Upaya Perpustakaan Universitas Airlangga dalam Mewujudkan Airlangga University Library Sustainable Development Goals (SDGs)
Saat ini perpustakaan umum, perpustakaan nasional, universitas, sekolah, dan khusus memastikan bahwa informasi dan keterampilan untuk menggunakan informasi tersedia untuk semua pemustaka dan menjadikan institusi bagian dari revolusi era digital. Perpustakaan menyediakan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), membantu pemustaka mengembangkan kapasitas untuk menggunakan informasi secara efektif, dan melestarikan informasi untuk memastikan akses berkelanjutan bagi generasi mendatang. Kajian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi Perpustakaan Universitas Airlangga dalam dalam mewujudkan Airlangga University Library Sustainable Development Goals (SDGs), dengan metode studi literature, kajian ini mampu menampilkan konsep-konsep secara detail dan mampu membuat kerangka berfikir khususnya dalam hal mengatur dan memilih mana referensi yang relevan dengan kajian yang dibuat.
Anasi, S. N., Ukangwa, C. C., & Fagbe, A. (2018). University libraries-bridging digital gaps and accelerating the achievement of sustainable development goals through information and communication technologies. World Journal of Science, Technology and Sustainable Development, 15(1), 13–25. https://doi.org/10.1108/wjstsd-11-2016-0059
Fatmawati, E. (2018). Multi-Kompetensi Perpustakaan dalam Mendukung Pembangunan Nasional. Jurnal Perpustakaan Pertanian, 27(1), 1. https://doi.org/10.21082/jpp.v27n1.2018.p1-6
Fedorowicz-Kruszewska, M. (2020). Environmental education in libraries – theoretical foundations and practical implementation. Library Management, 41(4–5), 279–293. https://doi.org/10.1108/LM-12-2019-0087
Hayes, H. (2004). The role of libraries in the knowledge economy. Serials: The Journal for the Serials Community, 17(3), 231–238. https://doi.org/10.1629/17231
IFLA (2018), The International Advocacy Programme (IAP), available at: https://www.ifla.org/ldp/iap (accessed 23 November 2019)
International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA). (2019). Development and Access to Information 2019.
Koentjaraningrat.1983. Metode-Metode Penelitian Masyarakat.Gramedia. Jakarta
Krolak, L. (2006). Background paper* prepared for the Education for All Global Monitoring Report 2006 The role of libraries in the creation of literate environments The Role of Libraries in the Creation of Literate Environments. International Journal of Adult and Lifelong Education, 4(1/4), 5. https://www.ifla.org/files/assets/literacy-and-reading/publications/role-of-libraries-in-creation-of-literate-environments.pdf
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T. I., Nento, M. N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Jakarta, 33. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf
Rufaidah, V. W., & Iskak, P. I. (2019). Peran Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian ( Pustaka ) Kementan Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. JOURNAL OF DOCUMENTATION AND INFORMATION SCIENCE, 3(1), 45–56.
Shafack, R. M. (2016). The Library and Information Science (LIS) Profession and the Cameroon Development Vision 2035: A Perception Study. Journal of Sustainable Development, 9(4), 225. https://doi.org/10.5539/jsd.v9n4p225
UNESCO (2019), "What is education for sustainable development?”, available at: https://en.unesco.org/ themes/education-sustainable-development/what-is-esd
Voituriez, T., Morita, K., Giordano, T., Bakkour, N., & Shimizu, N. (2017). Financing the 2030 agenda for sustainable development. Governing Through Goals: Sustainable Development Goals as Governance Innovation, 16301(October), 259–273. https://doi.org/10.7551/mitpress/9780262035620.003.0011
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA