Peran Keluarga sebagai Pendamping Belajar Anak dalam Meraih Prestasi Belajar
Downloads
Tujuan kajian adalah untuk mengetahui tentang peran orang tua sebagai pendamping belajar anak, guna meraih keberhasilan prestasi belajar melalui pemanfaatan jasa informasi perpustakaan. Kajian ini merupakan pendekatan sejarah (historical approach),dengan menggunakan kajian studi pustaka (library research). Analisis dilakukan dengan analisa diskriptif kualitatif, sumber analisa berasal dari kajian bahan-bahan pustaka yang berisi teoritis, penelitian dan kajian bukan penelitian, serta menggunakan analis isi (content analysis). Observasi atau pengamatan digunakan sebagai pelengkap untuk mendukung konstruksi teoritis. Hasil Kajian adalah: (1). Pendampingan orang tua dalam belajar anak sangat utama dan memiliki adil yang besar dalam menghantarkan anak untuk sukses meraih prestasi belajar. (2). Pendampingan belajar pada anak, akan menumbuhkan minat baca, selanjutnya berkembang menjadi kegemaran membaca. Dari kegemaran membaca kemudian meningkat lagi menjadi kebiasaan membaca. Proses yang panjang dari kebiasaan membaca pada akhirnya mempola dalam diri anak, sehingga terwujudkan menjadi budayamembaca. (3). Dalam pendampingan belajar sangat penting untuk memperkenalkan dan memanfaatkan layanan jasa informasi perpustakaan. (4). Memperkenalkan dan memanfaatkan layanan jasa informasi perpustakaan sejak dini kepada anak sangat penting, agar terinternalisasi dan terbingkai pemikiran pada anak bahwa apabila ingin pandai dan berprestasi dengan memiliki nilai bagus di sekolah harus membaca koleksi yang selalu tersedia di perpustakaan.
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:Al_Fabeta
Darmono. 2007. Perpustakaan Sekolah: Manajemen dan Tata Kerja. Jakarta: Grasindo
Koeswara, Engkos. 2005. Dinamika Informasi Dalam Era Global. Bandung: IPI dan Remaja Rosdakarya.
Mechati, S. 1987. Motivasi Pembaca. Yogjakarta: Gajah Mada University Press.
Putwono. 2009. Pemaknaan Buku Bagi Masyarakat Pembelajar. Jakarta: Sagung Seto.
Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rahman, Abdul. 1985. Minat Baca SD di Jawa Timur. Jakarta: Depdikbud Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Rachman, H.A.Abdul. 1983. Minat Baca Murid Siswa Sekolah Dasar Di Jawa Timur. Jakarta: Depdikbud Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Siregar, A. Ridwan. 2004. Perpustakaan Energi Pembangunan Bangsa. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Sobur,Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Suherman. 2010. Bacalah, Bandung : MQS Publishing.
Sutarno. 2006. Manajemen Perpustakaan: Suatu Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta: Sanitra Media Utama.
Syah, Muhibin. 2007. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Pesada The Liang Gie. 2004. Cara Belajar Yang Baik Bagi Mahasiswa, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Walgito, Bimo. 1984. Psikologi Sosial: Suatu Pengantar. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA