Strategi Peningkatan Mutu Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Ketersediaan Bahan Pustaka

Murnia Arief

= http://dx.doi.org/10.20473/jpua.v10i1.2020.42-49
Abstract views = 1129 times | downloads = 678 times

Abstract


Untuk menciptakan kualitas perpustakaan diperlukan beberapa komponen utama serta tidak untuk diabaikan sebagai upaya meningkatkan kualitas maupun mutu akademik dalam rangka menuju perguruan tinggi berkelas dunia (world class university). Kaitan meningkatkan mutu perpustakaan perguruan tinggi bukan sekedar tugas secara teknis semata, namun ada hal yang perlu serta dipersiapkan, diantara hal tersebut diperlukan strategi dan kajian yang mendalam tentang visi, misi dan tujuan perpustakaan perguruan tinggi secara obyektif. Artikel ini mengkaji masalah yang terkait dengan ketersediaan bahan pustaka di perpustakaan perguruan tinggi sehingga berdampak dan berimplikasi untuk memenuhi kebutuhan pemustaka untuk mewujudkan perpustakaan berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui kajian literatur, dari hasil penelitian didapatkan bahwa ketersedian dan kelengkapan bahan pustaka merupakan salah satu strategi yang dapat meningkatkan mutu perpustakaan perguruan tinggi.


Keywords


perpustakaan perguruan tinggi, kebutuhan informasi, kualitas layanan, ketersediaan bahan pustaka.

Full Text:

PDF

References


Andriani, Nurita dan Arief, Mohammad. (2014). Pengaruh Strategi xperimental Marketing Terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Sepuluh Nopember Surabaya. Jurnal StudiManajemen Dan Bisnis. Vol.1 (1), 55. Dapat diakses dihttps://doi.org/10.21107/jsmb.v1i1.1515

Arianto, M Solihin. (2014). Diseminasi informasi: Strategi pengelolaan local content.Seminar Nasional Diseminasi Informasi Local Content: Peluang dan Tantangan dariSudut Pandang Cyberlaw. Solo: Perpustakaan Universitas Negeri Solo. 18 Juni 2014

Brophy, Peter. (2005). Library Academic Development, USA: Facet

Case, Donald O. (2002). Seeking, Needs, and Behaviour. Hawaii: Academic Press

Evans, G. Edward. (2006). Developing Collectins and Information Center. Hawaii: Libraries Unlimeted.

Handari, Budi. (2016). Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. Libraria Jurnal Perpustakaan 4(1):127.diakses dihttps://www.researchgate.net/publication/311477627_peran_perpustakaan_dalam_meningkatkan_

mutu_perguruan_tinggi. doi:10.21043/libraria.v4i1.1247

Herlina. (2006). Pengembangan Perpustakaan Dan Aspeknya. Palembang: Noerfikri

Hernon, Petter and Ellen Altman. (2008). Expectations Library Service. Chicago: American Library Association.

Fatmawati, Endang. (2010). Seni Perpustakaan. Semarang: Universitas Diponegoro

Kotler, Philip. (2009). Marketing management; thirteenth edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kusumaningtyas, Mahayu dan Arya, Dian. (2013). Pengaruh Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Terhadap Tingkat Kunjungan di Perpustakaan Institut Teknologi Nasional. Edulib Journal Of Library And Information Science. Vol. 3(2).Dapat diakses dihttps://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:oTn45qG6MoQJ:https://ejournal.up

i.edu/index.php/edulib/article/view/4154+&cd=1&hl=id&ct=clnk&gl= id

Marsudi Muhammad. (2016). Manajemen Mutu: Aplikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta:Media Akademi

Martono, E. (1987). Perpustakaan Sebagai Sumber Informasi Dan Pembelajaran. Jakarta:Karya Utama.

Moenir, A. S. (1995). Pengantar Pelayanan Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sa’diyah, Lailatus. (2016). Hubungan Ketersediaan Koleksi Perpustakaan Dan Kepuasan Pemustaka Di Perpustakaan Pasca Sarjana (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta (Menurut Persepsi Mahasiswa). Dapat Diakses di http://digilib.uinsuka.ac.id/20744/1/1420010017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Sarwono. (2010). Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga

Supriyanto. (2017). Strategi Membangun Perpustakaan Bermutu. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan. Vol. 2(1), 55. dapat diakses di

http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/download/1939/1155

Tjiptono, Fandy. (2009). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Wijaya, David. (2012). Pemasaran Pendidikan Dan Jasa. Jakarta:Erlangga.

Yuven, Yuni. (2010). Pedoman Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Semarang:Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

This journal is indexed by:


         

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.