Strategi Peningkatan Mutu Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Ketersediaan Bahan Pustaka
Downloads
Untuk menciptakan kualitas perpustakaan diperlukan beberapa komponen utama serta tidak untuk diabaikan sebagai upaya meningkatkan kualitas maupun mutu akademik dalam rangka menuju perguruan tinggi berkelas dunia (world class university). Kaitan meningkatkan mutu perpustakaan perguruan tinggi bukan sekedar tugas secara teknis semata, namun ada hal yang perlu serta dipersiapkan, diantara hal tersebut diperlukan strategi dan kajian yang mendalam tentang visi, misi dan tujuan perpustakaan perguruan tinggi secara obyektif. Artikel ini mengkaji masalah yang terkait dengan ketersediaan bahan pustaka di perpustakaan perguruan tinggi sehingga berdampak dan berimplikasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka untuk mewujudkan perpustakaan berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui kajian literatur, dari hasil penelitian didapatkan bahwa ketersedian dan kelengkapan bahan pustaka merupakan salah satu strategi yang dapat meningkatkan mutu perpustakaan perguruan tinggi.
Andriani, Nurita dan Arief, Mohammad. (2014). Pengaruh Strategi xperimental Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Sepuluh Nopember Surabaya. Jurnal StudiManajemen Dan Bisnis. Vol.1 (1), 55. Dapat diakses dihttps://doi.org/10.21107/jsmb.v1i1.1515
Arianto, M Solihin. (2014). Diseminasi informasi: Strategi pengelolaan local content.Seminar Nasional Diseminasi Informasi Local Content: Peluang dan Tantangan dariSudut Pandang Cyberlaw. Solo: Perpustakaan Universitas Negeri Solo. 18 Juni 2014
Brophy, Peter. (2005). Library Academic Development, USA: Facet
Case, Donald O. (2002). Seeking, Needs, and Behaviour. Hawaii: Academic Press
Evans, G. Edward. (2006). Developing Collectins and Information Center. Hawaii: Libraries Unlimeted.
Handari, Budi. (2016). Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Libraria Jurnal Perpustakaan 4(1):127.diakses dihttps://www.researchgate.net/publication/311477627_peran_perpustakaan_dalam_meningkatkan_
mutu_perguruan_tinggi. doi:10.21043/libraria.v4i1.1247
Herlina. (2006). Pengembangan Perpustakaan Dan Aspeknya. Palembang: Noerfikri
Hernon, Petter and Ellen Altman. (2008). Expectations Library Service. Chicago: American Library Association.
Fatmawati, Endang. (2010). Seni Perpustakaan. Semarang: Universitas Diponegoro
Kotler, Philip. (2009). Marketing management; thirteenth edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Kusumaningtyas, Mahayu dan Arya, Dian. (2013). Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Terhadap Tingkat Kunjungan di Perpustakaan Institut Teknologi Nasional. Edulib Journal Of Library And Information Science. Vol. 3(2).Dapat diakses dihttps://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:oTn45qG6MoQJ:https://ejournal.up
i.edu/index.php/edulib/article/view/4154+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl= id
Marsudi Muhammad. (2016). Manajemen Mutu: Aplikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta:Media Akademi
Martono, E. (1987). Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Dan Pembelajaran. Jakarta:Karya Utama.
Moenir, A. S. (1995). Pengantar Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.
Sa'diyah, Lailatus. (2016). Hubungan Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Dan Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Pasca Sarjana (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta (Menurut Persepsi Mahasiswa). Dapat Diakses di http://digilib.uinsuka.ac.id/20744/1/1420010017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf
Sarwono. (2010). Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga
Supriyanto. (2017). Strategi Membangun Perpustakaan Bermutu. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. Vol. 2(1), 55. dapat diakses di
http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/download/1939/1155
Tjiptono, Fandy. (2009). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Wijaya, David. (2012). Pemasaran Pendidikan Dan Jasa. Jakarta:Erlangga.
Yuven, Yuni. (2010). Pedoman Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Semarang:Erlangga.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA