insiden osteoarthritis pada hip joint, osteoarthritis pada knee joint, dan degenerative lumbar spondylosis semakin meningkat seiring dengan bertambahnya populasi penduduk usia tua. Kasus Hip/Knee Spine syndrome sendiri cukup sering ditemukan. Namun literatur yang mengevaluasi kondisi klinis, khususnya keluhan low back pain pada pasien dengan hip/knee spine syndrome post total hip/knee replacement masih sangat terbatas Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efek dari total hip/knee replacement pada pasien dengan hip/knee spine syndrome, berkaitan dengan keluhan low back pain.

Penelitian ini adalah observasional retrospektif. Penelitian ini menggunakan 5 orang pasien post total hip/knee replacement yang juga didapatkan keluhan low back pain. Pasien yang terpilih akan dievaluasi klinis dengan menggunakan kuesioner LBP VAS Score, Oswestry Disability Index, Hip Harris Score untuk pasien post total hip replacement, dan Oxford Knee Score untuk pasien post total knee replacement. Dilakukan pengamatan pre dan post operasi pada seluruh pasien. Data pasien didapatkan dari Rumah Sakit Orthopaedi dan Traumatologi Surabaya mulai bulan Juni-November 2015.

Berdasarkan test paired samples, didapatkan hasil sig 0,001 (< 0,05) pada skor VAS dan sig 0,033 (<0,05) pada skor ODI. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor VAS LBP dan skor ODI sebelum dan setelah terapi Hip/Knee Replacement pada pasien dengan Hip/Knee Spine Syndrome.

Most read articles by the same author(s)