Improving Language And Numeracy Literacy In Children Through Creative Class Innovation At Bahagia Mendawai Library

Literacy; Library Innovation; Engaging Learning Media; Village Library

Authors

June 1, 2023

Downloads

ABSTRACT

Many children prioritise and use most of their time to play around and do not take the time to study, students are even found to be lazy to do their homework because they are too late with gadgets while at home. This study aims to determine children’s perceptions of creative class innovations to increase literacy in elementary methods and data collection was carried out using non-participatoru observation techniques, interviews with 7 informants, and documentation to strengthen findings. Data analysis was carried out by means of reduction and presentation of data. The result showed that creative class activities have the effect of slowly changing knowledge and attitudes in the surrounding environtment which are positively perceived by the children who participate in them. In addition, they also feel helped in developing activities and increasing their enthusiasm for learning and their learning process, which at first could not understand the leaning material. Thanks to participating in the Creative Class tutoring at Bahagia Mendawai Library, they have a better understanding of the learning material provided by the teacher at scholl. They even feel by joining the creative class they can find their new hobby.

Keywords: Language and Numeracy Literacy; Library Innovation; Engaging Learning Media

Meningkatkan Literasi Pada Anak Melalui Inovasi Kelas Kreatif Di Perpustakaan Bahagia Mendawai

ABSTRAK

Banyak anak menggunakan sebagian besar waktunya untuk bermain dan tidak menyempatkan diri untuk belajar, yang berakibat membuat mereka malas mengerjakan tugas sekolahnya. Tujuan penelitian yakni menggambarkan persepsi anak-anak mengenai inovasi Kelas Kreatif guna meningkatkan literasi bahasa dan numerasi pada anak-anak usia sekolah dasar di sekitar Perpustakaan Bahagia Mendawai. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif yang mana ruang lingkup penelitian dibatasi pada peningkatan keterampilan literasi bahasa dan numerasi pada anak. Pengumpulan datanya melalui observasi non partisipatif, wawancara kepada 8 informan, dan dokumentasi untuk memperkuat temuan. Analisis data dengan dua cara, reduksi dan penyajian data. Nilai kebaruan dalam penelitian ini terlihat dari dampak langsung dan tidak langsung yang dirasakan para peserta yang mengikuti kelas kreatif, ada perubahan kognitif dan afektif dalam mengembangkan minat dan semangat belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan kegiatan kelas kreatif membawa dampak perubahan pengetahuan dan sikap secara perlahan di lingkungan sekitar yang dipersepsikan positif oleh anak-anak yang mengikutinya. Selain itu mereka juga merasa terbantukan dalam mengembangkan aktivitas dan meningkatkan semangat belajar maupun proses belajar mereka, yang semula belum bisa memahami materi pembelajaran, berkat mengikuti bimbingan belajar Kelas Kreatif di Perpustakaan Bahagia Mendawai mereka jadi lebih paham terhadap materi pembelajaran yang diberikan guru di sekolah. Mereka juga merasa bahwa dengan mengikuti Kelas Kreatif mereka bisa menemukan hobi baru mereka.

Keywords: Literasi Bahasa dan Numerasi; Inovasi Perpustakaan; Media Pembelajaran Kreatif