The Impact of Using Instagram as Promotional Media to Attract Gen Z Interest in The Bekasi City Library

Downloads
Background: This research is motivated by the increasing use of social media, particularly Instagram, as a promotional tool by various public institutions, including libraries.
Purpose: The purpose of this study is to analyze the promotional strategies implemented by the Bekasi City Archives and Library Service through Instagram, and their impact on public interest, particularly Gen-Z.
Method: The research method used was qualitative, using interviews, observation, and documentation.
Findings: The results indicate that promotional strategies through Instagram, particularly through the use of interactive content such as reels and stories, are able to attract the attention of the younger generation, particularly Gen-Z. User engagement also has a significant impact on the success of library promotion through social media. However, challenges remain in content consistency and user interaction management, which impact user perceptions and satisfaction.
Conclusion: More strategic and creative social media management, personalized content creation, and increased posting frequency and consistency are highly recommended to increase public awareness and interest in library services.
Keywords: Library Promotion, Social Media, Instagram, Gen-Z.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Untuk Menarik Minat Generasi Z Pada Perpustakaan Kota Bekasi
Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram yang digunakan sebagai sarana promosi oleh berbagai lembaga publik, termasuk perpustakaan.
Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis upaya strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bekasi melalui media sosial Instagram, serta dampaknya terhadap minat masyarakat, khususnya Gen-Z.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi melalui Instagram, terutama dengan penggunaan konten interaktif seperti reels dan stories, mampu menarik perhatian generasi muda, khususnya Gen Z. Keterlibatan pemustaka juga memberikan dampak yang cukup signifikan pada keberhasilan promosi perpustakaan melalui sosial media. Meskipun demikian, masih terdapat kendala dalam konsistensi konten dan pengelolaan interaksi dengan pengguna sehingga mempengaruhi persepsi dan kepuasan pemustaka.
Kesimpulan: Pengelolaan media sosial yang lebih strategis dan kreatif, personalisasi dalam pembuatan konten, serta peningkatan intensitas dan konsistensi unggahan sangat disarankan agar layanan perpustakaan semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat luas.
Kata Kunci: Promosi Perpustakaan, Media Sosial, Instagram, Gen-Z
Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E., & Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Arief, N., & Maulidya, B. S. (2023). Pengaruh Promosi Perpustakaan Melalui Instagram Terhadap Pemanfaatan Layanan di Library and Knowledge Center Binus@ Senayan kampus. Jurnal FPPTI, 2(1), 11-20.
Athoillah, A. A., & Masruri, A. (2025). Strategi Promosi Media Sosial Dalam Menarik Minat Kunjung Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. UNILIB: Jurnal Perpustakaan. 16(1), 81-89.
Azzahra, N. F. (2025). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Dalam Melihat Keterlibatan Pemustaka Dengan Konten Instagram Di Perpustakaan Jakarta Dan PDS HB Jassin@ Perpusjkt. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 13(2), 225-231.
Fadillah, M., Nurbalqis, A., & Agustina, L. (2022). Pengaruh Konten Digital Terhadap Generasi Z Dalam Pemanfaatan Media Sosial Dan Digital Native Di Kota Tanjungpinang. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 01-11.
Harahap, A. P. P., & Hidayatullah, F. (2025). Implementasi Pengelolaan Perpustakaan Khusus Badan Kepegawaian Dan Pengembangan SDM Daerah (Bkpsdmd) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kultura: Jurnal Ilmu Hukum, Sosial, dan Humaniora, 3(1), 259-271.
Ismail, D. T. T. (2021). Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Di Dinas Arsip Dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. Palimpsest: Journal of Information and Library Science, 12(1), 37-47.
Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.
Maretno, S., & Marlini, M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi Perpustakaan. Baitul'Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 58-71.
Muaviah, E., Lathifaturrahmah, L., Dewi, A. A., & Febriani, N. (2023). Generasi Z, Melangkah di Era Digital Dengan Bijak dan Terencana. Journal of Social Contemplativa, 1(2), 63-81.
Nurtiar, Haryo (2022). The Secret of Library Marketing. (n.p.): BPPD APWI.
Oktarisa, C. T. (2023). Pemustakaan Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(02), 146-154.
Oustin, T., & Habiburahman, H. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Pembelian Sneakers: (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Bandar Lampung). EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 11(1), 356-362.
Ramadhani, O., & Khoirunisa, K. (2025). Generasi Z dan Teknologi: Gaya Hidup Generasi Z di Era Digital. JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL (JUPENDIS), 3(1), 323-331.
Riyanto, Andi Dwi. (2024). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2024. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/ (diakses tanggal 6 Mei 2025).
Sari, M. T. (2020). Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial Instagram@ austinpubliclibrary: Studi di Austin Public Library Texas. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(4), 19-33.
Setijawati, Ani (2023). PUSTAKAWAN BERGERAK, MENINGKATKAN KOMPETENSI MENJADI PEMBELAJAR SEPANJANG HAYAT. (n.p.): Penerbit P4I.
Wulandari, E. R., Rizal, E., & Lusiana, E. (2020). Strategi promosi e-journal untuk generasi-z di Perpustakaan Universitas Padjadjaran. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 11-20.
Zamrodatin, M., Darim, A., Ardianto, A., & Rofiq, M. H. (2023). Implementation of Managerial Supervision of Madrasah Heads. Chalim Journal of Teaching and Learning, 3(2), 118-126.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA





















