Keberadaan Perpustakaan Pusat Universitas Padjajaran Selama Masa Pandemi Covid-19

Maula Siti Sarah, Sukaesih - -, Evi Nursanti Rukmana, Samson CMS - -

= http://dx.doi.org/10.20473/jpua.v11i1.2021.38-50
Abstract views = 366 times | downloads = 211 times

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan serta keberadaan Perpustakaan Pusat Unpad selama masa pandemi covid-19 untuk memenuhi kebutuhan informasi pemustaka dengan memperhatikan berbagai aspek-aspek penting yang terdapat di dalam sistem perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data wawancara dan kajian literatur. Data yang digunakan oleh penulis ialah data mengenai sistem layanan perpustakaan serta tantangan yang dihadapi diikuti oleh inovasi sebagai solusi. Hasil penelitian ini merujuk pada sebuah kesimpulan bahwa Perpustakaan Pusat Unpad menghadapi berbagai macam jenis tantangan mulai dari aspek layanan, koleksi, hingga pembagian jam kerja pegawai perpustakaan. Adapun inovasi yang dilakukan oleh pihak Perpustakaan Pusat Unpad untuk tetap dapat melayani pemustaka secara maksimal adalah dengan memberikan Layanan Pustakawan "Subject Specialist" serta melakukan promosi atau pemasaran terkait kegiatan, layanan, dan fasilitas perpustakaan melalui sosial media Instagram.

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., Rahardja, U., & Naufal, R. S. (2018). Penerapan Single Sign On dengan Google pada Webiste berbasis YII Framework. 8(1), 57–68.

Ananda, S., & Nelisa, M. (2013). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PUSTAKAWAN DAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMK NEGERI 2 PADANG. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 2(1), 229–235.

Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (1st ed.). Padang: Penerbit Sukabina Press.

Berawi, I. (2012). Mengenal Lebih Dekat Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Iqra’, 06(0), 49–62.

Dana, T., Samosir, D. H., & Widiyasa, I. M. (2008). PENGEMBANGAN DIGITAL LIBRARY PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA. Seminar Nasional Informatika, 260–263.

Kusnayat, A., Sumarni, N., Mansyur, A. S., Zaqiah, Q. Y., & Bandung, U. T. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 153–165.

Maksum, Buldansyah, D. L., & Prawati, B. (2008). AKSESIBILITAS INFORMASI, INTENSITAS KOMUNIKASI, DAN EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DIGITAL. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 17(20), 48–55.

Mutia, R. (2017). Kerjasama perpustakaan sebagai bentuk pengembangan koleksi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. 02(02), 81–89.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. Equilibrium, 5(9), 1–8.

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, D. (2020). Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. 4(2), 271–286.

Supriyanto, W. (n.d.). Pengembangan sistem layanan perpustakaan digital.

Tjiptasari, F., & Ridwan, M. M. (2017). Kebutuhan Informasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pustakaloka, 9(1), 57–66.

Yenianti, I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial. Journal of Library and Information Science, 3(23), 223–237.

Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2009). Kajian Literatur dan Teori Sosial dalam Penelitian.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

This journal is indexed by:


         

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.