Pemanfaatan Gadget dalam Meningkatkan Minat Baca Anak di Keluarga
Downloads
Artikel ini menggunakan metode studi literature yang mengambil data dari berbagai bahan pustaka yang tersedia di internet yang mengangkat topic tentang penggunaan teknologi dalam meningkatkan minat baca anak di keluarga. Minat baca merupakan hal yang penting untuk masa depan anak. Kebiasaan dan minat baca harus diterapkan sejak usia dini, dimana perkembangan otak sangat pesat yaitu 80% dari kapasitas otak manusia pada dua tahun pertama. Masa usia dini masa yang tepat untuk menanamkan kebiasaan baik yang nantinya akan dibawa sampai dewasa. Orang tua memegang peran penting, sebagai orang tua harus sadar dan mampu melaksanakannya dengan baik. Namun pada kenyataannya banyak orang tua yang masih belum sadar akan pentingnya menanamkan minat baca pada anak. Perkembangan teknologi meskipun dianggap memiliki pengaruh yang buruk pada minat baca anak, namun apabila dilihat dari aspek positif teknologi bisa dimanfaatkan dengan baik. Penggunaan media teknologi gadget dapat dimanfaatkan oleh orang tua untuk mendukung upaya dalam menanamkan minat baca pada anak. Dengan menggunakan gadget akan tersedia banyak buku-buku elektronik yang dapat digunakan secara gratis oleh anak. Bukan hanya buku elektronik yang berbentuk tulisan saja, buku elektronik yang berbentuk gambar juga tersedia. Pengguaan buku elektronik berbentuk gambar akan menarik anak untuk gemar membaca.
Akhadiah, S. (1991). Membaca Sebagai Keterampilan Dasar. Depdikbud.
Arita, S. (2008). Asuhan Keperawatan Keluarga. Mitra Cendikia Press.
Beauty Manumpil, Amatus Yudi Ismanto, F. O. (2015). HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT PRESTASI SISWA DI SMA NEGERI 9 MANADO. EJournal Keperawatan, 3(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/7646/7211
Cahyawati, R. (2004). Pengembangan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Perpustakaan Reading Corner di Early Chilhood Care and Development Resource Center Suryodiningratan Yogyakarta.
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Rajawali Pers.
Durkin, D. (2007). Mengikat Makna : Kiat-Kiat Ampuh Untuk Melejitkan Kemauan Plus Kemampuan Membaca dan Menulis Buku. Penerbit Kaifa.
Friedman. (1998). Keperawatan Keluarga. EGC.
Harras, K. A. (1998). Membaca. Depdikbud.
Hidayat, R. (2017). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap MInat Baca Peserta Didik Kelas XI di Perpustakaan SMA Teladan Way Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Digital Repository UNILA. http://digilib.unila.ac.id/26539/16/SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf.
Hurlock. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Alih Bahasa : Istiwidayati dan Soedjarwo (ed.); 5th ed.). Erlangga.
Irhandayaningsih, Y. C. E. dan A. (2007). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095/21123
Jaka, I. dan. (2013). Pengaruh kegunaan Gadget terhadap kemampuan bersosialisasi pada remaja. Jurnal An-Nafs, 8(2). https://scholar.google.co.id/scholarjurnal+Gadget+irawan+jaka&btnG=
Koentjaraningrat.1983. Metode-Metode Penelitian Masyarakat.Gramedia. Jakarta
Loan, F. A. (2009). Impact of New Technology on Reading Habits : A Glimpse on the World Literature. Division of Library, Documentation and Information (DLDI), 212–218. http://eprints.rclis.org/20084/1/NCERT.pdf
Miarso. (2007). Teknologi Komunikasi Pendidikan. CV. Raja Wali.
Olivia, A. (2009). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. CV. Sinar Baru.
Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. PT. Bumi Aksara.
Rajab, B. (2003). Kebiasaan dan Minat Baca. PT. Raja Grafindo Persada.
Retno, E. C. (2011). Peranan Orangtua Dalam Mengembangkan Minat Membaca Anak Di Taman Bacaan Satu Sembilan Patangpuluhan Wirobrajan Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/26916/
Saleh, A. R. (2006). Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Menulis Masyarakat. Jurnal Pustakawan Indonesia, 6, 46–49. https://www.slideshare.net/rskyra/peranan-teknologi-informasi-dalam-meningkatkan-kegunaan-dikonversi
Santoso, H. (2008). Membangun Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Penyediaan Buku Bergambar. Artikel Pustakawan Perpustakaan UM. http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/pdfhasan/Membangun minat baca anak usia dini melalui penyediaan buku bergambar.pdf
Sipay, H. and. (1980). How To Increase Reading Ability. Lohman, Inc.
Soekanto, S. (2004). Sosiologi Keluarga. PT. Rineka Cipta.
Susilo, A. (2011). Calistung.
Suyono. (1998). Memupuk Minat Baca Anak. Intisari Mei.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun dibanding Tahun 2015. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesiatahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/
Witdarmono. (2009). Membaca dan Agresivitas. www.bit.lipi.go.id
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA